banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Apakah Kerusakan Ini Karena Masalah Air atau Serangan Rayap?

Apakah Anda pernah menemukan kayu yang bengkok? Langit-langit atap yang terlihat bergelembung seperti bengkak? Bau jamur atau timbulnya bercak hitam jamur pada kayu dan tembok? Tanda-tanda ini sering kali disalah artikan oleh setiap pemilik rumah, dan mengira ini berasal dari masalah saluran air yang umum terjadi di rumah, seperti pipa bocor atau drainase yang tersumbat.

Sementara tanda-tanda ini sering muncul dari kerusakan air, padahal faktanya mungkin tidak selalu demikian. Ini bisa menjadi pertanda sesuatu yang jauh lebih menyebalkan dan mengganggu daripada kerusakan air - dan itu adalah rayap.

Anehnya, tanda-tanda kerusakan yang disebabkan oleh rayap (terutama dari jenis rayap tanah) dan kerusakan yang timbul karena masalah saluran air sangat mirip, sehingga sangat sulit untuk dideteksi jika Anda memiliki kerusakan air sederhana atau infestasi rayap di rumah Anda. Tapi biarpun sulit dideteksi, berikut beberapa cara untuk membedakan keduanya:

1. Bentuk atau tampilan kerusakan yang ada

Salah satu cara untuk membedakan kerusakan yang disebabkan oleh saluran air dan kerusakan yang disebabkan oleh rayap adalah dengan melihat bagaimana kerusakan yang terjadi. Kerusakan karena saluran air sering menghancurkan kayu menjadi potongan berbentuk kubus karena membusuk. Saat air hadir di dekat kayu, kayu menyerap air dan kelembaban sebanyak mungkin. Begitu kayu menyerap lebih banyak air daripada yang bisa dibawa, jamur pembusuk kayu mulai tumbuh karena kandungan air yang berlebihan dan menyebabkan apa yang sering disebut "cubical rot" atau bongkahan kayu berbentuk persegi yang rusak akibat jamur juga dapat memecah selulosa di dinding sel kayu.

Ini tentu berbeda dengan kerusakan yang disebabkan oleh rayap, karena kebanyakan rayap makan di sepanjang kayu. Rayap sering makan di sepanjang butiran kayu lunak yang dikenal sebagai "springwood" sambil meninggalkan biji-bijian yang lebih keras yang dikenal sebagai "summerwod”. Mereka juga akan membuat terowongan – yang juga sering disebut "galeri" di sepanjang kayu yang rusak daripada memecahkannya menjadi potongan seperti kerusakan air. Jika Anda melihat ruang terowongan berongga yang mengalir di sepanjang butiran kayu, kemungkinan besar karena serangan rayap.

2. Munculnya tabung lumpur

Spesies rayap paling sering ditemukan di Indonesia adalah jenis rayap Coptotermes. Spesies ini adalah jenis rayap tanah yang memubuhkan kelembaban yang tinggi untuk bertahan hidup dan umumnya akan tinggal dibawah tanah.

Karena kebutuhannya yang tinggi akan kelembeban, biasanya jenis rayap ini berjalan melalui terowongan atau tabung lumpur yang mereka gunakan sebagai jalur untuk membawa makanan dari permukaan kembali ke koloni meraka. Apabila Anda menemukan keberadaan tabung lumpur didekat kayu yang rusak, kemungkinan bahwa kayu tersebut rusak karena rayap jauh lebih lebih tinggi dibandingkan rusak dikarenakan masalah saluran air.

3. Adanya genangan air

Genangan air di dekat daerah yang rusak merupakan salah satu tanda jelas bahwa Anda memiliki masalah kerusakan saluran air. Karena kebanyakan kerusakan saluran air di dalam rumah berasal dari pipa bocor atau drainase yang tersumbat, kebocoran yang sering terjadi (secara konsisten) akan menyebabkan air menyapu daerah yang rusak. Jika Anda melihat area di sekitar rumah Anda yang telah rusak dan terdapat genangan air di dekatnya, kemungkinan besar kerusakan ini karena saluran air.

Tapi kayu yang secara teratur terendam air memiliki kandungan air dan kelembaban yang tinggi, dan hal ini bisa sangat menarik rayap mencari makanan. Anda harus menyingkirkan kebocoran terlebih dahulu sebelum Anda bisa mengatasi rayap yang mungkin telah menetap di kayu yang rusak.

Sementara kerusakan yang ditimbulkan karena masalah saluran air dapat merusak rumah kapan saja, namun infestasi hama rayap terbukti lebih merusak saat tidak ditangani dengan tepat dan segera. Maka dari itu akan sangat menguntungkan bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara kerusakan yang ditimbulkan oleh saluran air dan kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap.

Segera menghubungi jasa pengendali hama profesional untuk membantu Anda membedakan risiko, mengidentifikasi gejala awal dan melakukan tindakan yang tepat sejak awal sebelum masalah rayap semakin meningkat. Ingat! Pencegahan selalu lebih baik dari penyembuhan. Pelajari tips sederhana cara mencegah rayap berikut ini sebelum mereka merusak rumah Anda!

Dapatkan SURVEY GRATIS di tempat Anda hari ini!