Lalat

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Cara menghilangkan lalat buah

Lalat buah berukuran kecil, tetapi merupakan masalah hama yang besar bagi semua orang.

Lalat buah adalah salah satu spesies lalat yang menjadi gangguan sepanjang tahun bagi banyak pemilik rumah dan bisnis makanan di Indonesia.

Makanan lalat buah sebagian besar berasal dari buah atau sayuran yang terlalu matang atau busuk. Meskipun demikian lalat buah kecil ini juga diketahui juga tertarik memakan residu yang tersisa pada bahan atau material lembab di tempat-tempat seperti saluran air, tong sampah, spons piring, dan kain pel basah.

Mengatasi lalat di rumah sendiri bisa sangat sulit tanpa bantuan pembasmi lalat profesional. Selain karena mereka dapat berkembang biak dengan sangat cepat, kebanyakan orang cenderung mengatasi lalat buah dengan cara mencoba membunuhnya langsung.

Padahal cara membasmi lalat buah yang paling efektif adalah dengan cara menghilangkan tempat berkembang biak dan sumber daya tarik lalat buah yang ada di rumah Anda.

Hubungi Rentokil secara online atau isi form di bawah ini untuk solusi yang tepat dalam menjauhkan lalat buah kecil dari properti Anda.

Hubungi kami

Apa itu lalat buah?

gambar hama lalat buah

Lalat buah atau dengan nama latin Drosophila melanogaster adalah jenis lalat dari famili Drosophilidae yang dapat dengan mudah dikenali melalui karakteristik dan bentuk tubuhnya. Dengan mengetahui bentuk spesies lalat satu ini, Anda dapat menjadi lebih yakin bahwa masalah lalat yang sedang Anda hadapi adalah berasal dari jenis lalat buah.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk membedakan lalat buah dari spesies lalat rumah lainnya:

  • Lalat buah adalah jenis lalat kecil dimana lalat dewasa hanya akan memiliki panjang tubuh 3 - 4 mm
  • Memiliki mata berwarna merah terang atau merah tua
  • Tubuh lalat buah berwarna kuning atau kecoklatan
  • Bagian dada lalat buah berwarna coklat dengan perut bagian atas berwarna hitam dan bagian bawah berwarna abu-abu

Bagaimana cara mengetahui apakah saya memiliki masalah lalat buah?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda sedang dalam bahaya lalat buah adalah dengan mengidentifikasi beberapa tanda-tanda awal keberadaan lalat buah dan asal mereka di rumah Anda.

Tanda-tanda keberadaan lalat buah

Ada tiga tanda utama yang harus diperhatikan untuk memastikan apakah Anda sedang berurusan dengan lalat buah kecil, yaitu:

  1. Lalat buah hidup
  2. Larva lalat buah
  3. Kotoran lalat buah

Lalat buah hidup

Lalat buah merupakan salah satu hama yang banyak dijumpai di negara beriklim tropis dan subtropis seperti Indonesia. Tanda paling jelas dari serangan lalat buah adalah kehadiran lalat buah dewasa yang beterbangan di sekitar properti Anda. Mereka sangat aktif di siang hari dan dapat hidup di dalam ruangan sepanjang tahun dengan kondisi yang sesuai.

Lalat buah biasanya terlihat berkerumun di dekat tempat-tempat seperti tong sampah atau saluran pembuangan air. Mereka juga umumnya melayang-layang di dekat makanan kesukaan lalat buah seperti buah-buahan atau sayuran yang masih segar, membusuk atau terlalu matang.

Larva lalat buah

Semua siklus hidup lalat, tanpa terkecuali lalat buah akan melewati 3 tahap kehidupan yang berbeda sebelum menjadi lalat dewasa, yaitu telur, larva dan pupa.

Larva lalat buah atau yang juga dikenal dengan sebutan belatung berwarna putih, dengan bentuk kepala yang pipih dan runcing. Hanya membutuhkan waktu sekitar 24 jam dari tahap telur untuk berubah menjadi larva.

Larva atau belatung lalat buah berada di dekat tempat di mana lalat buah betina meletakan telurnya, misalnya di atas permukaan buah dan sayuran yang matang atau bahan organik busuk lainnya.

Kotoran lalat buah

Tanda lain dari keberadaan lalat buah kecil adalah munculnya feses atau kotoran lalat buah yang mengandung unsur feromon yang mereka gunakan untuk memberi tahu lalat lain tentang sumber makanan yang baru ditemukan.

