banner restoran

Restoran

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Restoran

Memberikan Pengalaman Bersantap yang tidak Terlupakan bagi Pelanggan Anda 

Banyaknya isu pangan dan masalah hama dalam usaha makanan dan minuman (F&B) telah menyebabkan meningkatnya kesadaran publik akan kualitas dan keamanan makanan di setiap belahan dunia termasuk Indonesia. Adanya hama pada sebuah outlet F&B tidak hanya merusak pengalaman bersantap pelanggan juga memiliki resiko kontaminasi makanan.

10 Hal yang harus Anda lakukan jika Anda pemilik restaurant

  • 1. Cari tahu apakah terdapat larva atau pupa di area seperti tempat sampah, saluran air yang kotor, selokan, bahan yang membusuk 

    a. Tempat beristirahat disiang hari: dinding, plafon, permukaan interior, tempat sampah 

    b. Tempat beristirahat malam hari: plafon, stop kontak dan kabel listrik

  • 2. Perhatikan apakah ada lalat disekitar tempat Anda

  • 3. Cuci tempat sampah secara rutin dan jaga agar selalu tertutup

  • 4. Simpan persediaan makanan di wadah kedap udara atau lemari es. Jangan tinggalkan buah, sayur atau cairan fermentasi di area terbuka.

  • 5. Jaga agar pintu selalu tertutup (lalat dapat masuk dari luar)

  • 6. Jangan biarkan ember penuh air dimana terdapat partikel makanan dipermukaannya yang bercampur dengan lap kotor (kosongkan, cuci dan keringkan segera)

  • 7. Jaga agar tempat selalu bersih dan kering. Pastikan kebersihan sudah diterapkan dengan benar agar tidak ada makanan atau sampah yang dapat dijadikan tempat berkembang biak lalat. Contoh, jaga agar saluran air tetap bersih dan bebas dari serpihan yang dapat dijadikan tempat bertelur bagi lalat.

  • 8. Pasang kawat atau layar penghalang lalat pada jendela khususnya sekitar area dapur dan tempat pembuangan

  • 9. Gunakan keset yang bersih untuk menghindari tertimbunnya minyak dari tumpahan atau kaki di keset tersebut

  • 10. Pasang perangkap lampu dan gunakan pestisida yang benar untuk mengurangi dan mengendalikan lalat secara afektif

Cari tahu lebih lanjut mengenai solusi pengendalian lalat agar lalat tetap jauh dari restaurant Anda. Kunjungi www.rentokil.co.id atau telepon ke 0800 1 333 777 untuk informasi lebih lanjut.

Harapan Pengunjung Pada Standar Higienis dan Kualitas Makanan

Naiknya jumlah kalangan ekonomi menengah di Indonesia berimbas pada naiknya permintaan dan juga keinginan dari customer yang beragam. Salah satu sector bisnis yang mengalami pertumbuhan yang signifikan adalah industry makanan, termasuk restaurant dan café. Dengan adanya ribuan bisnis makanan yang ada di Indonesia, dan terus bertambahnya pemain baru dibisnis ini dari tahun ke tahun, para pemunjung semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan restaurant yang akan dijadikan langganan tempat makan malam mereka. Kritik dan komentar negative sering muncul di social media dikarenakan orang Indonesia sangat suka menggunakan social media. 

Sebagai contoh, selain memilih restaurant berdasarkan rasa yang enak, reputasi koki, pilihan menu, desain makanan yang menarik, suasana dan dekorasi ruangan, pelanggan biasanya juga akan memperhatikan kualitas pelayanan dari staff restaurant dan yang lebih penting adalah standar kebersihan dan hygiene dari restaurant.

Ada beberapa contoh pelaporan seperti terdapat lalat di makanan tamu atau makanan yang terkontaminasi. Selain untuk memenuhi tuntutan kepatuhan terhadap peraturan kesehatan atau peraturan bisnis lainnya, mengatasi keluhan dan pengaduan dari para pelanggan adalah merupakan hal yang sangat mengganggu bagi pemililk restaurant. 

