banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

5 Mitos Cara Menyelesaikan Masalah Hama Sendiri Di Rumah

Pengendalian hama merupakan hal sulit yang pengerjaannya tidak dapat dikerjakan secara sembarangan oleh Anda. Tidak peduli seberapa bersih, sesering apa Anda membersihkan rumah, seberapa banyak keju yang Anda pakai untuk menangkap tikus hal ini tidak akan membantu Anda dalam menghilangkan atau mencegah hama memasuki rumah Anda tanpa pengetahuan yang cukup.

Jika Anda berurusan dengan satu atau dua hama rumah tangga, jangan pernah Anda mencoba untuk mengerjakan mitos-mitos cara menyelesaikan masalah hama sendiri di rumah yang Anda dapatkan dari teman atau internet ini:

1. Hanya menghubungi jasa pengendalian hama ketika ditemukan masalah serius dari hama

Ada alasan mengapa jasa pengendali hama profesional disebut “profesional”: mereka tahu bagaimana menghadapi hama bahkan sebelum hal itu dapat menyebabkan masalah besar di tempat Anda! Jadi jangan pernah ragu untuk menghubungi mereka saat Anda melihat hama sebelum mereka dapat melakukan kerusakan yang cukup besar pada tempat Anda.

Hal ini khususnya sangat identik dengan masalah yang ditimbulkan oleh hama seperti rayap. Sebelum Anda bisa merasakan bahwa mereka menimbulkan masalah di rumah Anda, mereka telah menyebabkan kerusakan pada struktur rumah tanpa Anda dapat sadari, dan ini bisa menyebabkan banyak masalah bahkan setelah Anda menyingkirkan infestasi rayap itu sendiri.

Umumnya, ada dua jenis hama yang sulit dikenali: jenis pertama adalah hama yang bersembunyi di dalam ruang rapat (seperti retakan dan celah) dan terlalu kecil untuk dapat kita sadari atau perhatikan. Kutu busuk adalah salah satu contoh hama rumah tangga yang sangat sulit untuk dikenali.

Jenis yang satu lagi adalah hama yang bersembunyi dalam struktur, menyebabkan kerusakan pada struktur dan melemahkan rumah Anda secara struktur dan membahayakan keselamatan keluarga Anda. Ketika Anda mulai menemukan keberadaannya di dalam rumah Anda, maka mereka telah melakukan kerusakan besar pada struktur rumah Anda seperti menyebabkan kerusakan pada dinding, meruntuhkan langit-langit dan meretakkan struktur bangunan. Semut tukang kayu dan rayap merupakan beberapa contoh hama jenis ini.

2. Memakai bahan alami untuk mengusir hama dibandingkan menghubungi jasa pengendali hama

Pencarian cepat di internet akan memberikan Anda daftar panjang solusi alami yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikan hama di rumah Anda. Dari penggunaan bedak talek untuk mengusir semut, menggunakan cuka untuk menghilangkan rayap dan masih banyak lagi bahan alami lainnya yang ‘dipercaya’ mampu menyelesaikan masalah hama Anda di rumah.

Cara mencegah hama dengan bahan alami mungkin bekerja awalnya, namun semua hanya bersifat sementara. Ketika efek dari bahan alami tersebut telah hilang, maka hama-hama tersebut akan kembali muncul – kecuali Anda menyelesaikan masalah hama yang ada hingga ke akarnya.

Demikian pula dengan menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk seperti menggunakan sereh atau bahkan dengan semprotan anti nyamuk, hanya bisa mengusir nyamuk beberapa saat dan tidak menyelesaikan keamanan jangka panjang untuk Anda dan keluarga Anda.

Perlu Anda sadari bahwa bahan-bahan alami yang sering di sarankan di internet, tidak akan bekerja, bertahan lama memiliki manfaat yang sama seperti teknik yang ditawarkan spesialis pengendaliah hama yang terlatih.

3. Tempat yang bersih terhindar dari masalah kutu busuk

Sebagian orang berpikir bahwa tempat yang bersih dan teratur dengan rapih seperti hotel berbintang dan restoran adalah tempat yang tidak disukai oleh kutu busuk, sedangkan tempat yang kotor, dan tidak tertata dengan baik merupakan tempat yang menjadi sarang yang paling disukai oleh berbagai jenis hama.

