semua tentang tikus

Tikus

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Panduan lengkap tentang tikus

Tikus adalah salah satu hewan yang paling tangguh di bumi. Dianggap sebagai hewan yang rahasia dan pintar, tikus adalah gangguan umum yang selalu dihadapi manusia begitu mereka berhasil masuk ke rumah atau tempat bisnis.

Ada banyak alasan mengapa hama tikus sulit dikendalikan. Selain lihai dalam bersembunyi, mereka adalah hama yang sangat lincah sehingga mampu untuk masuk ke dalam bangunan apapun dengan atau lewat banyak cara. Tikus juga tidak akan ragu untuk bermain “petak umpet” dengan manusia yang mencoba untuk menangkapnya.

Di halaman ini, kami telah menyusun daftar pertanyaan paling umum yang sering kami terima dari pelanggan, sehingga Anda dapat mempelajari semua hal yang perlu diketahui tentang tikus.

Pilih salah satu pertanyaan tentang tikus di bawah ini untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Pertanyaan umum tentang tikus

Pertanyaan seputar tikus di rumah

Pertanyaan seputar jasa pembasmi tikus

Pertanyaan seputar cara mencegah hama tikus

Pertanyaan umum tentang tikus

Apa itu tikus rumah?

Tikus adalah hewan mamalia dari ordo rodentia yang berasal dari wilayah Asia. Mereka adalah binatang sosial yang hidup di dalam komunitas luas dan saling terikat dengan tikus lainnya. Karakteristik tikus yang mampu hidup berdekatan dengan manusia, dan sangat bergantung pada manusia menjadikan mereka dikenal luas sebagai hewan komensal.

Karena kemampuannya yang cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan baru, tikus dianggap sebagai hama umum yang dapat ditemukan menghuni di berbagai daerah dimana manusia tinggal, baik di pedesaan maupun perkotaan.

Dimana tikus tinggal?

Tikus dapat hidup di manapun. Namun demikian, dimana tikus tinggal akan bervariasi tergantung pada spesies tikus tertentu dan daerah dimana mereka berada (misalnya daerah pedesaan atau perkotaan). Mereka mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang beragam, baik di alam liar maupun dekat dengan pemukiman manusia.

Tikus-tikus liar yang hidup di alam bebas seperti di hutan atau rimba lebih suka hidup di pohon dan menggali lubang di bawah tanah untuk menyimpan makanan dan membesarkan anak-anak mereka serta perlindungan diri dari predator alami mereka seperti ular dan burung hantu.

Di sisi lain, ketika tikus hidup di dekat dengan manusia misalnya di ekosistem perkotaan, mereka dapat hidup hampir di mana saja asalkan memiliki akses yang cukup ke sumber makanan dan cocok untuk tempat berlindung dan berkembang biak.

  • Jenis tikus atap atau tikus rumah (Rattus rattus) sesuai dengan namanyanya - cenderung memiliki tempat berteduh di bagian atas bangunan, seperti plafon atau loteng.
  • Jenis tikus got atau juga dikenal dengan sebutan tikus Norwegia (Rattus norvegicus) memilih tempat tinggal yang berada dekat dengan permukaan tanah. Jenis tikus satu ini umumnya ditemukan hidup di tempat seperti tumpukan sampah atau di bawah beton sebuah bangunan.

Apa saja yang dimakan tikus?

makanan yang dimakan tikus

Tikus adalah pemakan oportunistik, artinya mereka akan makan apa pun yang mereka temukan. Namun, makanan yang dimakan tikus tergantung pada tempat yang mereka tinggali.

Di alam liar, makanan tikus terdiri dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Di daerah perkotaan, makanan yang disukai tikus berasal dari sisa-sisa makanan manusia yang mereka temukan di tempat sampah, semua makanan yang dimakan oleh manusia dan juga sisa makanan hewan peliharaan.

Berapa lama tikus hidup?

Berapa lama tikus hidup atau berapa lama umur tikus akan sangat sulit untuk ditentukan. Namun salah satu faktor yang akan mempengaruhi berapa lama tikus hidup adalah habitat yang mereka pilih.

Ini berarti bahwa tikus yang menjadi peliharaan manusia cenderung memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan dengan tikus yang hidup liar di alam bebas. Jenis tikus peliharaan akan selalu mendapatkan pasokan yang mereka butuhkan untuk hidup lebih lama dari pemiliknya, ini termasuk makanan, air dan kandang sebagai tempat berlindung.

