cara menghilangkan semut api

Semut

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Cara menghilangkan semut api

Menemukan banyak semut api atau semut merah di rumah tidak hanya merepotkan namun juga mengganggu Anda dan keluarga. Salah satu spesies semut yang terkenal agresif ini memiliki sengatan yang sangat menyakitkan, dan gigitannya diketahui dapat memberikan sensasi rasa terbakar dan gatal yang luar biasa pada kulit manusia.

Terlepas dari apakah Anda pernah diserang oleh semut merah kecil gatal ini atau tidak, kami sangat menyarankan Anda untuk tidak memilih solusi DIY (Do-It-Yourself) ketika mencoba untuk menghilangkan semut api di rumah.

Ini karena mengusir semut api adalah tugas yang cukup sulit dan menantang untuk Anda lakukan sendiri, terutama jika Anda hanya mengandalkan solusi atau cara membasmi semut api secara alami dari artikel online.

Rentokil Indonesia adalah jasa pembasmi semut profesional yang dapat membantu untuk mengusir semut api dari sekitar rumah atau bisnis Anda. Hubungi kami secara online atau isi quick form di bawah ini untuk segera menjadwalkan inspeksi hama semut di tempat Anda.

Hubungi kami

Bagaimana saya tahu jika ada semut api di rumah?

Ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memastikan bahwa masalah semut yang Anda miliki di rumah adalah semut api dan bukan jenis atau spesies semut lainnya.

Berikut ini adalah beberapa hal utama tentang semut api yang perlu Anda ketahui:

  • Seperti apa bentuk semut api itu?
  • Dari mana semut api datang?
  • Bagaimana tanda semut api banyak di rumah?

Seperti apa bentuk semut api itu?

gambar semut api

Semut merah kecil gatal dengan nama ilmiah Solenopsis mudah dikenali hanya dengan melihat penampilannya karena fitur atau bentuk tubuh mereka yang cukup berbeda dari spesies semut di Indonesia lainnya yang biasa terlihat di rumah, terutama karena:

  • Mereka memiliki antena pada dua segmen yang sangat khas yang paling terlihat di tampilan depan semut reproduksi wanita, dan
  • Dua simpul tangkai berbentuk daun yang terlihat antara bagian dada dan perut

Meskipun banyak orang mengasosiasikan semut api dengan warna merah, nyatanya, semut api juga dapat berwarna coklat atau hitam.

Ukuran semut api pekerja dapat berkisar dari 2 mm - 6 mm dengan sengatan yang terlihat jelas di bagian kepalanya.

Dari mana semut api datang?

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa semut api secara alami lebih memilih untuk tinggal di area luar rumah (outdoor) untuk menghindari gangguan dari manusia dan serangga lainnya yang umum berada di dalam rumah.

Apa arti rumah banyak semut merah kecil?

Meskipun cukup jarang, namun semut api juga dapat masuk ke dalam rumah Anda untuk mencari makanan, air, dan tempat berlindung. Penyebab adanya semut api di rumah umumnya disebabkan karena faktor kondisi cuaca di area outdoor, terutama selama cuaca panas yang ekstrim, musim kemarau, atau saat hujan yang sangat deras.

Spesies semut satu ini akan memasuki rumah Anda melalui celah, retakan, dan lubang kecil yang terdapat pada pondasi atau bagian rumah seperti pintu atau jendela.

Bagaimana tanda semut api banyak di rumah?

Salah satu tanda yang paling jelas dari serangan semut api adalah keberadaan gundukan besar yang terletak di area yang luas seperti halaman atau taman rumah yang tampak seperti bukit yang terbuat dari pasir yang merupakan sarang semut api.

Gundukan sarang semut api dapat mencapai 18 cm, tergantung pada usia, ukuran koloni, jenis tanah, dan lokasi yang mereka pilih. Tidak seperti sarang spesies semut umum lainnya, gundukan sarang semut api tidak memiliki lubang di bagian tengah atas sarangnya.

Jangan pernah mencoba untuk merusak gundukan sarang semut api, karena hal ini hanya akan memicu ratusan semut merah kecil gatal yang agresif untuk keluar dari sarangnya dan menyerang Anda lewat gigitannya.

Tidak ada yang ingin menemukan banyak semut merah di rumah, selain tidak sedap dipandang, sarang semut api juga dapat menimbulkan risiko keselamatan bagi anggota keluarga dan hewan peliharaan Anda. Segera minta bantuan dari pembasmi semut profesional dan terpercaya di dekat Anda untuk menghilangkan semut api di rumah.

Apa penyebab rumah banyak semut api?