Kotoran lalat buah berwarna hitam dan berukuran sangat kecil, dan seringkali disalah artikan sebagai kotoran kecoa.

Dari mana asal lalat buah?

Sesuai dengan namanya, lalat buah umumnya menempati suatu properti melalui kebiasaan perkembangbiakannya pada buah yang busuk atau terlalu matang. Meskipun disebut lalat buah, mereka juga tertarik pada hal-hal jenis makanan lainnya di properti Anda.

Lalat buah diketahui juga tertarik pada sisa makanan yang berada di saringan wastafel dapur atau produk fermentasi seperti cuka atau bir.

Keberadaan lalat buah juga tidak selalu berarti Anda memiliki rumah yang kotor, karena sebenarnya mereka juga bisa terbawa ke rumah melalui bahan makanan yang terbawa dari supermarket atau pasar.

Selain itu, tentu bukan hal yang sulit bagi lalat buah untuk menyelinap ke dalam rumah Anda melalui celah di jendela atau pintu dengan memanfaatkan tubuhnya yang kecil tersebut.

Cara menghilangkan lalat buah di dapur

Dapur Anda merupakan salah satu tempat di rumah yang paling rentan dari bahaya lalat buah. Hal ini disebabkan karena banyaknya sumber makanan yang dapat lalat buah temukan di dapur. Oleh karenanya, satu-satunya cara menghilangkan lalat kecil di dapur ini adalah dengan menjaga kebiasaan sanitasi yang baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah cara menghilangkan lalat buah di dapur:

  • Jangan biarkan buah atau sayuran matang seperti pisang, anggur, dan tomat terbuka di atas meja dapur
  • Segera makan buah yang sudah matang, dan jika akan dikonsumsi di lain waktu - simpan buah tersebut di lemari es
  • Simpan makanan Anda ke dalam wadah tertutup
  • Jangan tinggalkan piring kotor di sekitar wastafel dapur
  • Bersihkan saringan wastafel dapur untuk menghilangkan sisa makanan yang seringkali tersangkut
  • Bersihkan tempat sampah Anda secara teratur, dan pastikan selalu tertutup sepanjang waktu

Cara menghilangkan lalat buah di kamar mandi

Mungkin Anda seringkali bertanya-tanya: mengapa banyak lalat buah di kamar mandi? Ini jawabannya.

Lalat buah sejatinya dapat ditemukan berkembang biak di mana saja di tempat yang lembab, dan terdapat bahan organik yang membusuk dapat ditemukan - termasuk di dalam saluran pembuangan air kamar mandi Anda.

Oleh karena itu, jika saluran pembuangan air tidak rutin dibersihkan dalam waktu yang cukup lama, maka jangan heran apabila akan ada banyak lalat buah berkembang biak di dalam saluran pembuangan air yang lembab.

Beberapa langkah pencegahan lalat buah di kamar mandi dan saluran pembuangan air, antara lain:

  • Secara rutin mengalirkan air ke dalam saluran pembuangan sekalipun kamar mandi tidak sedang digunakan
  • Membersihkan saluran pembuangan air dari bahan organik yang seringkali tersumbat dan membusuk secara rutin apabila kamar mandi Anda rutin dipakai
  • Menggunakan air panas atau produk DIY seperti pemutih untuk membersihkan sisa-sisa bahan organik yang membusuk di dalam saluran pembuangan air

Menghilangkan lalat buah dengan bantuan Rentokil

Meminta bantuan dari pembasmi lalat profesional adalah cara terbaik untuk secara efisien mencegah dan menghilangkan lalat buah kecil dalam jangka panjang.

Di Rentokil, kami dapat membantu Anda mengetahui dari mana asal lalat buah dan dimana lokasi sarang atau tempat  berkembang biak lalat buah di properti Anda.

Teknisi kami memiliki pengalaman dan keahlian selama lebih dari 50 tahun di Indonesia untuk memahami kebiasaan makan dan bersarang lalat buah untuk memberikan cara yang paling efektif dalam mencegah dan menghilangkan lalat buah di properti Anda.

Jangan buang waktu Anda, hubungi Rentokil untuk segera menjadwalkan pengendalian lalat buah di properti Anda hari ini!