Bagaimanapun, hal terbesar yang ditakuti oleh para pelaku bisnis disektor ini adalah menjaga reputasi dan menjaga agar tidak ada keluhan yang masuk ke social media. Dengan maraknya penggunaan social media dalam mengungkapkan ekspresi suka atau pun tidak suka, social media menjadi hal yan gumum dipakai dalam memberikan feedback positif atau bahkan kritik terhadap pengalaman yang tidak menyenangkan. Dalam mengelola krisis, adalah hal yang sangat membuat stress jika yang dillaporkan adalah masalah hama. Hal yang terberat selanjutnya adalah mendapatkan kembali kepercayaan dan keyakinan dari pelanggan yang sudah kecewa tersebut agar kembali ke restaurantnya. 

Cari tahu lebih lanjut mengenai solusi pengendalian lalat agar restaurant Anda tetap jauh dari lalat. Kunjungi juga www.rentokil.co.id atau telepon ke 0800 1 333 777 untuk informasi lebih lanjut.

Resiko dan Potesi Bahaya pada Industri Makanan dan Minuman

Diagram showing the parts of the supply chain that pest can infiltrate

Pengelolaan Rantai Makanan

Dalam rantai pasokan makanan, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada banyak poin infiltrasi hama dan sama seperti rentannya pabrik pengolahan makanan, restoran juga berisiko tinggi. Tidak terdeteksinya infestasi hama/ masalah sepanjang rantai pasokan pangan berpotensi bisa berakhir di restoran Anda.

Mengapa Tikus Dianggap Sebagai unwanted Dining Guest?

Tikus dianggap sebagai hama berbahaya karena seringkali dikaitkan dengan kontaminasi dan penyakit. Metode do it yourself dan pengendalian dari diri sendiri mungkin saja tidak efektif karena memakan banyak waktu serta dapat merusak dan membahayakan. Sebagai hewan pengerat, tikus sangat cepat dan tangkas bersembunyi serta mampu merangkak. Ini membuat pengendalian tikus di restoran dapat menjadi hal yang sangat menantang.

Adalah hal yang memalukan serta dapat memberikan dampak negatif apabila pada saat makan malam tamu Anda mendengar suara garukan dari hewan pengerat ini, atau bahkan lebih buruk lagi, tercium baru urine yang merupakan indikator dari infestasi tikus. Bau tersebut sangat kuat dan tercium musky pada area publik. Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk memastikan apakah restoran Anda memiliki infestasi tikus atau tidak. Identifikasi serta perhatikan tanda-tanda kehadiran tikus sebelum pelanggan Anda yang melakukannya.

Daerah persembunyian mereka biasanya berada di bawah tumpukan, sudut ruangan atau peralatan, perabotan dan tempat sampah. Dapur Anda dapat menjadi area beresiko karena merupakan tempat bagi tikus untuk bersembunyi dan berkembang biak. Sangatlah menantang bagi para pemilik restoran untuk mengidentifikasi keberadaaan tikus serta mengurangi resiko perkembangbiakan mereka.

Cari tahu bagaimana infestasi tikus dapat menyebabkan kerusakan dan menyebarkan penyakit ke tamu Anda seperti misalnya Salmonella, bakteri umum yang dihasilkan dari infestasi tikus.

Sangatlah penting untuk membiasakan merapihkan dan membersihkan peralatan rumah tangga untuk mencegah tikus bersembunyi dan berkembangbiak di dapur Anda.

