Lalat-di-daun

Lalat

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Siklus hidup lalat

Siklus hidup lalat sangat mirip dengan kebanyakan serangga pada umumnya. Ada empat tahap berbeda dalam siklus hidup lalat, ini termasuk:

  • Telur
  • Larva atau belatung
  • Kepompong
  • Lalat dewasa

Bagaimana siklus hidup lalat?

siklus hidup lalat

Siklus hidup lalat dimulai dengan tahap telur. Telur lalat berukuran sangat kecil, sekecil butiran beras (1.2 mm), berwarna putih dan hanya butuh 1 hari untuk menetas ke tahap pertama atau tahap larva.

Dimana lalat meletakkan telurnya? Seekor lalat rumah betina umumnya bertelur di tempat dimana kelak telur yang menetas menjadi larva dapat langsung mencari makan. Biasanya lalat betina akan memilih bertelur di tempat yang sama dengan tempat hidup lalat pada umumnya - di bahan organik yang telah membusuk atau terurai, seperti kotoran ternak atau sampah.

Berapa lama lalat bertelur? Setiap lalat rumah betina dapat bertelur lebih dari 150 telur dalam satu periode atau batch. Rata-rata, lalat rumah betina dapat bertelur hingga 500 telur dalam 6 periode selama hidupnya, dan dalam suhu ideal, telur hanya membutuhkan 8-20 jam untuk menetas.

Setelah telur menetas, mereka keluar sebagai makhluk berwarna putih tanpa tanpa kaki yang disebut larva atau umum juga disebut sebagai belatung. Larva atau belatung adalah makhluk seperti cacing yang tidak akan merangkak dalam jarak yang jauh dari sumber makanan mereka dan menggunakan sebagian mulut mereka untuk mengaitkan sumber makanan.

Belatung berkembang biak dengan cepat dan kemudian melewati proses pergantian kulit. Proses pergantian kulit atau moulting adalah proses ketika serangga melepaskan eksoskeletonnya dan menumbuhkan kulit yang baru. Belatung melakukan proses ini dua kali lagi sebelum ganti kulit ketiga.

Setelah belatung memasuki tahap kepompong, mereka akan tampak lebih besar dan kulitnya berubah menjadi lebih gelap (berwarna kuning, merah, coklat hingga hitam) dan pada tahap ini mereka tidak lagi berbentuk silinder sama seperti ketika mereka berada di tahap larva. Selama tahap kepompong, lalat mulai mengembangkan sayap, kaki, dan beberapa bagian tubuh lalat dewasa lainnya hanya dalam waktu 3 - 5 hari. 

Ketika proses kepompong telah dilalui dan mereka sudah tumbuh menjadi lalat dewasa, mereka kemudian terbang dan mencari tempat untuk memberi makan dan, pada akhirnya, mencari tempat baru untuk bertelur dan memulai proses dari awal lagi.

Berapa lama lalat berkembang biak?

Di bawah kondisi optimal (suhu hangat pada 25 ° C atau lebih), proses siklus hidup lalat rumah dari tahap telur hingga lalat dewasa hanya membutuhkan 7 - 10 hari. Namun, dalam kondisi suboptimal, perkembangbiakan lalat mungkin membutuhkan hingga dua bulan untuk sepenuhnya tumbuh.

Sebagai hasil dari proses berkembangbiakan lalat yang cepat, mereka dapat menjadi gangguan nyata di sekitar rumah atau tempat bisnis Anda hanya dalam waktu singkat.

Apakah lalat termasuk metamorfosis sempurna?

Ya, lalat adalah salah satu jenis serangga terbang dari ordo Diptera (serangga dengan dua sayap) seperti nyamuk dan ngengat atau agas yang mengalami metamorfosis sempurna dengan melalui empat tahap kehidupan yang berbeda: telur, larva, pupa, dan dewasa (seperti yang dijelaskan di atas).

Berapa lama lalat hidup?

Umumnya, lalat dewasa mampu hidup dalam rentang waktu 15 - 30 hari, dan ini yang menjadi alasan mengapa lalat tidak dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Tanpa makanan, mereka bertahan hidup hanya sekitar dua hingga tiga hari. Namun, lalat dianggap sebagai serangga terbang yang sangat produktif meskipun umurnya cukup pendek.

Bagaimana cara Rentokil membasmi lalat?

Rentokil adalah pembasmi lalat profesional yang dapat membantu Anda membasmi lalat dan memastikan bahwa tidak akan ada lagi banyak lalat di rumah atau bisnis Anda, melalui:

  • Survey gratis di rumah atau bisnis Anda.
  • Mengeliminasi lalat dewasa dan semua situs yang menjadi potensi tempat pengembangbiakan lalat yang ada.
  • Melakukan identifikasi jenis lalat dengan tepat.
  • Menyediakan solusi pengendalian lalat yang efektif untuk rumah dan bisnis:
    • Rumah: pengendalian lalat dengan mengguanakan metode penyemprotan dan baiting.
    • Bisnis: pengendalian lalat dengan penggunaan perangkap lalat atau lampu pengusir lalat.
  • Memberikan saran ahli mengenai cara mencegah banyak lalat di rumah atau bisnis di masa depan.

Hubungi Rentokil hari ini untuk mendiskusikan cara membasmi lalat yang cepat dan efisien di properti Anda.


Langkah berikutnya

Temukan cabang terdekat kami