siklus hidup semut dan gambarnya

Semut

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Siklus hidup semut

Hama semut adalah serangga yang termasuk di dalam ordo Hymenoptera bersama dengan banyak serangga populer lainnya seperti tawon atau lebah. Mereka diklasifikasikan sebagai filum Arthropoda yang ditandai dengan keberadaan eksoskeleton atau rangka eksternal yang keras dan berfungsi untuk melindungi tubuh yang tidak memiliki tulang internal.

Semut adalah serangga sosial yang hidup di dalam sebuah koloni berisikan ribuan hingga jutaan semut di dalamnya. Makhluk kecil ini dikenal dengan struktur sosial hierarkinya yang kompleks di dalam koloni. Setiap anggota koloni memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda dalam memelihara koloni.

Pada halaman ini Anda akan mempelajari secara detail tahapan daur hidup atau siklus hidup semut - sehingga dapat membantu Anda mengendalikan masalah semut dan mengatasi semut masuk rumah di kemudian hari.

Bagaimana siklus hidup semut?

siklus hidup semut

Tahapan dari siklus hidup atau daur hidup semut sama dengan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna lainnya, seperti lalat atau kutu.

Siklus hidup semut terdiri dari empat tahap yang berbeda, termasuk:

  • Telur
  • Larva
  • Pupa
  • Dewasa

Telur

Siklus hidup semut dimulai dari tahap telur. Telur semut berukuran sangat kecil (sekitar 0.5 mm), berwarna putih dan transparan, berbentuk lonjong, mengkilap dan lengket. Seekor ratu semut mampu bertelur sekitar 100.000 - 300.000 telur dalam waktu beberapa hari.

Berapa lama telur semut menetas?

Secara umum, telur semut akan menetas dan mencapai tahap larva dalam waktu 7 - 14 hari tergantung pada beberapa faktor seperti spesies semut, suhu dan kelembaban.

Dimana semut bertelur?

Ratu semut adalah satu-satunya jenis semut dalam kasta yang bertugas untuk bertelur. Umumnya ratu semut akan mencari tempat yang aman di mana dia dapat membangun sarang baru dan mulai meletakkan semua telur.

Larva

Larva semut muncul dalam warna putih kekuningan, transparan dan sekilas terlihat seperti belatung. Mereka berganti kulit selama beberapa kali seiring pertumbuhan mereka.

Larva semut memakan makanan padat dan berbentuk cair yang disediakan oleh semut pekerja selama masa hidupnya. Akibatnya, mereka akan tumbuh dengan cepat dan hanya membutuhkan waktu singkat antara 6 - 12 hari untuk larva semut berubah menjadi pupa.

Pupa

Tahap pupa adalah tahap perkembangan ketiga dan terakhir sebelum semut dewasa muncul. Mirip dengan tahap larva, pupa semut juga menggantungkan hidupnya kepada para semut pekerja dalam memberikan asupan makanan.

Pupa semut umumnya berwarna putih, sekilas tampak seperti semut dewasa dengan kaki dan antena yang menekuk ke bagian tubuh dan ditutupi dengan kepompong berwarna putih atau kecoklatan. Pada sebagian banyak spesies semut, pupa akan muncul sebagai semut dewasa dalam waktu 9 - 30 hari.

Dewasa

Setelah mencapai tahap dewasa, semut dewasa muda memiliki warna yang lebih terang dengan tubuh transparan pada saat kemunculannya. Namun mereka akan berwarna lebih gelap seiring bertambahnya usia.

Di dalam koloni semut terdapat tiga jenis atau kasta semut yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda, yaitu:

Ratu semut

Ratu semut adalah induk bagi semua jenis semut di dalam sebuah koloni, dan mereka mampu hidup hingga beberapa dekade lamanya. Ratu semut adalah anggota paling penting dalam sebuah koloni, karena peran utama mereka adalah bereproduksi dan bertelur untuk menyiapkan koloni semut yang baru.

Ratu semut memiliki ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis atau anggota semut lainnya di dalam sebuah koloni. Ukuran ratu semut dapat mencapai 15 cm, dan mereka terlahir memiliki sayap pada tubuhnya (sama seperti semut jantan).

Semut pekerja betina

Semua semut pekerja di dalam sebuah koloni adalah semut betina. Mereka menghabiskan hampir seluruh masa hidupnya di dalam sarang untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti:

  • Merawat ratu semut
  • Merawat larva dan pupa semut (termasuk membersihkan telur dan memberi makan)
  • Mencari makan bagi koloni semut
  • Melindungi dan membangun sarang

Meskipun semut pekerja adalah jenis betina lainnya di dalam sebuah koloni semut, namun semut pekerja tidak bereproduksi dan bertelur layak nya ratu semut.

Semut jantan

Semut jantan atau juga dikenal dengan sebutan "semut drone" adalah anggota terkecil di dalam koloni semut. Satu-satunya pekerjaan semut jantan di dalam koloni adalah melakukan perkawinan dengan ratu semut sehingga dapat menghasilkan telur.

Berapa lama siklus hidup semut berlangsung?

Secara umum daur hidup semut diketahui sangat singkat. Hanya membutuhkan waktu 6 - 10 minggu untuk semut menyelesaikan siklus hidupnya.

Proses daur hidup semut sangat tergantung oleh beberapa faktor utama, seperti misalnya spesies semut dan kondisi lingkungan tempat semut tinggal.

Berapa lama usia semut?

Pertanyaan tentang berapa lama umur semut atau berapa lama semut bertahan hidup adalah salah satu pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh banyak orang.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi umur semut dan berapa lama semut bertahan hidup, termasuk:

  • Kondisi lingkungan – Suhu ideal untuk semut adalah 24 derajat Celcius dengan kelembaban tinggi.
  • Keberadaan predator alami di sekitar mereka – Beberapa predator atau musuh alami semut memainkan peran penting dalam keberlangsungan hidup sebuah populasi semut. Beberapa pemangsa alami semut antara lain adalah laba-laba, cicak, armadillo, dan bahkan koloni semut lainnya.
  • Spesies semut – Setiap spesies semut memiliki rentang kehidupan atau usia yang berbeda satu dengan lainnya. Misalnya, sepesies semut api dapat bertahan hidup hingga 30 - 60 hari, sedangkan spesies semut lainnya seperti semut tukang kayu mampu hidup sedikit lebih lama antara 45 - 90 hari.
  • Kasta semut – Tidak hanya spesies semut, setiap kasta semut di dalam sebuah koloni juga memiliki usia yang berbeda satu dengan yang lainnya. Semut pekerja dapat hidup hingga 1 - 3 tahun, sementara ratu semut dapat hidup selama beberapa dekade. Di sisi lain, semut jantan memiliki umur yang lebih pendek. Semut jantan akan hidup selama beberapa hari dan mati segera setelah melakukan perkawinan dengan ratu semut.

Cara menghilangkan semut di rumah

Terlepas dari betapa menariknya kehidupan semut untuk dipelajari, Anda mungkin tidak akan pernah menyukai semut sebagai hama. Ini terutama ketika Anda harus melihat ada banyak semut berbaris di dinding atau lantai untuk mencari makan dari meja makan rumah Anda.

Mendapati rumah banyak semut tentu menjadi gangguan nyata karena semut-semut ini dapat mencemari makanan Anda dengan bakteri yang terbawa oleh mereka, dan bahkan ada satu spesies semut dapat menyebabkan kerusakan struktural pada rumah Anda jika tidak segera dibasmi.

Untuk saran dan solusi ahli tentang cara menghilangkan semut di rumah, hubungi Rentokil Indonesia untuk menghilangkan semut hari ini.