  1. Periksa area rumah Anda secara rinci, dan temukan entry point tikus. Setelah Anda menemukannya, tutup dan blokir entry point tersebut
  2. Jendela dan eksterior pintu harus terpasang dengan sempurna, dan ingat selalu untuk menutupnya saat tidak digunakan
  3. Buang semua sampah dari restoran Anda setiap harinya

Sebagaimana tikus dapat masuk melalui celah-celah atau lubang sekecil ukuran pensil, maka sangat penting untuk memperhatikan semua celah telah tertutup rapat. Untuk beberapa restoran tertentu, kami sarankan pemeriksaan hama lebih lanjut untuk mencegah masuknya hama misalnya dengan menggunakan wire mesh untuk langit-langit, pipa dan plumbing. Tim spesialis kami dapat memberikan saran berupa program pemeriksaan hama menyeluruh pada area Anda.

Cari tahu berbagai solusi pengendalian tikus untuk melindungi restoran Anda dari infestasi tikus seperti tehnik pengumpanan dan penempatan perangkap tikus pada area paling strategis, atau hubungi 0 800 1 333 7777 dan kunjungi www.rentokil.co.id untuk pemeriksaan hari ini.

Lalat memakan apa saja. Mereka dapat berada di restaurant

Ada lebih dari 100 jenis organisme pathogen yang dibawa oleh lalat rumah, yang juga dikenal sebagai Musca domestica. Lalat dikenal sebagai hama yang membawa penyakit juga sebagai hama yang sangat mengganggu. Beberapa contoh pathogen penyakit yang dapat dibawa oleh lalat antara lain adalah Salmonellosis, polio, disentri, demam typhoid dan kolera. Lalat tertarik oleh berbagaimacam hal dari mulai kotoran manusia sampai makanan lain yang disediakan oleh alam. Lalat juga tertarik pada bangunan karena baunya, kondisi udara, atau kehangatan dan kelembaban material bangunan dengan makanan yang cukup untuk perkembangan larva (untuk meletakkan telur) 

Spesies Drosophila yang juga dikenal sebagai lalat buah adalah jenis lalat yang umum ditemukan lainnya, tertarik dengan buah dan sayur segar juga kotoran hewan. Tertarik oleh lampu, lalat akan mencari sumber kelembaban alternative semacam kain pel dan ujung sapu, buah yang diletakan didalam lemari, buah yang ditinggalkan didalam wadah atau di tempat cuci piring, air bekas pel yang penuh dengan partikel yang memungkinkan dijadikan tempat berkembang biak. 

Kondisi seperti diatas sering dan umum terjadi di restaurant, dimana terjadi ada persiapan makanan, sisa makanan dan makanan yang terbuang, makanan busuk, saluran air tersumbat dan peralatan makanan yang kotor adalah hal-hal yang biasa terjadi sehari-hari di sebuah restaurant. Lalat jenis Drosophila ini biasa beristirahat dimalam hari dan mengambil tempat yang tidak jauh dari sumber makanannya di siang hari, hal ini akan meningkatkan resiko adanya infestasi lalat di dapur atau area persiapan makanan di sebuah restaurant. 

Tahukah Anda? Siklus hidup lalat buah adalah selama 8 sampai 10 hari. Resiko terjadinya reproduksi sangat mungkin dalam rentang waktu tersebut. Lalat buah dewasa umumnya dapat hidup selama 15 sampai 25 hari. 

Sebagai penyedia jasa makanan, adalah merupakan hal yang penting untuk menghilangkan potensi sumber dari terbentuknya larva lalat dan melakukan pengecekan kebersihan yang teliti, mengidentifikasi seluruh sumber makanan dan memastikan Anda telah melakukan pengendalian hama yang baik untuk menjaga dan melindungi keselamatan dan kesehatan para pengunjung restaurant Anda. 

Cari tahu lebih lanjut mengenai solusi pengendalian lalat agar lalat tetap jauh dari restaurant Anda. Kunjungi juga www.rentokil.co.id atau telepon ke 0800 1 333 777 untuk

Mengapa Pemilik Restoran Harus Khawatir?

Hama adalah pembawa penyakit yang ditularkan melalui makanan seperti Salmonella dan Leptospirosis, beberapa mematikan bagi manusia. 

