banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Bagaimana Cara Melindungi Mebel Anda dari Rayap?

Rayap adalah hama rumah yang sangat merepotkan. Rayap secara diam-diam menyerang rumah Anda, bermukim dan bergerak dari dalam tanah dan menggerogoti mebel kayu didalam rumah Anda selama 24 jam sehari. Pada kasus terburuk, beberapa jenis rayap dapat menyebabkan jamur tumbuh meskipun spesies jenis rayap coptotermes mengkonsumsi jamur dan gundukan, namun jalur lumpur dan sarangnya biasanya memiliki kelembaban tinggi yang menyebabkan potensi pertumbuhan gundukan.

Membiarkan tanda-tanda keberadaan rayap tanpa langkah-langkah proaktif dalam mencegahnya di dalam rumah, dapat menyebabkan kerusakan yang cukup besar – lebih dari hanya kerusakan pada mebel Anda, kerusakan struktural bangunan dapat selalu mengancam kesehatan dan keselamatan Anda dan keluarga di rumah. Maka dari itu, sebelum masalah rayap semakin mengancam, Anda perlu mengatahui perlindungan rayap terbaik dari beberapa langkah-langkah sederhana yang dapat membantu mebel kayu di dalam rumah Anda terbebas dari serangan rayap:

1. Menggunakan pemoles kayu yang tepat

Selain agar terlihat selalu bagus dan baru, pemoles kayu dimaksudkan agar furnitur selalu terlihat dalam kondisi yang prima. Cat pemoles kayu memberikan mantel ekstra pada permukaan kayu, sehingga meningkatkan ketahanan terhadap kelembaban dan zat lingkungan lainnya seperti air. Ada juga beberapa pemoles kayu yang mungkin mengandung zat penolak rayap, serta memberikan manfaat tambahan untuk melindungi furnitur dari rayap sampai batas tertentu.

2. Jauhkan mebel kayu Anda dari kelembaban

Hama rayap sangat tertarik dengan kelembaban. Ketika furnitur memiliki kelembaban, bukan tidak mungkin bahwa koloni rayap akan berduyun-duyun dan menetap di sana jika ada sumber makanan yang substansial. Kelembaban juga merupakan tempat berkembang biak potensial untuk gundukan, yang umumnya berbahaya bagi kesehatan manusia. Kurangi kelembaban dengan menggunakan cat kayu dan gunakan kain microfiber untuk membersihkan permukaan mebel. Perhatikan setiap kebocoran di dalam rumah, karena ini mungkin dapat menyebabkan mebel di dalam rumah menjadi basah.

3. Menjemur mebel dibawah terik matahari

Apabila mebel kayu basah, letakkan mebel tersebut di bawah sinar matahari merupakan trik sederhana yang mudah dan ampuh untuk dikerjakan. Tak hanya sinar matahari yang mengeringkan perabotannya secara menyeluruh, rayap tidak tahan terhadap panas yang ekstrem dan mungkin saja membunuh mereka jika berada di dalam kayu mebel.

4. Fumigasi

Fumigasi juga merupakan pilihan lain jika mebel Anda telah terkena serangan rayap. Perusahaan pengendalian hama profesional sering menggunakan teknik fumigasi lanjut untuk menghentikan dan menghilangkan penyebaran infestasi hama rayap tanpa menyebabkan kerusakan pada mebel yang terinfeksi rayap.

Perusahaan pengendalian hama akan menggunakan perawatan gas yang tidak menyebabkan reaksi kimia dengan benda-benda untuk menghindari kerusakan pada benda yang terinfeksi termasuk barang-barang sensitif, berharga atau bernilai tinggi seperti perabotan antik dan artefak.

5. Menggunakan umpan rayap

Di Indonesia, jenis rayap yang paling umum ditemukan adalah coptotermes atau jenis rayap tanah. Spesies rayap tanah membangun sarang di dalam tanah karena mereka membutuhkan cukup banyak kelembaban untuk bertahan hidup. Jenis rayap tanah ini membuat tabung lumpur untuk bekerja di atas tanah untuk memudahkan koloni rayap mencari makanan dengan membuat jalan ke bangunan seperti rumah. Pengendalian rayap tanah dengan motode umpan merupakan solusi efektif yang dapat digunakan untuk membasmi rayap ini.

Menyelesaikan masalah rayap sendiri dirumah, bukanlah suatu hal yang mudah dan dapat Anda kerjakan tanpa pengetahuan yang cukup – ini karena solusi yang Anda pilih dan hasil yang Anda terima tidak dapat bertahan lama dan seefektif dengan apa yang dapat perusahaan pengendalian hama profesional seperti Rentokil Indonesia dapat lakukan dalam mengatasi masalah rayap di rumah Anda.

Mulailah melindungi rumah atau perabotan Anda dengan melakukan beberapa langkah awal seperti, pemeriksaan menyeluruh oleh tim ahli kami sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana membasmi rayap secara efektif di rumah Anda!

Hubungi Kami ke 0 8001 333 777 untuk Survey Gratis

Rekomendasi untuk Anda