Sementara kegiatan bersih-bersih mungkin dapat menjauhkan Anda dari masalah serangga, namun hal ini tidak menjamin bahwa hama tidak akan bermukim di tempat yang bersih. Serangga kecil seperti kutu busuk dapat hinggap ke pakaian dan tas manusia. Mereka bertubuh kecil dan cukup untuk berpindah tanpa diketahui oleh manusia, hal inilah yang memberikan mereka keuntungan dalam memasuki sebuah rumah terlepas bahwa rumah tersebut bersih ataupun kotor.

Tikus juga merupakan contoh hama lain yang dapat memasuki rumah atau properti melalui retakan di dinding yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tingkat kebersihan. Mereka berjalan menjauh dari pandangan manusia, seperti di bawah perabotan atau di atas laci dan lemari. Jadi, mereka bisa bergerak di sekitar ruang bersih tanpa Anda sadari sedikit pun.

4. Keju adalah perangkap yang terbaik dalam menangkap tikus

Ini adalah salah satu mitos yang paling terkenal di dunia – jika kita mengacu pada kartun anak-anak Tom & Jerry. Padahal, meletakan keju di atas perangkap tikus bukan cara yang paling baik dalam menangkap tikus!

Tikus biasanya tertarik pada kacang-kacangan dan biji-bijian, maka dari itu menangkap tikus dengan menggunakan keju tidak akan efektif. Menggunakan sereal, selai kacang dan kacang kering lainnya mungkin menjadi pilihan yang lebih baik saat mencoba mengumpan tikus di rumah.

Menggunakan perangkap tikus kayu seperti yang Anda lihat di kartun mungkin juga akan menimbulkan risiko yang besar. Salah satu risiko berbahaya menggunakan perangkap tikus kayu adalah bahwa anak kecil dan hewan peliharaan bisa saja tidak sengaja terkena jebakan dan melukai diri mereka sendiri. Risiko lainnya adalah membuang tikus yang tertangkap oleh perangkap tikus, karena tikus membawa segala macam penyakit dan parasit yang berbahaya  bagi kesehatan Anda. Perlu Anda perhatikan: perhatian ekstra saat menangani masalah tikus mati penting untuk juga dilakukan oleh Anda.

Ketika meletakan perangkap tikus, faktor lain yang Anda perhatikan ada di mana dan bagaimana Anda meletakkan perangkap tersebut, umpan apa yang digunakan dan jumlah umpan yang Anda gunakan juga memainkan peran penting dalam pengendalian tikus di rumah. Hewan pengerat sangat sadar akan hal-hal baru di sekitar lingkungannya dan mereka akan mencoba untuk menghindari setiap perangkap yang ada. Pengendali tikus profesional yang terlatih mengetahui faktor dan cara memonitor aktivitas tikus di dalam suatu properti.

5. Menggunakan raket dan lampu UV perangkap nyamuk untuk mengusir nyamuk

Raket dan lampu UV perangkap nyamukindoor adalah alat yang sering digunakan untuk mengatasi nyamuk. Tidak jarang pula banyak yang berpikir bahwa kedua alat ini cukup untuk menghilangkan nyamuk dan mereka tidak perlu menghubungi jasa pengendalian hama. Sebetulnya, kedua alat ini hanya menghilangkan fisik nyamuk dewasa yang hadir di tempat Anda, namun kedua alat ini tidak mampu itu tidak mengendalikan populasi dan sumber infestasi nyamuk itu sendiri.

Ketika lampu UV perangkap nyamuk hanya mampu menghilangkan nyamuk di dalam rumah karena jangkauannya yang terbatas. Apabila Anda memiliki kebun atau halaman di luar rumah, maka menggunakan alat ini tentulah sia-sia. Metode simpel ini juga tidak efisien dalam menghilangkan nyamuk secara permanen karena nyamuk perlu dikendalikan dari tahap larva melalui teknik pengendalian nyamuk dan tahap dewasa (melalui fogging).

Sementara banyak orang yang masih percaya bahwa mitos-mitos di atas ini bekerja, Anda tidak perlu mempelajari hal-hal dengan cara yang sulit. Mitos-mitos ini telah dibantah oleh para ahli di bidang yang telah mempelajari hama ini secara menyeluruh dan mengetahui cara yang lebih baik dan lebih efektif untuk menyingkirkannya. Jadi, saat Anda menghadapi hama di rumah, biarkan jasa pengendali hama yang menyelesaikan masalah hama Anda di rumah.

Dapatkan SURVEY GRATIS di tempat Anda hari ini!