Lebih dari itu, penampakan hama baik hidup maupun mati dapat membuat pelanggan merasa jijik dengan makanan Anda. Di atas semua itu, publikasi negatif via blog dan situs jejaring sosial dapat dengan mudah menghancurkan reputasi berharga restoran Anda yang telah dengan susah payah Anda jaga. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menerapkan sebuah program pengelolaan hama komprehensif untuk membantu Anda mengelola resiko hama yang lebih baik.

Area beresiko di restaurant Anda

Tahukah Anda? Bahkan dalam tempat tertutup seperti restaurant atau café, terdapat lebih dari 7 area beresiko yang dapat dijadikan sarang bagi 6 jenis hama? 

 

Lalat adalah hama yang paling umum di Indonesia dapat ditemui di hampir seluruh area beresiko di restaurant. Keamanan pangan dimulai tepat ketika makanan disimpan. Menjaga kebersihan untuk menghindari lalat bertelur pada makanan atau sumber air adalah sangat disarankan. Selain itu selalu pastikan agar seluruh makanan dapat disimpat dan tertutup dengan baik. Persiapan masakan memerankan peranan yang paling beresiko untuk adanya infestasi hama seperti lalat. Sebagai contoh, lalat buah memakan buah, sayuran dan cairan fermentasi, sementara lalat rumah memakan makanan manusia, sampah dan kotoran. Sumber makanan lalat tersebut banyak ditemukan di sekitar dapur seperti sisa makanan. Hal terburuk bisa saja terjadi seperti dapat ditemukannya lalat pada area penyajian atau area makan. 

Lalat, dikenal sebagai hama yang menularkan penyakit seperti Salmonellosis, polio, disentri, demam typhoid dan kolera. Lalat dapat membawa lebih dari 100 macam oranisme pathogen dan sangat mungkin dapat membahayakan kesehatan para tamu melalui kontaminasi makanan. 

Area pembuangan dan tempat sampah tidak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan lalat sangat tertarik oleh sisa fermentasi, saluran air yang kotor, sampah busuk dan material sampah lainnya. Jika tempat sampah tidak tertutup atau tidak dibersihkan, lalat mungkin akan berkembang biak dan terbang ke area persiapan makanan atau bahkan area makan. 

Semua pemain bisnis makanan diharuskan untuk mentaati dan patuh terhadap peraturan bisnis makanan, jika tidak mereka dapat terkena penalty, turunnya point penilaian, penalty keuangan atau bahkan berakibat pada penutupan bisnis. Resiko tersbut dapat diminalkan bahkan di hindari jika pelaku bisnis menerapkan pengendalian hama yang baik juga menerapkan kebiasaan kebersihan yang baik. 

Ketahui lebih lanjut mengenai solusi pengendalian lalat dari kami untuk menjaga agar lalat tetap jauh dari restaurant Andan. Juga kunjungi website kami di www.rentokil.co.id atau telepon ke 0 800 1 333 777 untuk informasi lebih lanjut.

Pengendalian Lalat Dapat Dilakukan Dengan Cara Yang Efektif.

Sebagian besar pemilik restoran lebih fokus pada keindangan dekorasi, guna menyediakan pengalaman makan dengan suasana yang mewah dan menyenangkan, disertai dengan makanan dengan masakan yang berkualitas dan pelayanan yang sangat baik. Namun, memastikan bahwa lingkungan Anda terbebas dari hama menjadi hal yang sangat penting, mengingat bahwa seluruh bisnis makanan merangkul kebijakan nol toleransi terhadap resiko makanan terkontaminasi atau, yang terburuk adalah, kehadiran hama di restoran Anda. 

Lalat rumah terkenal dapat membawa dan menyebarkan berbagai macam penyakit, seperti patogen penyakit yang salah satunya termasuk penyakit salmonellosis, polio, disenteri, tifoid, dan kolera. Penyakit-penyakit tersebut berasal dari berbagai jenis kuman dan bakteri. Bakteri ini juga akan menyebar di dalam bangunan/gedung, melalui bau dan udara yang ada, penyebaran penyakit juga dapat dimulai dari sebuah makanan yang dapat mengundang lalat bertelur pada makanan tersebut dan tumbuh menjadi larva dan pada akhirnya dimakan oleh manusia. 

