jenis-jenis rayap rentokil

Rayap

Telepon kami untuk penawaran gratis di 0800 1 333 777  atau Hubungi kami

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Spesies Rayap

Rayap merupakan jenis serangga yang dianggap sebagai hama yang paling merusak di dunia. Banyak struktural gedung dan bangunan rusak disebabkan oleh hama ini di setiap tahunnya dan mengakibatkan kerugian finansial yang besar.

Terdapat 200 spesies rayap yang berbeda-beda di Jakarta, namun hanya segelintir yang menyebabkan masalah:

  • Coptotermes gestroi
  • Coptotermes curvignathus
  • Coptotermes havilandi
  • Coptotermes Kalshoven
  • Coptotermes sepangensis
  • Macrotermes gilvus
  • Macrotermes pakistanicus
  • Globitermes sulphureus
  • Schedorhinotermes sp.
  • Microcerotermes sp.

Sekitar 90% dari kerusakan properti di Indonesia disebabkan oleh spesies Coptotermes sehingga rayap ini dilabeli sebagai "musuh nomor 1" di Indonesia

Susunan Koloni Rayap

Kasta dasar dalam sebuah koloni rayap terdiri dari ratu, raja, rayap pekerja, rayap prajurit dan laron

Raja & Ratu Rayap

ratu-rayap.jpg

Menghasilkan kehidupan baru dalam koloni

Fungsi utama Ratu dan Raja dalam koloni rayap adalah bereproduksi. Mengawali hidupnya sebagai laron, mereka meninggalkan koloni induk mereka, jatuh ke tanah dan melepaskan sayapnya untuk mencari lingkungan untuk bersarang. Mereka merawat anak-anak mereka sampai mampu mengambil alih tugas di koloni.

Berurusan dengan rayap?

Hal utama yang perlu Anda kerjakan dalam mencegah rayap adalah untuk tetap menjaga mebel kayu dirumah Anda tetap kering dan menyegel retakan-retakan yang ada di dinding rumah Anda. Namun demikian, masalah dan infestasi rayap adalah hal yang tidak dapat Anda prediksi dan hindari.

Rayap merupakan hama perusak bangunan nomor satu di dunia. Kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap bagi rumah Anda tentunya membutuhkan biaya perbaikan yang tidak murah. Itulah sebabnya Anda ingin memastikan bahwa telah melakukan pencegahan dan perawatan yang paling efektif dalam mencegah masalah rayap datang menghantui Anda.

Cara mencegah rayap dengan metode DIY terbukti tidak memberikan solusi efektif dan yang tidak menjamin bahwa masalah rayap yang Anda miliki tidak kembali lagi dikemudian hari. Para ahli Rentokil pest control akan dengan cermat mengevaluasi properti Anda, menempatkan umpan, melakukan pemantauan dan rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga memberikan solusi terbaik dalam mencegah rayap untuk datang kembali di properti Anda.

Rayap Pekerja

kasta-pekerja.jpg

Rayap "Pelaku"

Rayap pekerja merupakan jenis rayap dengan jumlah terbesar dalam suatu koloni. Mereka melakukan semua pekerjaan (kecuali mempertahankan koloni dan bereproduksi): memberi makan, merawat koloni, menggali sarang dan membuat terowongan. Ketika melakukan pekerjaan merekai menyebabkan kerusakan pada banyak rumah.

Rayap Prajurit

prajurit.png

Pertahanan Koloni

Rayap prajurit mempertahankan koloni dari serangan musuh seperti semut, dilengkapi dengan rahang besar, cairan lengket atau semprotan kimia dalam melakukan pekerjaan mereka.

Alate/ Laron

laron.jpg

Raja & Ratu Masa Depan

Laron/alate adalah jenis rayap reproduktif bersayap yang keluar dari sarang dan mendirikan koloni baru. Laron jantan dan betina biasanya berpasangan dan mencari lingkungan yang sesuai untuk kawin. Laron ini sering disalahartikan dengan semut jenis swarmer.

Coptotermes spp.

Keluarga: Rhinotermitidae (subfamili CoptoTermitidae) 

Genus: Coptotermes Jenis: Rayap tanah. 

Kasta: Ratu, raja, rayap prajurit, rayap pekerja, rayap reproduksi. 

Jenis Sarang & Perilaku: Rayap tanah membangun sarang di dalam tanah karena mereka sangat bergantung pada tanah untuk kelembaban. Dalam usaha mencari makanan, rayap tanah membangun terowongan lumpur karena mereka rentan terhadap kekeringan apabila terpapar udara. Mereka biasanya beraktivitas di atas tanah untuk mencapai kayu atau sumber selulosa lainnya. Selulosa ini kemudian dipecah menjadi bentukan sederhana dengan bantuan protozoa dalam usus rayap. 

Dampak ekonomi: Rayap dianggap jenis serangga atau hama yang paling merusak di dunia. Diperkirakan kerusakan tahunan pada struktural gedung dan bangunan yang disebabkan oleh rayap di Indonesia mencapai 8,68 trilyun setiap tahunnya.


Langkah Berikutnya

Temukan Cabang Terdekat Kami