banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Bagaimana Cara Membasmi Semut di Rumah?

Seperti namanya, semut gula merupakan salah satu jenis semut yang biasa menjadi permasalahan yang selalu dikeluhkan oleh setiap rumah tangga. Karena kesukaan semut gula terhadap zat yang mengandung rasa manis, seperti gula, madu atau makan-makanan manis yang umum manusia konsumsi seperti roti, kue hingga makanan berlemak; maka tak heran apabila hampir setiap rumah harus rela menghadapi masalah dari hama rumah tangga satu ini.

Apakah Anda memiliki masalah semut juga di rumah? Apakah Anda juga selalu bertanya-tanya bagaimana cara membasmi semut yang tepat? Karena semut bereproduksi dan bersarang di dalam koloni, ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda mengusir semut di rumah:

  • Cobalah untuk mengkonsumsi makanan hanya disekitar area dapur atau ruang makan. Hal ini diperlukan untuk mencegah kemungkinan remah-remah atau tetesan zat yang mengandung rasa manis yang juga menjadi sumber makanan kesukaan semut tercecer atau terjatuh dibanyak bagian pada rumah Anda; terutama seperti di tempat-tempat dimana biasa keluarga Anda beristirahat dan berkumpul seperti kamar tidur atau ruang tamu.
  • Cemilan anak-anak seperti permen atau biskuit juga tidak boleh luput dari pengawasan Anda dalam pola mengkonsumsinya. Anda harus menempatkan makanan-makanan ini dengan hati-hati di dalam wadah yang tertutup rapat. Lakukan kebiasaan ini juga pada bahan-bahan makanan lain seperti, gula, sirup atau madu.
  • Karena ukuran tubuh semut yang kecil, mereka dapat menyusup pada setiap celah dan ruang terkecil sekalipun. Tutup semua akses masuk semut, dengan memastikan bahwa tidak ada celah-celah atau retakan di rumah Anda yang dapat digunakan semut sebagai akses masuk ke rumah Anda.
  • Membersihkan tumpahan dan sisa makanan secara teratur agar tidak mengundang semut untuk datang.

Mungkin akan cukup sulit untuk Anda mengidentifikasi apakah terdapat sarang semut gula pada rumah Anda atau tidak; kecuali jika pemilik rumah memahami fakta mengenai salah satu jenis semut ini. Misalnya, dari warna tubuh semut laki-laki dan perempuan yang berbeda. Semut jantan berwarna hitam, sedangkan semut betina berwarna oranye.

Baca juga: 9 Fakta Semut Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengusir Semut di Rumah

Semut jenis ini memang tidak menyengat seperti semut api, yang dapat menyebabkan bintik-bintik bengkak, lecet, alergi atau gatal yang menyakitkan. Namun, keberadaan jenis semut seperti semut gula di dapur akan sangat menjengkelkan apabila di diamkan dan tidak dikendalikan.

Semut tukang kayu (semut carpenter) adalah spesies semut lain yang sering ditemukan di rumah Anda, karena mereka juga yang mengonsumsi protein dan gula, termasuk madu dan sirup. Karena sifatnya yang sering membangun sarang terowongan atau tunneling di permukaan kayu, keberadaan jenis semut ini sering tertukar dan membingungkan banyak orang dengan rayap. Tidak seperti rayap, semut tukang kayu tidak mengonsumsi kayu, namun karena aktivitas tunneling mereka dapat merusak atau menghancurkan struktur kayu pada rumah Anda. Sarang semut jenis ini juga dapat dengan mudah ditemukan di luar rumah, terutama di pekarangan rumah yang terdapat banyak pepohonan, semak belukar dan balok kayu.

Jenis semut ini memang dapat menggigit dan gigitan semut ini pun juga cukup menyakitkan. Rata-rata dalam satu koloni semut dapat mengandung sebanyak 3.000 semut atau lebih, dan hal inilah yang menjelaskan mengapa membasmi semut sendiri di rumah sebetulnya bukan hal yang mudah untuk Anda kerjakan sendiri tanpa pengetahuan dan keahlian khusus. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat Anda terapkan untuk mencegah datangnya semut untuk jangka pendek:

  • Memastikan bahwa Anda selalu menerapkan kebiasaan rumah tangga yang bersih dengan rutin dan teratur, ini termasuk mengatur tempat penyimpanan dan pembuangan makanan yang layak dan tepat di rumah Anda
  • Menambal retakan-retakan dan celah yang ada di sekitar area rumah Anda
  • Memastikan tingkat kelembaban di rumah Anda terkendali, cek dan periksa apakah terdapat pipa bocor di rumah Anda
  • Memperhatikan tanda-tanda awal keberadaan semut seperti adanya serbuk kayu atau kerusakan kayu yang di mana kita cenderung salah mengira bahwa ini adalah tanda-tanda serangan rayap. Cari tahu lebih lanjut perbedaan antara rayap dan semut
  • Senantiasa merapikan kebun Anda secara rutin, seperti memangkas rumput-rumput tinggi, membuang dedaunan kering, serta membuang puing tumpukan kayu-kayu bekas

Semut firaun adalah jenis semut lain yang biasa ditemukan pada bangunan rumah atau properti lain. Jika Anda memiliki semut firaun di rumah, jangan mencoba untuk membasmi semut jenis ini di rumah dengan menyemprotnya cairan insektisida kepada mereka! Karena hal ini justru akan menyebabkan situasi lebih memburuk! Koloni semut jenis ini akan berpencar dan akan membuat pengendalian semut jauh lebih sulit dan menantang untuk dikerjakan.

Rentokil disnis dapat membantu Anda menghilangkan keraguan Anda, khususnya untuk membantu Anda mengidentifikasi hama yang Anda rasa benar-benar mengganggu kesehatan keluarga Anda. Solusi pengendalian semut dari Rentokil dirancang untuk pelanggan domestik dan komersial, terlepas dari seberapa besar ukuran infestasi semut yang Anda miliki!

Hubungi kami hari ini di 0 8001 333 777atau mengisi formulir kontak online kami untuk mendapatkan solusi pengendalian semut yang efektif.

Rekomendasi untuk Anda