banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Bagaimana Cara Memiliki Dapur Restoran yang Terbebas dari Tikus?

Food & Beverage atau yang lebih dikenal dengan singkatan F&B memiliki arti penting bagi sebuah industri makanan, perhotelan maupun restoran. Bahkan didalam perhotelan, F&B menjadi sebuah departemen tersendiri yang berfungsi memegang peranan penting dalam menunjang keberlangsungan operasional penyediaan produk makanan dan minuman. 

Selain itu departemen F&B juga bertugas untuk melakukan pemilihan dan persiapan bahan makanan, memastikan rasa, kualitas dan penampilan makanan tetap terjaga, menentukan harga penjualan, dan tentunya memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dalam proses penyajian. Di dalam proses ini dapur memegang peranan penting. Di dapur, semua bahan baku makanan yang masih mentah diolah sedemikian rupa sehingga siap disajikan dengan citarasa yang tinggi dengan penampilan yang menarik.

Namun apa jadinya jika ternyata di dapur maupun restoran tempat usaha kita terdapat tikus? Berbagai cara sudah dilakukan untuk mencegah binatang pengerat itu berkeliaran di dalam dapur dan area restoran; mulai dari memasang perangkap tikus hingga meletakan racun tikus di setiap sudut ruangan. Namun apakah belakangan anda sudah mulai hopeless dengan keberadaan tikus di dapur anda, karena walaupun sudah mencoba berbagai cara namun dapur anda tidak pernah benar-benar terbebas dari hama yang satu ini. Mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda mengatasi masalah tikus di dapur restoran anda:

  1. Kenali keberadaan tikus - Lubang dan liang adalah tanda keberadaan tikus. Periksa area luar dan dalam di restoran anda, terutama bila restoran khususnya dapur terdapat di lantai dasar dan hanya terpisah oleh tembok dari area luar. Apabila terdapat lubang yang mencurigakan, bisa jadi lubang tersebut merupakan lubang tikus. Segera benahi dan tutup lubang tersebut untuk mencegah tikus balik ke sarangnya. Kotoran tikus dan bau yang tidak sedap juga bisa merupakan tanda keberadaan tikus, selain itu perhatikan apakah terdapat jejak kaki dan jejak lemak tikus (smear).
  2. Kelola sampah dengan baik - Jangan biarkan sampah berceceran di area restoran anda. Pastikan juga tempat sampah yang anda punya masih layak pakai dan tertutup dengan baik, bila perlu bersihkan secara berkala. Pengangkatan sampah dari dapur menuju tempat pembuangan juga harus tepat waktu, jangan biarkan sampah di restoran anda menumpuk terlalu lama.
  3. Bersihkan area restoran dapur - Bila ingin terbebas dari tikus, restoran anda harus benar-benar bersih. Bersihkan lantai secara rutin, baik di ruang dapur maupun ruang makan pengunjung. Mulai sekarang pastikan lantai dapur anda bersih, selain itu jangan lupa membersihkan peralatan sehabis masak dan buang sisa makanan . Kemas sisa makanan yang masih terpakai dengan baik dan letakan di tempat yang aman dari tikus.
  4. Tutup celah masuk tikus - Seringkali tanpa disadari terdapat banyak celah masuk tikus pada bangunan restoran tempat usaha kita. Celah ini terdapat pada rongga bawah pintu, terutama akses masuk untuk loading bahan baku makanan, celah masuk kabel pada dinding, celah jendela, maupun celah pipa paralon. Perlu diketahui bahwa tikus dapat melewati lubang sebesar 1.2 cm berbekal tulang belakang yang fleksibel, jadi jangan menunda terlalu lama untuk memeriksa dan menutup celah potensial yang terdapat pada area restoran anda.
  5. Rapihkan barang-barang - Susun dengan baik barang-barang, terutama di dapur anda, kondisi barang yang berantakan biasanya banyak terdapat di gudang tempat menyimpan bahan baku makanan / minuman kaleng, kondisi demikian dapat memancing kedatangan tikus. Rapihkan barang anda dengan menyusun barang secara sistematis. Caranya, masukan barang yang berceceran ke dalam wadah lalu di susun rapi. Tumpukan barang seharusnya tidak boleh menempel ke tembok, ini untuk meminimalisir ruang gerak tikus serta mempermudah memantau pergerakannya.

Demikian beberapa tips pencegahan terhadap tikus di area dapur pada hotel maupun restoran. Tips ini juga berlaku bagi para pelaku industri pengolahan makanan dengan skala kecil, karena higienitas merupakan suatu hal yang tidak bisa ditawar bagi usaha pengolahan makanan. Namun bila area dapur anda sudah terlanjur diserang oleh tikus dan anda tetap kewalahan menanganinya, memanggil jasa pest control juga bisa menjadi salah satu pilihan. Anda dapat menggubungi pengendali hama profesional seperti Rentokil di nomor bebas pulsa 0 800 1 333 777 atau anda juga dapat mulai mengkonsultasikan masalah hama tikus di dapur restoran anda di ihs-custcare-id@rentokil-initial.com.

Hubungi Kami ke 0 8001 333 777 untuk Survey Gratis

Rekomendasi untuk Anda