banner-rayap

Rayap

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Tanda-tanda Keberadaan Rayap

Serangan rayap biasanya tidak terlihat hingga kemudian kita menyadari adanya kerusakan parah yang mereka timbulkan. serangga ini tinggal di lingkungan yang gelap, lembab dan terlindungi, sehingga sangat sulit ditemukan. Begitu kita mengetahuinya, itu pun sudah terlambat sebab mereka sudah terlanjur merusak properti kita.

Pada dasarnya, agak sulit untuk mengetahui serangan rayap sebab mereka membuat jalur dengan menggerogoti kayu dari dalam, walaupun demikian ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan keberadaan rayap.

Berikut adalah tanda-tanda umum keberadaan rayap yang mungkin pernah Anda lihat (atau dengar) di sekitar rumah atau tempat usaha Anda.

Apa yang Harus Anda Cari?

  • Tunnel atau alur rayap - Subterranian / Rayap tanah membangun tabung penampungan yang terbuat dari lumpur, kotoran dan puing-puing sebagai jalur bolak balik menuju sumber makanan agar tidak terlihat. Tabung ini biasanya seukuran koin dan umumnya ditemukan pada dinding eksterior dan interior yang mengarah ke titik masuk dari bangunan.

  • Kemunculan rayap terbang atau sejenis rayap yang merontokkan sayapnya - Biasanya tanda pertama dari serangan rayap yang menjadi perhatian pemilik properti adalah kehadiran rayap terbang atau laron. Tanda umum lainnya adalah sisa-sisa dari sayap yang rontok yang berkumpul di lantai dan ambang jendela. Walaupun rayap jenis ini kemungkinan cepat menghilang setelah menemukan pasangan kawinnya, tanda-tanda seperti adanya kumpulan sayap yang identik tanpa tubuh merupakan pertanda kemunculan rayap terbang.

  • Kayu yang terdengar berongga atau terasa tipis - Rayap biasanya memakan kayu dari sebelah dalam ke luar dan meninggalkan kayu atau cat dengan lapisan tipis. Jadi, ketika Anda mengetuk atau menekan area kayu yang diserang rayap, maka akan terdengar berongga atau terasa tipis karena sebagian (atau semua) isi kayu tersebut telah digerogoti oleh rayap.

  • Pintu yang terasa ketat atau jendela yang sulit dibuka - Dikarenakan rayap memakan kayu, kotoran atau 'lumpur' dari rayap tersebut membentuk suatu lingkungan protektif yang menyimpan panas dan kelembaban udara. Hal ini menyebabkan kayu membengkak, sehingga akibatnya sulit untuk membuka atau menutup pintu dan jendela tersebut.

  • Terowongan di kayu - Juga dikenal sebagai 'galeri' dan cukup sulit untuk dilihat dari luar.

  • Kotoran rayap - Setelah memakan kayu, rayap kayu kering sering meninggalkan gundukan kotoran kasar berwarna coklat. Kotoran ini biasanya ditemukan di bawah kayu yang digerogoti.

Dapatkah Anda Membedakan Antara Rayap dan Semut yang Ada di Rumah?

Baik rayap atau semut, keduanya berpotensi mengancam ketenangan di rumah Anda. Meskipun ada beberapa kesamaan dari kedua hama tersebut, namun dampak negatif yang dihasilkan dari rayap lebih serius dan merusak dibandingkan dengan akibat yang ditimbulkan oleh semut.

Untuk pemilik rumah, berikut adalah tips untuk menemukan keberadaan rayap yang mengganggu :

  • Bentuk: Berwarna Creamy, coklat tua kehitaman, perpaduan bentuk panjang dan oval, mempunyai antena lurus, mempunyai 6 kaki dan sayap yang ukurannya sama (untuk sayap pada semut tidak sama panjang dengan kaki, semut memiliki perpaduan warna merah dengan hitam serta mempunyai antena yang tidak lurus)
  • Makanan: Rayap memakan kayu dan selulosa sedangkan semut memakan makanan manis maupun protein dan hewan yang sudah mati.
  • Tempat tinggal: Rayap banyak ditemukan di basement atau struktur bangunan dan dapat dijumpai ketika sudah merusak bangunan, sedangkan semut lebih mudah dijumpai dan terlihat dimana saja.

Pernahkan Anda sadari, di beberapa bangunan atau rumah yang pernah Anda masuki terdapat jalur rayap yang menempel pada dinding bangunan, atau adanya tanda keberadaan rayap pada kusen yang rusak, retakan tembok, dan sayap rayap pada kusen jendela. Pada beberapa kasus terjadinya serangan rayap bisa dilihat dari runtuhnya tembok atau atap bangunan yang membahayakan penghuni bangunan tersebut.

Diatas adalah contoh bahaya dari serangan rayap yang dapat mengancam rumah anda. Hal ini diperparah lagi dengan kebiasaan rayap yang mencari makan selama 24 jam sehari, dan mereka dapat memakan fragmen kecil dari kayu hanya dengan sekali kunyah. Ini berarti jika sudah terserang rayap, dengan seiring berjalannya waktu rumah anda akan rusak jika pencegahan tidak dilakukan secepatnya.

Kita seringkali tidak peduli dan menyangka bahwa rayap tidaklah bahaya karena mereka hanyalah binatang kecil dengan panjang hanya 0.4 mm. Bagaimanapun, konsekuensi yang ditimbulkan dapat merugikan bagi rumah. Dengan lebih dari 350,000 jumlah rayap dalam suatu koloni akan dapat merusak rumah anda dan bisa dibayangkan resiko kerusakan struktural bangunan yang akan timbul mengancam setiap saat.