Oleh demikian, tikus liar sejatinya akan hidup lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis tikus peliharaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi durasi hidup tikus liar adalah adanya predator yang akan mereka temukan di alam bebas.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata tikus peliharaan mampu hidup hingga 4 tahun dan tikus liar umumnya hanya akan hidup selama 2 - 3 tahun.

Berapa lama tikus berkembang biak?

Tikus memiliki reputasi sebagai hama yang dapat berkembang biak dengan cepat.

Hanya butuh beberapa pasang tikus untuk menggandakan populasi mereka menjadi jumlah besar dalam waktu singkat untuk menyerbu suatu tempat.

Kehamilan tikus betina berlangsung 21-23 hari, dan dalam satu masa periode kehamilan tikus betina dapat mengandung 12 anak tikus, meskipun umumnya lebih sering menghasilkan 5-10 anak tikus.

Tikus mencapai kematangan seksual setelah 4-5 minggu, artinya populasi dapat membengkak dari dua tikus menjadi sekitar 1.250 dalam satu tahun, dengan potensi untuk tumbuh secara eksponensial.

Apa saja penyakit yang dibawa oleh tikus?

Tikus bukan hanya gangguan tetapi juga berpotensi menyebarkan beberapa penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tikus diketahui menularkan lebih dari 35 penyakit berbahaya kepada manusia. Penyakit yang dibawa oleh tikus ini diketahui dapat menyebar ke manusia melalui kontak langsung maupun tidak langsung, misalnya:

  • Ketika menangani masalah tikus hidup atau mati yang sudah terinfeksi
  • Kontak langsung dengan kotoran tikus, ini juga termasuk urin atau air liur tikus
  • Terkena gigitan atau cakaran tikus
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kotoran tikus atau urin tikus

Beberapa penyakit yang dibawa oleh tikus antara lain adalah:

  • Salmonella – Adalah salah satu jenis keracunan makanan paling umum yang disebabkan ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh urin dan kotoran tikus.
  • Hantavirus – Merupakan penyakit yang mirip dengan flu yang ditularkan oleh tikus ke manusia melalui kontak dengan urin dan kotoran tikus yang terinfeksi atau melalui debu yang mengandung partikel infeksius.
  • Leptospirosis (penyakit weil) – Adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang menyebar melalui urin atau darah tikus yang terinfeksi. Manusia umumnya terkena penyakit ini akibat kontak langsung dengan tanah atau air yang telah terkontaminasi dengan urin tikus yang terinfeksi.
  • Demam gigitan tikus atau rat-bite fever – Merupakan infeksi yang disebabkan oleh dua bakteri, yaitu Streptobacillus moniliformis dan Spirillum minus. Manusia umumnya terkena penyakit ini ketika tergigit atau tercakar oleh tikus yang terinfeksi. Namun, penyakit ini juga dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan kotoran tikus atau urin.

Kenapa tikus menggigit semua benda?

kenapa tikus menggigit semua benda

Tikus memiliki gigi yang besar, kuat dan tajam. Secara total tikus memiliki 16 gigi, namun hanya ada 4 gigi yang digunakan tikus khusus untuk mengunyah dan menggigit. Keempat gigi yang panjang dan tajam ini dikenal sebagai gigi seri atau gigi depan yang terletak di bagian atas dan bawah mulut mereka.

Gigi tikus terus bertumbuh sepanjang hidup mereka. Oleh karena nya, mengunyah atau menggigit banyak benda akan sangat membantu tikus untuk menjaga gigi mereka agar tidak tumbuh terlalu besar dan tajam.

Gigi seri yang terlalu tajam seringkali mengakibatkan kematian pada tikus, karena gigi seri yang terlalu panjang dan tajam akan menyulitkan tikus saat mereka makan.

Berikut adalah beberapa hal yang mampu dikunyah atau digigit tikus, ini termasuk:

  • Kabel listrik
  • Plastik
  • Kayu atau balok kayu
  • Logam dan timah
  • Kawat
  • Kaca

Walaupun ada kemungkinan tikus menggigit manusia, namun sangat jarang ditemukan kasus manusia digigit tikus. Tikus hanya menyerang manusia ketika mereka merasa sedang tertekan atau dalam situasi yang terpojok.

Meskipun demikian, Anda harus tetap waspada terhadap risiko gigitan tikus pada manusia atau juga dikenal dengan sebutan demam gigitan tikus karena dapat mengancam kesehatan yang serius pada manusia.