Sebagai perusahaan pengendalian hama terkemuka yang terus melakukan inovasi solusi, kami memahami bahwa keduanya, baik aspek efektifitas maupun aspek keindahan penampilan, adalah sama pentingnya. 

The Illume, sebuah teknologi perangkap serangga berbentuk lampu telah di desain khusus untuk membantu tempat makan seperti restoran untuk mencegah datangnya lalat dengan cara yang tepat, sekaligus melakukan pemeliharaan terhadap lingkungan dengan kesan elegan. 

Alat ini ideal untuk dipasang di luas area sebesar 12m² seperti pada sebuah bar, kasir restoran cepat saji, dan tempat pengambilan makanan. Instalasi yang cepat dan mudah serta pemeliharaan sarana yang sederhana, memberikan kemudahan bagi pemilik restoran yang sibuk. Illume disertai dengan sertifikat keselamatan dan dapat dengan mudah menjadi bagian dari dekorasi ruangan dan menyerupai lampu yang dipasang di dinding. 

Ketahui informasi lebih lanjut dari pengendalian hama lalat untuk membantu mencegah datangnya lalat dengan cara yang tepat. 

Kunjungi www.rentokil.co.id atau hubungi 0 800 1 333 777 untuk informasi lebih lanjut.

Kantin Karyawan Yang Besar Harus Dapat Menyajikan Kualitas Makanan Yang Higienis.

Sebagian besar industri dan manufaktur memenuhi kebutuhan makanan untuk karyawan mereka dalam jumlah yang sangat besar. Ini artinya, bahwa kesehatan dan keamanan karyawan-karyawan ini dipertaruhkan jika standar higienis dan makanan yang ada tidak memenuhi standar kesehatan dan aman secara optimal, sehingga dibutuhkan cara yang tepat untuk mendukung kebijakan ini. 

Membiarkan keadaan yang dapat mengakibatkan resiko kesehatan dapat mempengaruhi produktifitas bisnis, mempengaruhi hari kerja yang hilang begitu saja, atau menimbulkan biaya kesehatan (reimburse). Resiko-resiko ini dapat berpengaruh kepada sektor finansial bisnis dan dapat dihindari serta diatur dengan baik melalui kontrol kualitas akan kehigienisan makanan tersebut. 

Genus Spectra telah di desain untuk untuk menjawab tantangan pada area lingkungan yang luas seperti wilayah industri dan pabrik manufaktur untuk pengendalian lalat yang lebih efektif. Bohlam dengan desain unik yang telah dikonfigurasi dapat menjerat lalat lebih efektif, yang berarti dapat mengurangi jumlah populasi lalat yang ada dengan cepat.Area yang dijangkau dapat diperluas hingga 80m² sampai 160m², untuk memastikan daya tarik yang maksimum dengan tingkat menangkap yang lebih luas. Sebagai spesialis dalam mengatasi hama industrial yang telah lebih dari 50 tahun berdiri, kami memahami pentingnya hal ini. Unit kami telah mematuhi seluruh standar HACCP. Unit juga mudah untuk diinstal dan dipelihara, dikarenakan kami memperhatikan kepada setiap detil untuk dapat memberikan kepuasan serta keuntungan yang lebih terhadap pelanggan kami. Genus Spectra beroperasi tanpa suara bising, serta membantu menghindari gangguan terhadap aktifitas produksi, dan 10% lebih hemat energi yang berarti hemat biaya dan ramah lingkungan. 

Tim spesialis kami yang terlatih akan memberikan rekomendasi serta saran professional dari terhadap unit yang dibutuhkan, dan menentukan lokasi strategis untuk menempatkan unit agar dapat berjalan dengan efektif. Laporan dan analisa juga akan kami sediakan untuk membantu memantau populasi lalat dengan teliti. 

