banner-nyamuk

Nyamuk

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

7 cara agar rumah tidak banyak nyamuk

Selain menjadi gangguan nyata ketika memasuki rumah Anda, nyamuk adalah vektor dan pembawa penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa anggota keluarga Anda setiap saat.

Meskipun masalah nyamuk dapat ditemukan di seluruh dunia, namun di negara beriklim tropis seperti Indonesia, nyamuk diketahui dapat bertahan hidup lebih lama dan sama baiknya ketika kondisi iklim sedang basah ataupun kering. Ini karena iklim tropis memberikan segalanya yang dibutuhkan nyamuk untuk dapat bertahan hidup, ini termasuk akses mudah ke sumber air dan kelembaban.

Untungnya Anda tidak perlu harus menutup pintu atau jendela sepanjang waktu hanya untuk menghindari gigitan nyamuk, karena kami telah menyiapkan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi masalah rumah banyak nyamuk.

Jika Anda mendapati rumah banyak nyamuk, segera hubungi Rentokil untuk solusi anti nyamuk terbaik di properti Anda.

Cara terbaik menghilangkan nyamuk di rumah

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyamuk di rumah serta menghindari gigitan nyamuk baik ketika di dalam maupun luar ruangan.

Berikut ini adalah daftar 7 cara agar rumah tidak banyak nyamuk:

  1. Menghilangkan genangan air dari properti Anda
  2. Memastikan air kolam terus bergerak
  3. Memasang layar serangga di jendela dan pintu
  4. Menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk
  5. Menghapus semua tempat istirahat nyamuk
  6. Memastikan selokan Anda tetap bersih dan bebas dari puing-puing
  7. Menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk

1. Menghilangkan genangan air dari properti Anda

agar rumah bebas nyamuk

Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan sangat mereka perlukan untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Sebagian besar jenis nyamuk akan bertelur dan menetaskan telurnya langsung di genangan air yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar properti Anda.

Nyamuk betina dewasa berkembang biak dalam jumlah besar (sekitar 100-400 telur), dan menetas hanya dalam waktu 48 jam untuk memulai tahap larva (tergantung pada suhu air).

Lihatlah ke sekeliling di properti Anda, dan cobalah untuk menghilangkan benda apa pun yang dapat menjadi sumber genangan air:

  • Ember
  • Kaleng
  • Ban bekas
  • Piring vas bunga
  • Kolam anak-anak
  • Piring atau mangkuk tempat minum hewan peliharaan

2. Memastikan air kolam terus bergerak

Nyamuk bertelur di dalam air yang tenang, jadi apabila terdapat kolam ikan di rumah, Anda harus memastikan apabila air pada kolam tersebut tetap mengalir atau bergerak.

Instalasi air untuk kolam seperti fitur air mancur atau agitator air akan membantu Anda membatasi peluang nyamuk untuk bertelur di air yang tenang - karena larva hanya dapat bertahan hidup di air yang tenang dan tidak bergerak.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kolam Anda tetap rapi dari tumbuhan dan tanaman liar yang umumnya tumbuh di sekitar tepi kolam ikan.

3. Memasang layar serangga pada jendela dan pintu

agar nyamuk tidak masuk rumah

Meskipun hampir tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan nyamuk di rumah dan halaman rumah, namun penting bagi Anda untuk selalu memastikan bahwa semua jenis nyamuk berbahaya ini tetap berada di luar rumah sepanjang waktu.

Memasang layar serangga pada jendela dan pintu, tidak hanya akan mencegah nyamuk dan serangga lainnya untuk masuk ke dalam rumah, tetapi ini juga merupakan cara yang ideal untuk tetap menjaga sirkulasi udara yang masuk kedalam rumah - sekalipun Anda harus membuka jendela dan pintu.

4. Menanam tumbuhan yang tidak disukai nyamuk

Selain menambah keindahan di kebun Anda, menanam beberapa tumbuhan yang tidak disukai nyamuk adalah cara termudah dan termurah untuk mengurangi kemungkinan rumah banyak nyamuk secara alami.

Terdapat banyak tanaman dengan aroma yang sangat kuat dan tidak disukai banyak serangga yang seringkali dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk ampuh di rumah-rumah.

