Kecoa-memakan-gula

Kecoa

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apa kecoa bisa terbang?

Jawaban untuk pertanyaan diatas ini adalah: ya. Sebagian besar spesies kecoa di Indonesia memiliki sayap dan banyak dari mereka yang bisa terbang. Namun, sebagian besar spesies kecoa akan lebih tertarik untuk merayap ketika mencari makan daripada terbang.

Kenapa kecoa jarang terbang?

Kecoa adalah
serangga yang sesungguhnya tidak dapat terbang, melainkan "fall with style" atau "jatuh dengan gaya". Sayap yang kecoa miliki hanya memungkinkan mereka untuk meluncur dan mengepak untuk jarak pendek. Oleh karenanya, kecoa akan jauh lebih cepat berkeliaran dengan merayap di berbagai tempat daripada mencoba untuk terbang.

Apakah kecoa mempunyai sayap?

apa kecoa bisa terbang

Ya, kecoa punya sayap. Mereka memiliki satu set sayap yang melekat pada segmen kedua dan ketiga dari thorax. Sepasang sayap pertama diadaptasi untuk melindungi tubuh kecoa dan menutupi sayap saat mereka tidak terbang, sementara sayap belakang digunakan untuk terbang.

Spesies kecoa terbang

Ada sekitar 3.000 spesies atau jenis kecoa berbeda di dunia, tetapi apa semua kecoa bisa terbang? Berikut adalah beberapa spesies kecoa yang bisa terbang, termasuk:

Kecoa blatta orientalis atau kecoa oriental

Kecoa oriental berwarna coklat tua atau hitam dan umumnya memiliki panjang 20 -25mm. Sayap tidak berkembang di betina dan menutupi panjang perut pada jantan.

Kecoa Amerika

Kecoa Amerika merupakan salah satu spesies kecoa di Indonesia yang paling umum ditemui di perumahan. Panjangnya antara 25 - 40mm dan berwarna coklat kemerahan mengkilat.

Kecoa Australia

Kecoa Australia adalah spesies kecoa paling umum yang ditemukan di daerah tropis. Panjang kecoa Australia dewasa adalah 23-35 mm. Tampak mirip dengan kecoa Amerika tetapi sedikit lebih kecil dan berwarna coklat dengan garis berwarna kuning pucat pada sisi sayap depannya.

Kecoa berasap coklat atau smoky brown cockroach

Habitat spesies kecoa jenis ini adalah memasuki rumah dan mencemari makanan dengan kotoran, cairan liur yang dimuntahkan dan bakteri yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Memiliki panjang sekitar 3 - 35mm dan berwarna coklat tua mengkilat.

Bermasalah dengan kecoa terbang? Hubungi Rentokil sekarang

Bagaimana cara kecoa terbang?

Kecoa hanya menggunakan salah satu dari dua pasang sayapnya untuk terbang. Sepasang sayap depan dengan tekstur tebal berfungsi sebagai pelindung bagi tubuhnya.
 
Ketika kecoa bersiap untuk terbang, mereka akan mengangkat sayap depan mereka untuk mengekspos sepasang sayap yang berada pada bagian belakang tubuhnya. Saat dalam penerbangan, kecoa akan menjaga sayap depan untuk tetap terangkat dan bergerak di udara menggunakan sepasang sayap belakang.

Kenapa kecoa terbang?

Secara umum, sebagian besar spesies kecoa lebih suka marayap di tanah untuk mencari makanan. Namun, penyebab ada kecoa yang terbang adalah bagian dari proteksi diri yang akan dilakukan ketika mereka sedang merasa terancam.
 
Selain itu, jika mereka menemukan diri mereka berada di tempat yang tinggi, kecoa akan menggunakan sayap mereka sebagai peluncur untuk turun ke tempat yang lebih rendah.

Bagaimana cara mengusir kecoa terbang?

Terlepas dari apakah jenis kecoa yang Anda temukan di rumah dapat terbang ataupun tidak, kecoa adalah hama.
 
Pada akhirnya, cara mengusir kecoa terbang yang paling efektif adalah dengan bantuan dari jasa pembasmi kecoa profesional. Spesialis kami yang berpengalaman akan memberikan layanan profesional di tempat Anda untuk memastikan masalah kecoa ditangani dengan cara yang tepat secara menyeluruh.

Bermasalah dengan kecoa terbang? Hubungi Rentokil sekarang