pertanda ada lebah di dalam rumah

Lebah dan tawon

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Tanda ada sarang lebah di rumah

Apabila Anda menemukan lebah masuk rumah atau terbang di sekitar area kebun atau halaman rumah, maka kemungkinan terdapat sarang lebah di dalam atau di dekat properti Anda.

Jika tidak langsung ditangani, bukan tidak mungkin apabila sarang lebah di rumah dapat membahayakan orang yang berada di dekatnya, terutama bagi orang yang memiliki alergi karena sengatan lebah.

Bukan hal yang mudah bagi Anda untuk mengusir lebah yang bersarang di rumah sendiri. Meskipun demikian, memahami dengan tepat tanda ada sarang lebah di rumah berdasarkan jenis lebah yang berbeda merupakan hal penting dalam mengatasi serangan lebah.

Cara membedakan sarang lebah berdasarkan jenis lebah

Ada beberapa jenis lebah di Indonesia yang paling sering ditemukan bersarang di dalam atau di sekitar properti Anda, termasuk:

  • Lebah kayu
  • Lebah madu
  • Lebah bumblebee

Berikut ini adalah bagaimana cara mengetahui perbedaan sarang lebah di rumah berdasarkan jenis lebah yang bersarang di dalamnya.

Sarang lebah kayu

Lebah kayu adalah jenis lebah soliter yang tidak hidup di dalam koloni dan jarang ditemukan menyengat manusia. Kebiasaan bersarang lebah kayu cukup berbeda jika dibandingkan dengan jenis lebah lainnya.

Mereka sering ditemukan berdengung ketika membangun sarang di sekitar bangunan atau papan yang belum dicat dengan cara melubangi kayu tersebut untuk meletakkan telurnya.

gambar sarang lebah kayu

Lebah kayu tidak memakan kayu sama halnya seperti rayap, namun mereka dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dengan mengebor lubang melingkar untuk membuat terowongan di dalam kayu.

Untuk mengidentifikasi serangan jenis lebah kayu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin pada struktur kayu bangunan untuk memastikan tidak terdapat lubang-lubang halus yang disebabkan oleh lebah jenis ini.

Sarang lebah madu

Lebah madu memiliki warna yang cukup beragam, mulai dari kuning, hitam, coklat dan orange. Lebah madu merupakan satu-satunya jenis lebah yang jarang menimbulkan masalah, dan tidak termasuk sebagai hama karena manfaat mereka dalam menghasilkan makanan berupa madu bagi manusia. Meskipun demikian, lebah madu akan menjadi lebih agresif apabila sarang mereka terganggu oleh manusia.

Lebah madu akan berkerumun untuk membentuk koloni baru ketika koloni menjadi terlalu besar untuk menempati satu sarang atau terdapat ratu baru.

Umumnya, segerombolan lebah madu akan terbang menuju tempat sementara sebelum akhirnya terbang untuk pindah ke lokasi permanen yang tepat dalam waktu 1 jam hingga satu hari untuk membangun sarang.

gambar sarang lebah madu

Di alam bebas, lebah madu umumnya membangun sarang di dalam rongga pohon untuk menyembunyikan diri dari pemangsa atau predator alami. Sarang lebah madu di rumah dapat ditemukan di batang pohon atau pagar di sekitar area halaman atau kebun rumah.

Mereka cenderung memilih tempat bersarang dimana terdapat banyak tanaman berbunga, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk jenis lebah madu membangun sarang di struktur bangunan seperti pada atap atau loteng rumah.

Sarang lebah bumblebee

Sekilas lebah bumblebee atau juga dikenal dengan sebutan lebah tanah memiliki fisik yang menyerupai lebah kayu, perbedaannya adalah lebah jenis satu ini memiliki perut yang berbulu sedangkan lebah kayu tidak.

gambar sarang lebah tanah

Selain itu, lebah bumblebee juga tidak membuat lubang di kayu sama halnya seperti lebah kayu, melainkan mambangun sarang di bawah tanah atau di rongga-rongga bangunan yang sudah dibuat oleh binatang besar lainnya seperti tikus.

Sementara ketika mereka bersarang di atas permukaan tanah, jenis lebah ini akan membangun sarang pada tumpukan kompos atau memanfaatkan sarang burung yang telah ditinggalkan.

Secara umum, lebah bumblebee jarang menimbulkan masalah kecuali dalam situasi di mana sarang mereka terusik oleh manusia atau hewan peliharaan.

Hubungi Rentokil untuk menjadwalkan survey hama lebah di rumah Anda

Apa perbedaan sarang lebah dan tawon?

Bagi kebanyakan orang, sekilas lebah dan tawon tampak mirip baik secara penampilan ataupun kebiasaannya. Padahal kedua serangga ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari kebiasaan mereka dalam bersarang.

Berikut adalah beberapa perbedaan sarang lebah dan tawon:

  • Tawon tidak berkerumun di sekitar sarangnya seperti halnya lebah.
  • Sarang tawon memiliki penampilan keabu-abuan dan umumnya memiliki bentuk sarang seperti bola.
  • Sedangkan lebah adalah serangga sosial yang akan hidup di dalam koloni baik di bawah tanah ataupun di pohon. Sarang lebah memiliki warna yang lebih kekuningan dan umumnya berlokasi di tempat yang tersembunyi.

Cara mengusir lebah yang bersarang di rumah

Mengusir sarang lebah di rumah bukanlah hal mudah yang dapat dikerjakan sendiri oleh Anda. Alasannya adalah meskipun Anda dapat mengusir sarang lebah yang terlihat, mungkin masih terdapat lebih banyak lebah yang bersarang di tempat lain yang tidak Anda ketahui.

Cara terbaik untuk mengusir lebah yang bersarang di rumah adalah dengan menghubungi jasa pembasmi lebah profesional. Menghilangkan sarang lebah dengan mata yang tidak terlatih mungkin terlihat mudah, tetapi jasa pembasmi lebah telah dilatih secara profesional untuk menangani dan memindahkan sarang lebah di rumah dengan cara yang aman dan efisien.

Hubungi Rentokil hari ini untuk membantu mengusir lebah yang bersarang di rumah atau kebun Anda.

Hubungi Rentokil untuk menjadwalkan survey hama lebah di rumah Anda