Semut api dikenal lebih agresif dan berbahaya dibandingkan dengan spesies semut lain yang biasa Anda lihat berbaris di dalam rumah, seperti semut firaun atau semut hitam rumah.

Sebelum Anda harus berurusan dengan mereka di rumah, pelajari lebih lanjut tentang beberapa hal yang ternyata menjadi daya tarik atau penyebab banyak semut api di rumah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat semut api tertarik ke rumah Anda:

  • Makanan manis dan berminyak – Semut api selalu berburu makanan untuk membesarkan koloninya. Spesies semut ini dikenal sebagai serangga omnivora, dan lebih memilih makanan manis, berminyak, dan berprotein tinggi yang dapat mereka temukan dengan mudah di area dapur, ruang makan dan tempat pembuangan sampah rumah Anda.
  • Lubang atau celah pada di dinding bagian luar – Semut api cukup kecil, dan tentu saja, ini bukan masalah besar bagi semut kecil ini untuk masuk ke dalam rumah Anda melalui lubang kecil di dinding luar. Bahkan lubang di dinding yang berasal dari kabel utilitas dapat menciptakan ruang rangkak yang cukup untuk dilewati semut api.
  • Sumber kelembaban – Semut api tidak selalu membutuhkan tanah untuk tempat bersarang yang cocok, tetapi mereka membutuhkan sejumlah kelembaban untuk bertahan hidup. Saat mencari sumber kelembaban di rumah Anda, semut api dapat berjalan menuju tempat-tempat yang seringkali lembab seperti atap atau rongga dinding rumah.
  • Cucian kotor – Semut api tertarik pada benda yang memiliki aroma keringat, dan inilah sebabnya kenapa banyak semut api yang sering muncul untuk mencari makan di dekat keranjang cucian kotor yang berisi banyak pakaian berkeringat, khususnya yang dipakai setelah berolahraga.

Bagaimana cara mencegah semut api datang?

Merujuk pada beberapa alasan atau penyebab banyak semut api datang kerumah Anda, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk mencegah semut api datang ke rumah:

  1. Memastikan untuk membersihkan meja dan lantai dapur atau ruang makan dari tumpahan, remahan makanan dan minuman manis.
  2. Menyimpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat.
  3. Mengelola sampah secara baik dengan cara tidak membiarkan sampah berada di dalam rumah semalaman.
  4. Memiliki tempat sampah dengan penutup agar menyulitkan semut api mendeteksi keberadaan sumber makanan manis dan berminyak dari plastik berisi sampah.
  5. Membatasi akses semut api masuk ke dalam rumah dengan cara menyegel atau menutup semua lubang di dinding menggunakan dempul atau plester.
  6. Memeriksa kondisi keran dan pipa air di sekeliling rumah. Segera perbaiki setiap kebocoran dari keran atau pipa air rumah, sehingga tidak menjadi sumber utama bagi semut api menemukan kelembaban di rumah.
  7. Mencuci dengan segera pakaian kotor, terutama untuk pakaian-pakaian yang dikenakan setelah berolahraga.

Bagaimana cara mengusir semut api dari rumah kita?

Rentokil Indonesia adalah perusahaan jasa pembasmi semut api terbaik di Indonesia, dan merupakan pilihan terbaik yang Anda miliki untuk mengusir semut api dalam jangka panjang di properti.

  • Spesialis semut kami akan melakukan inspeksi di properti Anda untuk memastikan apakah spesies semut yang ada di dalam rumah atau di halaman Anda adalah semut api.
  • Kami menggunakan peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk digunakan ketika menangani masalah semut api di properti Anda.
  • Rentokil akan menggunakan metode pengendalian semut terbaik yang aman dan efektif untuk mengusir semut api dari rumah atau halaman Anda.
  • Setelah pengendalian semut telah dilakukan, spesialis semut api kami akan memberikan saran dan rekomendasi ahli untuk mencegah masalah hama semut ini kembali muncul di kemudian hari.

Jasa pembasmi semut api di dekat saya

Iklim khas negara tropis yang hangat sepanjang tahun memicu perkembangbiakan koloni semut api secara masif di hampir semua kota di Indonesia. Kabar baiknya adalah Rentokil Pest Control memiliki lebih dari 20 cabang di seluruh Indonesia yang siap membantu menghilangkan semut api di rumah ataupun bisnis Anda.

Teknisi kami yang berlisensi memiliki pengetahuan dan keahlian khusus untuk menyingkirkan semut api secara aman dan efektif agar dapat mencegah mereka kembali lagi di properti Anda.

Hubungi Rentokil hari ini untuk membantu membasmi semut di rumah dan bisnis Anda.