banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Asal Usul Rayap: Rayap Hidup Dimana?

Rayap adalah hama yang ganas! Hama satu ini akan menyerang rumah secara diam-diam tanpa pernah Anda ketahui dengan cara memakan setiap bahan material kayu pada rumah Anda seperti pondasi rumah. Tidak hanya berpotensi membahayakan keselamatan keluarga Anda, kerusakan yang ditimbulkan oleh hama rayap juga akan memakan biaya perbaikan yang besar seperti biaya renovasi rumah hingga mereknonstruksi lemari dapur yang telah rusak termakan oleh rayap.

Namun Anda perlu tahu bahwa, mencegah rayap menyerang rumah Anda bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan mengetahui mengenai kebiasaan hama rayap, termasuk dari mana mereka berasal dan jenis lingkungan yang seperti apa yang dapat menunjang mereka untuk bertahan hidup – akan memudahkan Anda untuk memikirkan cara yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari serangan rayap.

Ada dua faktor utama yang meningkatkan kemungkinan bahwa terdapat hama rayap di rumah Anda: tingkat kelembaban dan  ketersediaan kayu. Anda dapat memeriksa beberapa bagian rumah Anda seperti lemari, pintu kamar mandi, dan lemari kamar tidur untuk mengetahui tanda-tanda awal infestasi rayap.

Ada tiga kelompok rayap utama. Tapi umumnya mereka diklasifikasikan menjadi 2 jenis rayap: rayap bawah tanah dan rayap kayu kering. Mari kita lihat lebih dekat setiap spesies atau jenis rayap – dimana mereka berada? Bagaimana cara mereka untuk bertahan hidup? Dan bagaimana mereka menyerang rumah Anda?

Rayap tanah (Subterranean termites)

Rayap tanah merukan jenis rayap yang paling umum di Indonesia. Hama rayap jenis ini juga dikenal merusak banyak bangunan gedung dan rumah di negara ini!

Dimana mereka hidup? Sama seperti namanya, jenis rayap satu ini hidup di dalam tanah dimana mereka dapat menemukan kelembaban.

Bagaimana cara mereka untuk bertahan hidup? Mereka membutuhkan banyak kelembaban untuk hidup, itulah mengapa mereka membuat koloni di bawah tanah. Jenis rayap ini juga ‘rajin’ menjaga kamar raja dan ratu mereka agar tetap lembab dan pada suhu yang sesuai sehingga mereka dapat meletakkan lebih banyak telur untuk menumbuhkan koloni. Suhu yang disukai koloni rayap jenis ini berkisar 25 hingga 35 derajat Celcius.

Bagaimana mereka menyerang rumah Anda? Ketika koloni bertambah jumlahnya, rayap pekerja mulai memperluas koloni bawah tanah mereka. Sering kali mereka mendirikan tempat bertelur terpisah karena area pencarian makan mereka meluas – ini juga termasuk untuk mengumpulkan lebih banyak makanan untuk koloni mereka yang terus bertambah. Ini adalah saat rayap mulai menyebar di atas tanah dan masuk ke rumah Anda. Rayap ini tidak mencari makan di tempat terbuka saat mereka melakukan perjalanan di atas tanah. Sebaliknya, mereka membangun terowongan lumpur menggunakan kotoran, air liur, dan kotoran mereka - untuk mengunci kelembaban di terowongan sehingga mereka dapat bertahan hidup.

Sebagian besar waktu mereka menyerang bagian bangunan yang  memiliki tingkat kelembaban tinggi, seperti pada area basement atau fondasi basah. Mengurangi kelembaban di rumah Anda, tentu merupakan salah satu cara penanangan yang tepat untuk dapat mengusir rayap. Pastikan bahwa rumah Anda tidak terdapat pipa air yang bocor dan memastikan bahwa rumah Anda memiliki ventilasi yang baik di area yang lembab seperti kamar mandi atau dapur. Pastikan juga Anda tidak meninggalkan area basah untuk dibiarkan mengering dengan sendirinya, seperti membersihkan dan mengeringkan karpet dengan segera jika Anda menumpahkan cairan ke atasnya.

Rayap kayu kering (Drywood termites)

Perbedaan paling mencolok antara rayap kayu dan rayap kayu kering adalah rayap kayu kering mampu menghasilkan kelembaban sendiri yang mereka butuhkan dengan cara memetabolisme kayu yang mereka makan.

Dimana mereka hidup? Rayap kayu kering tidak membutuhkan kelembaban sebanyak rayap tanah. Mereka dapat hidup dengan baik di kayu berongga atau kayu struktural seperti yang digunakan untuk konstruksi rumah.

Bagaimana cara mereka untuk bertahan hidup?  Jenis rayap satu ini hidup dan menumbuhkan koloni mereka di dalam struktur kayu dan sangat jarang bergerak untuk mencari makanan. Struktur kayu yang mereka tinggali berfungsi sebagai tempat berlindung dan sumber makanan mereka. Pertumbuhan dan populasi koloni rayap kayu kering juga sangat bergantung pada ukuran struktur kayu tempat mereka tinggal.

Meskipun demikian, rayap kayu kering juga menikmati kayu basah yang disebabkan oleh pipa bocor atau curah hujan dan tertarik menuju pada daerah-daerah seperti ini. Tingkat kelembaban yang tinggi dapat menumbuhkan koloni rayap yang sangat cepat, menyebabkan koloni rayap kayu kering lebih matang dan cepat dalam menyebabkan kerusakan besar pada rumah Anda.

Bagaimana mereka menyerang rumah Anda? Salah satu cara untuk mendeteksi keberadaan rayap kayu kering di rumah Anda adalah dengan mencari kotoran rayap atau frass di lantai. Mereka membuat lubang kecil di mana mereka dapat menendang kotoran mereka untuk menjaga terowongan tetap bersih dan mudah diakses. Kotoran ini seperti pelet kecil dan sering memiliki warna yang berbeda tergantung pada jenis kayu yang dimakan rayap. Kotoran rayap berupaka gundukan besar frass adalah tanda-tanda yang jelas dari hama rayap kayu kering yang dapat ditemukan di tempat yang paling terlihat di rumah Anda seperti kusen pintu Anda, lemari dapur dan lemari pakaian Anda.

Pada tahap awal, serangan rayap memang akan sangat sulit untuk Anda deteksi – karena tidak terlihat dengan mudah oleh mata Anda. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan pada rumah Anda, untuk mencegah hama rayap menyebar luas di rumah Anda. Pendeteksian dini pada hama rayap akan menyelamatkan rumah Anda dari biaya perbaikan yang besar.

Hubungi Rentokil Pest Control untuk mendapatkan solusi pengendalian hama rayap hari ini juga! 

Kami akan melakukan pengaturan jadwal kunjungan survey hama rayap yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapatkan SURVEY GRATIS di tempat Anda hari ini!