Temukan informasi lebih lanjut pengendalian lalat untuk membantu mencegah datangnya lalat di kawasan industri. Kunjungi www.rentokil.co.id atau hubungi nomor 0 800 1 333 777

Cara untuk melindungi restoran Anda dari infestasi lalat

Restoran seharusnya memberikan tamunya suasana yang aman bersih dan lingkungan santap yang menyenangkan. Layanan sempurna dan kepuasan pelanggan dengan santapan yang lezat adalah kunci utama dalam bisnis restoran.

Oleh karenanya hal ini membuat lalat tidak diterima dalam lingkungan ini. Lalat dapat menyebarkan mikroorganisme pathogen seperti E.coli dan salmonella. Dan berita buruknya terdapat lebih dari lima spesies bakteri yang dibawa oleh lalat rumah bahkan tidak terkait langsung dengan lalat itu sendiri. Penyakit yang dapat menyebabkan keracunan makanan atau bahkan infeksi saluran pernafasan pada manusia.

 

Faktanya keberadaan lalat dalam restoran tidak hanya mengganggu kesehatan pelanggan Anda, juga merusak reputasi restoran Anda , bahkan menyebabkan dampak yang signifikan yaitu menurunnya pendapatan restoran Anda.

Apabila Anda memiliki atau menjalankan restoran dan Anda mulai menyadari keberadaan lalat di area dapur area melebihi dari normal, maka sudah saatnya Anda melakukan tindakan secara cepat. Tindakan yang paling penting adalah menjaga kebersihan dan sanitasi dapur restoran untuk menjaga dari serangan lalat. Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi dari serangan lalat:

  • Pastikan semua titik masuk sudah tertutup. Hal ini mungkin membutuhkan tambahan screen pada pintu dan jendela.
  • Tergantung restoran Anda, Anda mungkin membutuhkan penggunaan “air curtain” atau fan besar yang diletakan pada titik masuk sehingga membuat lalat sulit masuk kedalam dapur Anda.
  • Apabila ada makanan atau bahan baku makanan yang belum digunakan sebaiknya dimasukan kedalam lemari es atau refrigerator.
  • Pastikan seluruh staff dapur dan restoran mempunyai kebiasaan menutup pintu untuk melindungi lalat masuk ke dalam dapur atau restoran.
  • Beri perhatian pada vendor bahan baku dalam hal pengiriman kedalam dapur atau gudang.
  • Jangan biarkan ada tumpahan , bersihkan secepatnya.
  • Bersihkan sampah dan serpihan. Lalat tertarik pada restoran Anda dikarenakan adanya bau makanan.

Like many pests, flies are more than just a nuisance; they are a symptom of a greater problem inside your restaurant. Once you correct any issues at your restaurant that may be attracting flies or allowing them to thrive, you can guard against them.

Bekerja dengan team ahli pengendalian hami dapat memberikan ketenangan pikiran di ihs-custcare-id@rentokil-initial.com or call 0 800 1 333 777 untuk mengidentifikasi masalah lalat yang mengganggu direstoran Anda. Dengan kerjasama yang baik , kita dapat menjaga kehadiran lalat untuk menikmati makanan direstoran Anda.

Mengapa Rentokil?

  • Dukungan Audit - Kami memiliki pemahaman mendalam mengenai legislatif Indonesia termasuk persyaratan audit internal dan eksternal untuk industri pangan.

  • Manajer Key Account yang berdedikasi - mendukung berbagai pelanggan dalam mencapai pendekatan konsisten di seluruh fasilitas dengan satu titik kontak.

  • Dukungan secara nasional - Dengan 17 cabang diseluruh Indonesia, kami menjamin bahwa seluruh kebutuhan pengendalian hama Anda berada di dalam tangan atau pihak yang tepat dan memberikan Anda ketenangan pkiran.

Informasi lebih lanjut dan langkah berikutnya

Temukan Cabang Terdekat Kami