Berikut adalah 8 tumbuhan yang tidak disukai nyamuk yang dapat ditanam di kebun Anda:

  • Serai
  • Lavender
  • Rosemary
  • Catnip
  • Salep lemon
  • Geranium
  • Kemangi
  • Daun mint

5. Menghapus semua tempat istirahat nyamuk

agar rumah tidak banyak nyamuk

Secara umum lebih banyak jenis nyamuk berbahaya yang lebih aktif di malam hari dibandingkan di siang hari. Pada siang hari nyamuk lebih suka berlabuh dan beristirahat di banyak tempat yang gelap, terlindung dan tidak terganggu oleh manusia.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengurangi kemungkinan nyamuk banyak di dalam rumah dengan cara menghapus semua area yang berpotensi menjadi tempat beristirahat mereka baik di dalam maupun di luar rumah Anda.

Meskipun tempat peristirahatan nyamuk dapat berbeda antara satu jenis dengan jenis nyamuk lainnya, namun ada beberapa karakteristik umum tempat yang dipilih nyamuk untuk beristirahat.

  • Di luar rumah – Nyamuk suka beristirahat di rumput tinggi dan semak belukar. Pangkas halaman Anda secara teratur dan jauhkan semak-semak dari pondasi rumah Anda untuk membuat halaman Anda kurang menarik untuk menjadi tempat peristirahatan nyamuk.
  • Di dalam rumahAedes Aegypti adalah salah satu jenis nyamuk berbahaya yang umumnya dikenal memilih untuk beristirahat di dalam ruangan. Ada beberapa area yang menjadi tempat peristirahatan kesukaan nyamuk Aedes di dalam rumah Anda, termasuk di bawah furniture, di peralatan dapur yang menggantung dan pakaian bekas pakai di kamar mandi.

Tahukah Anda? Jenis nyamuk Aedes sangat suka beristirahat pada pakaian bekas pakai yang digantung di pintu kamar tidur atau kamar mandi karena pakaian bekas pakai terdiri dari beberapa zat yang dapat menarik mereka untuk datang, seperti asam amino, panas tubuh, dan bau keringat manusia.

6. Memastikan selokan Anda tetap bersih dan bebas dari puing-puing

Penting untuk selalu menjaga selokan Anda tetap bersih dan bebas dari puing-puing sepanjang waktu. Tidak hanya penting sebagai bagian dari pemeliharaan rumah, tetapi ketika dedaunan dan puing-puing lainnya menyumbat saluran air, itu akan menjadi tempat yang sempurna untuk nyamuk berkembang biak.

7. Menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk

agar nyamuk pergi

Nyamuk adalah penerbang yang lemah, jadi dengan menempatkan kipas angin di teras rumah atau menyalakan pendingin udara (AC) sepanjang malam ketika Anda tidur dipercaya dapat mengurangi nyamuk untuk terbang ke arah Anda di dalam rumah.

Temperatur atau suhu menjadi faktor penting yang menentukan kebiasaan makan nyamuk. Itulah sebabnya ide untuk menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk adalah trik sederhana untuk membuat nyamuk pergi, karena:

  • Nyamuk adalah serangga berdarah dingin, artinya mereka akan lebih aktif dalam suhu hangat daripada suhu yang sejuk atau dingin.
  • Angin yang dilepaskan oleh kipas angin atau AC akan menyulitkan nyamuk untuk terbang mendekat ke arah Anda. Sebagai perbandingan dengan hama terbang lainnya, nyamuk Aedes terbang 6 kali lebih lambat dibandingkan dengan lalat rumah, dan bahkan 30 kali lebih lambat dibandingkan dengan lalat kuda.
  • Meskipun mereka tidak akan pergi jauh ketika terkena angin AC atau kipas angin, namun nyamuk akan bersembunyi untuk mencari titik-titik kehangatan ketika suhu berubah menjadi lebih dingin.

Anti nyamuk terbaik dari Rentokil

Cara terbaik untuk mengatasi rumah banyak nyamuk adalah dengan mencegah atau meminimalkan situs perkembangbiakan nyamuk di sekitar properti Anda.

Langkah-langkah pencegahan yang disebutkan diatas merupakan langkah tambahan yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyingkirkan nyamuk, tetapi anti nyamuk terbaik hanya bisa dapatkan lewat bantuan dari pembasmi nyamuk profesional di dekat Anda!

Ahli kami di Rentokil akan memberikan metode terbaru untuk menemukan dimana tempat perkembangbiakan nyamuk dan kami akan melakukan treatment di tempat-tempat tersebut untuk membasmi semua tahap siklus hidup nyamuk disekitar rumah Anda.

Hubungi Rentokil hari ini untuk mendapatkan solusi anti nyamuk terbaik di properti Anda.