banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Bagaimana Cara Membedakan Antara Lebah, Tawon dan Tabuhan (Hornet)

Kesamaan umum dan utama antara lebah, tawon dan tabuhan (hornet) adalah hama yang menyengat serta membangkitkan rasa takut dan kekhawatiran masyarakat akan kehadiran mereka; terutama apabila mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan mereka jika terkena sengatannya.

Pertanyaannya, apakah hama serangga menyengat ini memakan hal yang sama? Bahaya apa yang mereka bawa? Dan apa yang harus diperhatikan oleh Anda jika berhadapan dengan mereka?

Ada 4 spesies atau jenis lebah yang tidak berbahaya bagi kita. Misalnya spesies lebah pekerja yang dikenal jarang menyengat, atau sengatan lebah dari jenis ini hanya muncul saat memprovokasi jenis lebah lain seperti spesies lebah kayu. Selain dikenal sebagai penyerbuk, lebah sering ditemukan di dekat tanaman atau bunga untuk proses penyerbukan atau memakan nektar, ekstraksi dan distribusi. Banyak orang yang sering bingung membedakan antara spesies lebah madu dan lebah bumblebee, perbedaan paling mencolok adalah terdapatnya garis emas yang ditemukan pada badan lebah bumblebee.

Bagaimana cara membedakan spesies lebah yang terbang di dekat Anda? Perhatikan tubuh berbulu mereka dan kaki yang rata. Lebah biasanya dianggap sebagai serangga bermanfaat sekaligus berbahaya. Tahukah Anda, selain merugikan manusia, spesies lebah seperti lebah kayu juga bisa membahayakan dan merusak struktur kayu! Sebelum infestasi lebah ini terwujud menjadi masalah serius bagi keluarga atau rekan Anda, lakukanlah langkah-langkah awal untuk mengidentifikasi potensi keberadaan lebah. Tanda-tanda keberadaan lebah seperti ditemukannya sarang atau rumah lebah, dan adanya lubang bundar halus yang mereka buat pada struktur bangunan Anda. Tentunya, Anda membutuhkan jasa dari ahli profesional untuk mendeteksi dan menginspeksi keberadaan lebah apabila Anda tidak yakin dapat menanganinya sendiri.

Berikut adalah tips sederhana untuk menghindari bahaya sengatan lebah:

  • Hindari aroma, wewangian yang beraroma seperti body lotion atau menyemprot rambut dengan hair spray
  • Pakaian dengan warna cerah atau berfmotif bunga-bunga sangat menarik bagi lebah
  • Serupa dengan gigitan nyamuk, kenakan celana panjang atau lengan panjang untuk melindungi tubuh Anda dari gigitan
  • Hindari untuk beristirahat di dekat area beresiko tinggi dari gangguan lebah seperti di dekat bunga dan tanaman
  • Tetap tenang dan jangan melakukan gerakan dramatis yang dapat memancing lebah
  • Memakai pakaian yang longgar, meningkatkan peluang untuk lebah masuk kedalam pakaian Anda
  • Pastikan Anda memakai alas kaki yang tertutup rapat agar kaki tidak tersengat

Pengendalian hama profesional yang bisa menerapkan pengendalian lebah seperti pengangkatan sarang dan rumah lebah dapat dengan mudah Anda hubungi. Karena sangat disarankan apabila Anda tidak mencoba untuk menghilangkan sarang lebah sendiri.

Baca juga: 9 Langkah Penting Saat Menghadapi Bahaya Sengatan Lebah 

Tawon dan lebah di sisi lain dikenal sebagai predator dan pemakan serangga lain. Dari bentuk struktur tubuhnya, tawon bertubuh ramping dan pipih dengan penampilan mengkilap. Mereka juga dapat menjadi sangat agresif dan sengatan tawon sangat berbahaya karena menyebabkan reaksi alergi hingga mengancam kehidupan seseorang. Selain itu, koloni tawon dikenal berbasis sosial. Mereka mengalamai proses reproduksi,  hingga membangun sarang untuk ratu nya.

Most Common Bees and Wasps in Indonesia

Selain perbedaan secara bentuk, sengatan tawon bisa menyengat berulang kali (ini karena mereka tidak memiliki duri) dan mereka tidak berkerumun seperti lebah. Seperti layaknya lebah, selain berbahaya dan berdampak buruk bagi manusia karena sengatannya, mereka juga memiliki beberapa manfaat tertentu untuk manusia; seperti menjaga populasi lalat tetap rendah dengan cara mengkonsumsi lalat-lalat disekitar mereka! Lengkapi diri Anda dengan beberapa tips cara mengobati sengatan tawon. Anda harus selalu tetap tenang dan mencari solusi medis yang tepat agar sengatan tawon tidak berdampak buruk terhadap diri Anda sendiri.

Bagaiamana dengan tabuhan atau hornet? Umumnya orang-orang bingung membedakan antara tawon dan tabuhan. Berikut adalah perbedaan antara keduanya untuk mengklarifikasi kebingungan Anda:

  • Ukuruan koloni – koloni tawon lebih kecil dibandingkan dengan tabuhan
  • Bentuk dan penempatan sarang – tabuhan membuat sarang yang besar di cabang pohon
  • Ukuran dan panjang tubuh – tabuhan berukuran 1 hinggan 1.5 inci
  • Warna – tabuhan biasanya berwarna hitam dan putih dengan penampilan kecoklatan dan kemerahan
  • Makanan – tabuhan tidak menyukai mengkonsumsi makanan yang manis

Berikutnya, bagaimana kita mengetahui apakah itu sarang tawon atau tabuhan? Apa bedanya antara sarang tabuhan dan sarang lebah?

  • Sarang tabuhan biasanya berwarna abu-abu, dan bentuk sarang terlihat seperti kertas
  • Sarang mereka biasa ditemukan diketinggian, seperti di atas pohon atau di atap rumah
  • Didalam sarang, akan terlihat banyak nya jumlah koloni tabuhan yang ada

Membedakan serangga penyengat serupa ini bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi penghuni rumah atau karyawan yang memiliki sedikit pengetahuan tentang hama serangga ini. Selalu mencari bantuan profesional untuk mendeteksi dan menghapus keberadaan serangga penyengat ini agar tidak membahayakan keluarga atau kolega Anda.

Hubungi Kami ke 0 8001 333 777 untuk Survey Gratis

Rekomendasi untuk Anda