banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

6 Kesalahan Umum yang Membuat Hama Tertarik Kerumah Anda

Hama bisa menjadi gangguan nyata bagi pemilik rumah. Begitu mereka menetap di rumah Anda, mereka dapat menyebarkan penyakit dan menyebabkan kerusakan besar pada rumah dan perabotan Anda. Jika Anda pindah ke tempat baru atau Anda hanya ingin menghindari keberadaan hama di rumah Anda, hindari enam kesalahan umum yang mungkin menarik hama ke rumah Anda.

1. Membiarkan rumah Anda dalam keadaan berantakan 

Hanya karena lingkungan yang berantakan tidak selalu berhubungan dengan makanan tidak berarti tidak lingkungan-lingkungan yang berantakan tidak menarik hama untuk datang dan bersarang. Entah itu setumpuk koran tua atau beberapa kotak tergeletak di sekitar rumah Anda, lingkungan yang berantakan adalah lingkungan alami bagi kebanyakan hama. Hewan pengerat seperti tikus terkenal karena menciptakan sarang di ruang gelap dan berantakan, sedangkan serangga kecil seperti kecoa dan laba-laba sering berlindung dalam kekacauan. 

Kenyataannya, lingkungan rumah yang berantakan atau tidak rapih ini bisa berubah menjadi titik temu yang mungkin terjadi dalam mengidentifikasi tanda atau gejala keberadaan hama dan dalam jangka panjang, ini menjadi tempat yang selalu dituju oleh jasa pengendali hama. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menyimpan barang-barang yang tidak Anda gunakan dalam kotak plastik atau tas yang tertutup rapat. Buang semua barang yang tidak diperlukan lagi seperti, kotak atau karton yang tidak terpakai untuk mengurangi kekacauan. Mengorganisir dan memelihara rumah yang bersih adalah pertahanan terbaik Anda untuk menjaga hama tidak masuk kedalam rumah atau lingkungan Anda. 

2. Tidak menutup retakan, celah dan lubang 

Bukaan berupa retakan, celah dan lubang di dinding merupakan salah satu alasan utama mengapa hama dapat memasuki rumah. Ini mungkin berupa ruang di bawah pintu atau lubang di dinding tempat kabel, pipa, dan saluran air lewat. Serangga kecil bisa dapat dengan mudah masuk bukaan-bukaan kecil seperti ini. Lubang dan celah di dinding juga bisa memberi tempat untuk serangga kecil bersembunyi dengan mudah. Untuk dapat menjaga agar hama tidak keluar-dan-masuk ke rumah Anda, tutuplah semua lubang dan celah yang ada di sekitar rumah dan secara rutin melakukan pemeriksaan ditempat-tempat yang sering menjadi akses keluar dan masuk setiap hama yang ada. 

3. Tidak membuang sampah secara reguler 

Bukan rahasia lagi bahwa hama tertarik pada makanan dan limbah. Limbah sampah yang tidak dibuang secara teratur adalah salah satu alasan mengapa hama datang ke rumah Anda. Selain membuang sampah Anda dengan benar dan teratur, penting juga untuk membersihkan tempat sampah secara rutin setiap beberapa minggu untuk memastikannya bebas dari residu limbah yang masih bisa menarik hama untuk datang. Selain itu selalu menutup tempat sampah dengan rapat, juga sangat disarankan agar tidak menarik kecoa untuk berembunyi dan berkembang biak di tempat sampah milik Anda. Membasmi kecoa merupakan hal yang tidak mudah, namun dengan bantuan pengendalian hama profesional, risiko penyakit yang dibawa oleh kecoa dapat di tangani dengan baik. 

4. Tidak memperbaiki kebocoran 

Terlepas dari masalah struktural yang akan ditimbulkan, kebocoran juga dapat menarik sejumlah hama untuk datang ke rumah Anda. Hama seperti kecoa dan tikus sangat tertarik untuk bersarang di daerah yang lembab. Di sisi lain, genangan air juga dapat memberi nyamuk tempat untuk bertelur. Kebocoran yang telah merusak kayu menciptakan kondisi optimal bagi serangga kayu yang seperti rayap untuk menempati daerah tersebut. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa kebanyakan hama bisa bertahan hingga satu bulan di atas air. Jika Anda memiliki kebocoran air atau ada area di rumah Anda yang menumpuk banyak kelembaban, maka prioritas Anda seharusnya memperbaikinya untuk membatasi kerusakan, dan yang lebih penting lagi untuk mencegah ketersediaan sumber makanan bagi hama ini. Jika Anda tidak yakin struktur rumah Anda rusak karena kondisi struktur lama atau disebabkan oleh serangan hama yang timbul dari hama rayap atau semut tukang kayu, hubungilah jasa pembasmi rayap untuk melakukan deteksi dini terhadap masalah rayap yang mungkin sedang Anda hadapi di rumah. 

5. Tidak memperbaiki kerusakan pada permukaan kaca jendela atau ventilasi 

Selain retakan di dinding dan pintu, jalan masuk lain yang tidak boleh dilupakan adalah permukaan kaca jendela atau ventilasi yang pecah atau rusak. Beberapa lubang sangat kecil sehingga pemilik rumah tidak memperhatikannya dengan segera, namun serangga kecil tetap bisa masuk ke dalamnya. Bau makanan juga akan dengan mudah memikat serangga untuk masuk melewati lubang yang berasal dari kaca atau ventilasi rumah Anda yang rusak. 

6. Tidak membersihkan peralatan dapur

Peralatan dapur seperti kompor, microwave atau oven seringkali meninggalkan bekas makanan setelah pemakaiannya. Hal inilah yang menarik hama rumah tangga untuk datang dan bersarang di dapur Anda. Selain itu, karena dapur adalah tempat Anda mempersiapkan dan memasak makanan, kehadiran hama dapat menimbulkan banyak risiko kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda. Hama dapat menyebarkan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E Coli melalui kontak dengan permukaan dapur serta kotoran dan air seni yang dapat mencemari makanan. Penting untuk membersihkan peralatan dapur Anda secara teratur untuk menghindari pengganggu yang tidak diinginkan di rumah Anda. 

Baca juga: Apa yang Membuat Kecoa dan Semut Tertarik Menuju Dapur? 

Hama tidak hanya menyebabkan malapetaka dan keresahan bagi setiap pemilik rumah, namun juga bisa berakibat fatal bagi keselamatan dan kesehatan apabila tidak ditangani dengan baik. Dengan menghindari 6 kesalahan di atas, Anda dapat menahan hama untuk tidak masuk kedalam rumah Anda. Perlu Anda ingat bahwa ketika situasi hama semain parah, membasmi hama dengan metode DIY tidak akan dapat bekerja dengan maksimal untuk Anda. Jika Anda khawatir dengan masalah hama yang ada di rumah, hubungi kami di 0 8001 333 777 atau kirimkan email ke ihs-custcare-id@rentokil-initial.com untuk mendapatkan solusi pengendalian hama yang efektif untuk rumah Anda.

Hubungi Kami ke 0 8001 333 777 untuk Survey Gratis

Rekomendasi untuk Anda