Kecoa-di-buah

Kecoa

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Siklus hidup kecoa

Sama seperti serangga pada umumnya, siklus hidup kecoa akan melewati beberapa instar (perkembangan) atau tahap kehidupan. Dalam setiap kasus, kecoa terlihat sedikit berbeda dan prosesnya perkembangbiakannya berjalan sangat singkat.

Dengan memahami dengan baik siklus hidup kecoa, Anda dapat sesegera mungkin mencegah kecoa untuk menyebar dan berkembang biak, serta meminimalkan masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh serangga menjijikan satu ini.

Di halaman ini Anda dapat memahami:

  • Proses metamorfosis kecoa
  • Berapa lama kecoak berkembang biak
  • Berapa lama kecoa bertahan hidup

Proses metamorfosis kecoa

siklus hidup kecoa

Kecoa berkembang biak dengan proses metamorfosis tidak sempurna. Namun demikian, semua jenis kecoa berkembang dengan menyelesaikan siklus hidup yang terdiri dari tiga tahap berbeda, yaitu:

  • Telur (ootheca)
  • Nimfa
  • Kecoa dewasa

Telur (ootheca)

Kecoa betina menghasilkan telur mereka dalam bentuk kapsul yang dikenal dengan sebutan ootheca. Setiap spesies kecoa memiliki bentuk ootheca yang berbeda dan seringkali digunakan dalam melakukan identifikasi jenis spesies kecoa tertentu. Jumlah telur bervariasi tergantung pada spesies kecoa.

Nimfa

Setelah perkembangan di dalam telur selesai, nimfa akan berusaha untuk keluar dari ootheca.

Kecoa muda akan melewati beberapa tahap, salah satunya adalah dengan berganti kulit (moulting) dan tumbuh lebih besar hingga mereka mulai terlihat seperti kecoa dewasa.

Namun demikian, nimfa atau kecoa muda tidak matang secara seksual dan belum memiliki sayap yang sepenuhnya terbentuk. Jika terdapat sayap pada spesies tertentu, nimfa kecoa tersebut masih akan tetap mengembangkan bantalan sayap pada tahap kehidupan selanjutnya.

Proses ganti kulit pada nimfa kecoa

Nimfa kecoa akan berganti kulit selama beberapa kali, dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai tahap dewasa akan bervariasi. Kecoa muda yang baru saja berganti kulit akan muncul dengan warna kulit yang keputihan, namun akan segera menjadi lebih gelap dalam beberapa jam.

Karena warnanya yang putih ketika berganti kulit, banyak orang yang seringkali mengira mereka sebagai jenis kecoa albino.

Kecoa dewasa

Setelah kecoa mencapai tahap atau usia dewasa, mereka akan memiliki sayap dan antena yang sepenuhnya berkembang. Kecoa dewasa juga di tandai dengan kesiapan mereka untuk berkembang biak atau bereproduksi.

Berapa lama kecoa berkembang biak?

Umumnya semua jenis kecoa akan menyelesaikan tiga tahap kehidupan. Namun berapa lama kecoa berkembang biak akan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, ini termasuk:

  • Suhu dan kelembaban yang relatif tinggi akan mempersingkat waktu pengembangan.
  • Kuantitas dan kualitas sumber makanan dan air yang tersedia di lingkungan tempat mereka tinggal.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk kecoa tumbuh dari telur hingga dewasa akan bervariasi antara setiap spesies kecoa - mulai dari sebulan hingga 2 tahun.

Berapa lama kecoa Jerman berkembang biak?

siklus hidup kecoa jerman

Pada suhu ruangan, kecoa Jerman berkembang biak dari telur menjadi dewasa dalam 40-125 hari.

Berapa lama kecoa Amerika berkembang biak?

siklus hidup kecoa amerika

Pada suhu ruangan, kecoa Amerika berkembang biak dari telur menjadi dewasa dalam 400-600 hari.

Berapa lama kecoa Australia berkembang biak?

siklus hidup kecoa australia

Pada suhu ruangan, kecoa Australia berkembang biak dari telur menjadi dewasa dalam 150 hari.

Berapa lama kecoa bertahan hidup?

Di tempat yang hangat dan lembab dengan akses makanan dan kelembaban yang cukup, rata-rata kecoa akan bertahan hidup hingga satu tahun. Namun ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi berapa lama kecoa dapat bertahan hidup, antara lain:

  • Pembiakan (breed) - setiap spesies kecoa memiliki rentang hidup yang berbeda-beda.
  • Diet - apa yang dikonsumsi oleh kecoa dapat menentukan umur rata-rata kecoa.
  • Lingkungan - kecoa membutuhkan lingkungan yang baik dengan suhu yang sesuai untuk dapat bereproduksi. Ini juga termasuk ketersediaan air dan makanan yang cukup.

Cara terbaik memberantas kecoa

Jika Anda merasa memiliki banyak kecoa di rumah, hubungi Rentokil di 0-8001-333-777 atau isi online form kami sekarang.

Rentokil mampu membantu untuk mengidentifikasi penyebab rumah banyak kecoa dengan memberikan solusi terbaik dalam memberantas mereka.