banner tentang rentokil

Tips Sederhana Untuk Masalah Hama Anda

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Waspada Gigitan Kutu Busuk Ditempat-tempat Ini!

Kutu busuk adalah salah satu jenis hama umum yang dapat secara diam-diam masuk ke dalam rumah, menyebar dan berkembang biak dengan cepat, serta menjadi masalah akut yang menjadi momok bagi setiap pemilik rumah. Anda jangan salah! Walaupun kutu busuk relatif berukuran kecil dan mungil, namun mereka dapat menghisap darah manusia atau hewan peliharaan dan lebih gawatnya lagi, mereka dapat berkembang biak dengan cepat tanpa ada penanganan yang tepat untuk menangani masalah kutu busuk tersebut.

Karena bentuknya yang kecil (ukuran kutu busuk dewasa umumnya 4 – 5 mm), bukan tidak mungkin akan sangat sulit untuk menemukan keberadaan kutu busuk dengan kasat mata. Hal inilah yang membuat banyak pemilik rumah tidak sadar dari invasi kutu busuk yang menyerang secara diam-diam, kecuali apabila Anda dapat menemukan wujud kutu busuk secara nyata.

Ketika banyak orang yang percaya bahwa kutu busuk atau kutu kasur hanya akan ditemukan di sekitar area kasur, ternyata masih banyak tempat-tempat lain di sekitar dan di luar rumah yang menjadi tempat favorit kutu busuk untuk hinggap dan berkembang biak. Berikut adalah tempat-tempat rawan gigitan kutu busuk yang perlu Anda ketahui:

Kamar hotel

Kutu busuk merupakan teman perjalanan rahasia setiap traveler karena kemampuan mereka untuk hinggap di berbagai permukaan yang berbahan dasar kain. Karena ukurannya yang kecil dan kebiasaan mereka untuk hinggap dari satu tempat ke tempat lain, kutu busuk dapat bersembunyi dengan mudah tanpa mendapat perhatian sedikit pun dari Anda.

Kutu busuk biasa menempel di sofa, tirai jendela dan juga karpet di kamar hotel. Dari sinilah, mereka merangkak perlahan ke koper atau tas yang Anda bawa, dan akan terus menempel dan mengikuti Anda sampai rumah.

Tempat lain yang menjadi spot kesukaan kutu busuk adalah pada headboard kasur dimana kasur merupakan tempat Anda untuk tidur dan beristirahat di kamar hotel. Hal ini terjadi karena hawa panas yang dihasilkan ketika kita tidur, menarik kutu busuk di malam hari untuk mencari makan. Ini alasan mengapa kutu busuk memilih untuk bersembunyi di balik headboard kasur dan gigitan kutu busuk umum terjadi ketika Anda tertidur lelap di malam hari.

Studio bioskop

Suasana lingkungan yang dingin dan gelap di dalam studio bioskop juga merupakan tempat rawan dari gigitan kutu busuk. Kutu busuk memiliki tingkat toleransi yang tinggi terhadap suhu yang dingin. Mereka dapat bertahan hidup hingga 3 bulan tanpa sumber makanan di dalam ruangan dengan suhu normal. Namun di dalam ruangan bersuhu dingin seperti studio bioskop, mereka justru akan dapat bertahan jauh lebih lama!

Karena tubuh manusia menghasilkan hawa panas di lingkungan yang dingin, kutu busuk sangat tertarik pada hawa panas dan karbon dioksida yang dihembuskan manusia di dalam bioskop. Terlebih, hal ini sangat menarik kutu busuk untuk terus menempel pada tubuh manusia dan terus mengikuti hingga Anda pulang ke rumah.

Celah dan retakan

Celah dan retakan juga menjadi tempat yang sering dijadikan kutu busuk untuk bersembunyi. Retakan pada tembok atau celah pada rangka kasur cukup membuat kutu busuk membangun sarangnya dengan cepat. Telur, kulit dan kotoran kutu busuk umumnya akan sangat mudah di temukan di tempat-tempat seperti ini.

Sebagian besar waktu, kutu busuk akan bersembunyi di tempat di mana mereka dapat menemukan sumber makanannya – yaitu darah. Namun apabila Anda tinggal di apartemen, kutu busuk dapat bersembunyi dan menyebar ke beberapa unit apartemen yang lain seperti retakan pada tembok.

Lebih dari sekedar kutu busuk, celah dan retakan merupakan titik yang selalu dimanfaatkan oleh hama umum lain memasuki rumah Anda. Kecoa, semut dan juga tikus umumnya memanfaatkan celah dan retakan untuk menyerang rumah Anda. Akan sangat disarankan apabila Anda menutup setiap retakan dan celah yang ada, guna menghambat kemungkinan hama rumah tangga yang lainnya masuk ke dalam rumah Anda! 

Transportasi publik

Sementara bus atau kereta yang padat atau tidak memberikan rasa nyaman untuk semua orang, kutu busuk sangat menikmati lingkungan padat seperti ini! Kutu busuk tidak memiliki sayap, jadi mereka bergantung pada manusia untuk mengangkut mereka dari satu tempat ke tempat lain - mereka juga sangat tertarik dengan karbon dioksida dan panas tubuh dari penumpang.

Dengan interaksi yang tinggi antar manusia di dalam transportasi publik, kutu busuk dapat menyebar dan menginfeksi sejumlah orang setiap harinya. Transportasi publik yang penuh dapat mempengaruhi ribuan penumpang harian dan menyebarkan kutu busuk ke berbagai tempat-tempat yang lain, seperti kantor, rumah, dan bahkan restoran.

Pesawat terbang

Bukan hal yang asing apabila Anda mendengar tingginya kasus gigitan kutu busuk yang terjadi di dalam sebuah pesawat terbang komersial. Kutu busuk dapat berkembang biak dan menyebar di dalam pesawat terbang sama dengan kasus yang terjadi di tempat-tempat lain; karena terdapat interaksi dan aktivitas yang tinggi dari manusia di dalamnya.

Karena banyak elemen pada pesawat terbang yang terbuat atau berbahan dasar dari kain (kursi, karpet, selimut dan lainnya), kutu busuk memiliki tempat yang cocok untuk bersembunyi sebelum hinggap dan mengonsumsi darah manusia. Sama seperti kasus di studio bioskop, pesawat terbang juga menghadirkan lingkungan yang dingin selama penerbangan, sehingga kutu busuk sangat tertarik dengan hawa panas dan karbon dioksida yang di hasilkan oleh tubuh manusia.

Kutu busuk mungkin tidak secara struktural mengganggu manusia seperti rayap atau membawa wabah berbahaya seperti nyamuk dengan virus DBD dan Zika. Namun keberadaan kutu busuk tetap membutuhkan bantuan jasa pengendalian hama untuk menyelesaikannya. Kutu busuk memiliki caranya sendiri untuk mengganggu kehidupan manusia. Cari tahu beberapa risiko kesehatan yang disebabkan oleh kutu busuk di sini

Meskipun banyak cara sederhana yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah untuk mengusir kutu busuk, namun pilihan yang terbaik untuk mencegah kutu busuk kembali datang ke rumah Anda adalah dengan mempercayakan bantuan dari jasa pengendali hama profesional yang terpercaya untuk menyelesaikan masalah kutu busuk Anda secara menyeluruh.

Dapatkan SURVEY GRATIS di tempat Anda hari ini!