Namun kabar baiknya adalah, dengan meningkatnya standar kualitas kehidupan dengan beragam inovasi dan teknologi, tidaklah susah untuk mengetahui bahwa rumah anda di bayangi selalu oleh rayap. Kini, rayap dapat dideteksi dengan teknologimicrowave. Adalah liquid crsytal yang di desain sedemikian rupa untuk dapat menampilkan sinyal atas keberadaan aktifitas rayap. Ini berarti, kita dapat mengetahui dengan jelas kehadiran rayap dirumah.

Tetapi muncul pertanyaan selanjutnya, kapankah waktu yang tepat untuk memeriksa rayap di rumah kita? Untuk pemilik rumah baru sangat disarankan untuk melakukan inspeksi rayap sebelum pindah atau melakukan dekorasi/renovasi. Ini akan menyelamatkan furnitur anda sebelum melakukan penempatan yang tepat, dan juga dapat memberikan rasa aman akan jaminan keselamatan. Namun yang lebih penting adalah mencegah pengeluaran tambahan untuk biaya renovasi akibat serangan rayap.

Bayangkan, bahwa rumah anda harus rutin diperiksa layaknya kondisi kesehatan. Sangat disarankan bagi pemilik rumah untuk melakukan pemeriksaan terhadap rayap untuk mengetahui kondisi rumah dan melakukan perbaikan dengan cepat sebelum kondisinya menjadi semakin buruk.

Jika Anda adalah pemilik rumah, Anda dapat mencari tanda potensial dengan melakukan pemeriksaan manual atau menggunakan teknologi terkini terhadap kondisi rumah Anda. Kemungkinan hasil dari pemeriksaan rayap adalah sebagai berikut:

1 - Hasil Positif: Jika rumah Anda bebas rayap, Anda memiliki pilihan untuk melakukan langkah perlindungan dengan membuat “pagar” terhadap serangan rayap di sekeliling rumah. Cara ini bisa dengan melakukan penempatan umpan yang ramah lingkungan untuk melakukan monitoring rutin terhadap aktivitas rayap di rumah Anda.

Tips: Sangat disarankan untuk melakukan pencegahan sebelum terjadi serangan rayap yang lebih besar terjadi di rumah!

2 - Hasil Negatif: Jika rumah Anda sudah terkena serangan rayap. Ada beberapa tindakan penyelamatan terhadap penanganan rayap yang dapat dilakukan. Salah satu penanganannya adalah cairan termitisida disuntikkan ke dalam tanah sehingga rayap yang ada dijalurnya akan terkena cairan ini dan menyebar kepada rayap yang lain. Cara tersebut efektif dan aman untuk mengendalikan koloni rayap yang ada.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah berapa tips yang berguna dan dapat dilakukan sendiri oleh pemilik rumah untuk mencegah terjadinya serangan rayap :

  • Perbaiki keran dan pipa bocor - Hal ini akan menngurangi level lembab yang dapat menarik datangnya rayap.
  • Singkirkan pohon mati - Pohon mati atau yang sudah tidak tumbuh merupakan tempat favorit bagi rayap untuk bersarang.
  • Sebisa mungkin hindari menempatkan tanaman merambat atau membiarkan kebun tidak terurus dan tanaman tumbuh lebat menghinggapi bangunan rumah. Selain akan merusak bangunan, tanaman yang masuk kedalam struktur gedung akan menyebabkan rayap masuk ke dalam rumah tanpa terdeteksi.
  • Membuang batang kayu - Batang kayu sering kali terhampar di halaman kita, batang atau dahan kayu terdiri dari selulosa yang merupakan makanan dan tempat favorit bagi rayap untuk bersarang.

Perhatian khusus bagi kepada pemilik rumah yang berada dalam satu area yang terkoneksi (cluster), rayap berpotensi untuk berpindah ke samping area rumah. Bisa jadi sekarang area rumah anda sudah terbebas dari keberadaan rayap dan rajin melakukan cara pencegahan rayap sendiri, namun sangat penting untuk tetap malakukan perlindungan dengan menciptakan “pagar” terhadap serangan rayap yang kemungkinan akan berasal dari tetangga sebelah.

Anda dapat menemukan sebuah solusi pengendalian rayap dengan menghubungi ahlinya. Di dukung dengan 20 cabang yang tersebar di seluruh daerah Indonesia yang dilengkapi dengan teknisi bersertifikat spesialis menangani hama di rumah Anda, Rentokil ada untuk menghilangkan kecemasan Anda dalam menangani hama yang mengganggu di rumah baik itu di rumah baru atau rumah yang telah dihuni.

Apakah Anda Pernah Melihat Tanda-tanda Berikut?

Rayap selalu makan selama 24 jam dan 7 hari. Hal ini berarti mereka terus-menerus menggerogoti dan merusak kayu. Jika ini terus dibiarkan, rayap dapat merusak properti Anda yang terbuat dmengakibatkan biaya perbaikan yang mahal.

Hubungi kami di 0 800 1 333 777 atau secara online hari ini untuk inspeksi rayap di rumah atau tempat usaha Anda.

Hubungi Kami Hari Ini Untuk Survey Rayap Gratis!

Langkah Berikutnya

Temukan Cabang Terdekat Kami