Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Sudahkah Anda Menyiapkan Pertolongan Pertama Terhadap Serangan Rayap?

Setiap rumah tangga memiliki kotak P3K. Kotak P3K sangat dibutuhkan ketika keadaan darurat seperti terjadi tangan teriris atau terbakar. Sementara P3K menyediakan pertolongan pertama bagi pemilik rumah agar tetap sehat dan aman, apakah pernah terlintas di benak Anda untuk juga melihat kondisi ‘kesehatan’ dan keselamatan rumah? Sekarang saatnya Anda mulai cek rumah Anda!

Sebagaimana juga diperlukan oleh rumah tangga, kotak ‘P3K’ juga harus selalu siap sedia untuk menjaga ‘kesehatan’ rumah Anda selalu terpantau. Dapatkan pertolongan pertama bagi bangunan rumah Anda dalam bentuk pengobatan untuk rayap. Rayap, juga diketahui sebagai ‘semut putih’ adalah hama rumah yang paling merusak yang dapat menyebabkan baik struktur bangunan maupun merusak secara finansial. Kerusakan yang diakibatkan rayap dapat sangat mahal dan beresiko untuk kesehatan dan keamanan keluarga Anda.

Rumah Anda merupakan sumber makanan yang baik bagi rayap, khususnya pada rumah di negara tropis seperti Indonesia, dengan iklim yang hangat dan basah yang merupakan kesukaan rayap untuk hidup dan berkembang biak. Kebanyakan rumah dan bangunan di Indonesia cenderung memiliki perabotan dari kayu, keberadaan air dan tanaman yang berada di tanah menciptakan kondisi yang ideal bagi ‘semut putih’ ini.

Kerusakan berat yang diakibatkan oleh infestasi rayap yang tinggi memberikan tantangan yang sangat berat bagi pengendalian hama rayap ketika kerusakan sudah mulai terjadi.


 

Kemana dan apa yang disukai oleh rayap untuk dijadikan makanan? Rayap akan menyerang pintu rumah Anda, kusen jendela, tangga, lantai parket, atap plafon dan lemari pakain. Pola makan rayap adalah dari dalam keluar itulah mengapa pada awalnya akan sangat sulit untuk mengetahui ada serangan rayap atau tidak, pada saat Anda menyadari sudah ada kerusakan artinya itu sudah sangat telat. Kerusakan yang diakibatkan rayap kadang kala sangat parah dan tidak dapat diperbaiki, membutuhkan penggantian yang sangat mahal. Mempelajari bagaimana untuk mengidentifikasi tanda keberadaan rayap adalah sangat penting agar dapat melindungi rumah, hunian dan keluarga Anda.


10 Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Melindungi Rumah dan Keluarga

Rayap memerlukan makanan, air dan tempat berlindung untuk dapat bertahan hidup. Dengan menjaga kebersihan pada rumah, kantor atau bangunan, Anda akan membuat rayap sulit untuk bertahan hidup.

  1. Perbaiki segera semua pipa dan tempat air yang bocor, agar struktur bangunan tetap kering dan tidak memberikan sumber air bagi rayap. 
  2. Tutup semua retakan sekitar perlengkapan dan pipa air untuk menghindari rayap merayap melaluli retakan ini untuk mencari makanan.
  3. Buang semua benda yang memungkinkan untuk dijadikan sumber makanan, termasuk kayu, bongkahan kayu atau serpihan kayu dari tempat Anda.
  4. Usahakan agar menghindari menggunakan sekam untuk kebun Anda yang berbatasan dengan rumah langsung. 
  5. Hilangkan semua cabang yang menempel langsung ke struktur rumah.

Mempelajari bagaimana cara untuk melihat tanda keberadaan rayap dapat membantu menyelamatkan struktur rumah anda dari kerusakan parah.

  1. Perhatikan adanya jalur menyerupai tanah yang merupaan jalur untuk berjalannya rayap subterranean yang dibangun dari tanah, kotoran dan air liur rayap. 
  2. Sayap laron yang biasanya ditemukan di lantai atau jendela. 
  3. Kotoran yang berasal dari rayap kayu kering setelah memakan kayu. 
  4. Suara keropos ketika kayu diketuk, ini dikarenakan rayap pola konsumsinya dari dalam ke luar. 
  5. Jendela atau pintu yang berderit atau susah untuk dibuka.

 

 

 

 

 

 

 

 

Adalah benar adanya kalau rayap itu berasal dari dalam tanah dan mereka membutuhkan kelembaban dan penutup untuk melindungi mereka dari dehidrasi dan predator. Rayap subterranean membangun jalur tanah yang terbentuk dari lumpur dan pasir untuk sarana bepergian mereka. Ketika kebanyakan rumah tinggal di Indonesia sangat beresiko terhadap serangan rayap, ternyata rayap juga dapat menyerang gedung bertingkat dengan kemampuan panjat mereka yang bisa mencapai lantai 26!

‘Kotak pertolongan pertama’ terhadap rayap juga berfungsi sama halnya dengan kotak P3K rumah tangga seperti biasanya. Fungsi pertamanya adalah untuk berjaga-jaga dari keadaan darurat, dalam hal ini, ‘kotak P3K rayap’ Anda akan memberikan perlindungan bagi Anda dari serangan rayap terhadap rumah atau bangunan. Fungsi kedua adalah sebagai cadangan darurat ketika serangan rayap benar-benar terjadi.

 

Untuk berjaga-jaga… 
Dengan program pra-konstruksi dari Rentokil

Untuk keadaan darurat 
Dengan program rayap pasca konstruksi dari Rentokil seperti TFP 532

Kerusakan yang diakibatkan oleh rayap dapat mengakibatkan hal yang sangat tidak diinginkan dikarenakan rayap menyerang struktur bangunannya. Rayap akan makan nonstop selama 24 jam penuh imana jika yang dimakan adalah area yang ditinggali akan sangat beresiko dapat roboh dan menimpa orang yang berada di tempat tersebut. Sama halnya dengan pengecekan kesehatan rutin, pemeriksaan bangunan rumah secara berkala juga dibutuhkan untuk memberikan ketenangan bagi Anda dan keluarga.

 

Pengendalian rayap yang paling efektif adalah dengan melakukan inspeksi rayap secara rutin yang dilakukan oleh pest control professional. Berikan rumah dan keluarga Anda ketenangann dengan melakukan pemeriksaan ‘kesehatan’ rumah hari ini.

Lakukan pemeriksaan rumah Anda… Dengan inpeksi rayap dari Rentokil

Informasi lebih lanjut dan langkah berikutnya

Temukan Cabang Terdekat Kami