Pertanyaan seputar tikus di rumah

Apa penyebab tikus masuk rumah?

Sama dengan alasan mengapa hama seperti kecoa dan rayap tertarik untuk menyerang rumah Anda, setidaknya ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab mengapa tikus masuk rumah Anda, yaitu:

  • Mencari sumber makanan
  • Mencari sumber minuman
  • Mencari tempat untuk berlindung

Makanan jauh lebih penting daripada air bagi tikus. Tikus akan memakan apa saja yang dimakan manusia tanpa terkecuali. Mereka perlu memakan sesuatu untuk dapat bertahan hidup, dan hanya mampu bertahan hidup selama 2 - 4 hari tanpa makanan.

Di sisi lain, tikus masih bisa hidup lebih dari seminggu tanpa air dan seringkali mendapatkan kebutuhan mineral mereka dari makanan-makanan dengan kandungan air tinggi seperti dari buah-buahan atau sayuran.

Tikus membangun tempat berlindung yang mereka butuhkan dari tumpukan sampah yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar area rumah Anda.

Kapan tikus keluar mencari makan?

Secara alami, tikus adalah hewan nokturnal. Tikus paling aktif antara senja dan fajar dan umumnya bersembunyi dari manusia di siang hari. Namun, ketika sumber makanan dan air semakin terbatas, bukan tidak mungkin jika Anda dapat melihat ada tikus berkeliaran di rumah pada siang hari.

Seperti apa tanda banyak tikus dirumah?

kotoran tikus

Sumber gambar: maine.gov

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri rumah banyak tikus yang perlu diketahui oleh setiap pemilik rumah:

  • Ditemukan tikus hidup atau bangkai tikus – Merupakan tanda paling jelas bahwa ada masalah tikus dalam rumah.
  • Kotoran tikus – Tikus akan meninggalkan sekitar 40 kotoran atau feses setiap malam. Ciri kotoran tikus adalah memiliki warna yang gelap, berbentuk runcing dan memiliki panjang 10-14mm.
  • Jejak lemak tikus (smear) – Karena penglihatan mereka yang buruk, tikus akan meninggalkan jejak lemak atau smear di permukaan dinding atau papan yang mereka lewati.
  • Suara cakaran atau goresan tikus – Terdengar di langit-langit, loteng, dinding atau di bawah lantai saat tikus berlarian.
  • Lubang tikus – Salah satu jenis tikus rumah, tikus got atau tikus Norwegia dapat menggali lubang dengan diameter sekitar 6-9 cm. Lubang buatan tikus jenis ini dapat ditemukan di mana saja, di tempat yang relatif tidak terganggu oleh manusia dan dekat dengan sumber makanan.
  • Sarang tikus – Dapat ditemukan di loteng, atap rumah, dan bahkan di rongga dinding. Tikus akan memanfaatkan puing-puing manusia seperti insulasi loteng, kardus dan / atau menggunakan robekan dari bahan-bahan seperti koran dan bahan lunak lainnya untuk membuat sarang.
  • Jejak kaki tikus – Tikus meninggalkan bekas jejak kaki dan ekor di area bangunan yang berdebu dan jarang digunakan. Gunakan lampu senter untuk dapat melihat jejak kaki tikus secara jelas. Untuk memastikan apakah ada tikus aktif di dalam rumah, taburi tepung atau bubuk halus di sepanjang lantai dekat jejak kaki tikus dan periksa jejak baru di hari berikutnya.

Pastikan untuk menghubungi Rentokil jika Anda mendengar suara cakaran atau goresan di loteng, karena ini bisa menjadi indikasi kuat bahwa saat ini Anda memiliki masalah tikus atap di rumah.

Bagaimana cara tikus masuk rumah?

Tikus adalah hewan yang sangat sulit dikendalikan, terutama jika mereka berhasil mendapatkan akses masuk ke rumah Anda. Begitu tikus masuk dalam rumah Anda, mereka dapat menyebabkan beberapa situasi berbahaya bagi keluarga dan rumah Anda.

Beberapa bahaya tikus di dalam rumah antara lain risiko kebakaran, hubungan pendek atau korsleting, kontaminasi makanan dan minuman, serta menularkan beberapa penyakit berbahaya kepada manusia.

Ada banyak titik masuk yang digunakan tikus masuk kedalam rumah Anda, seperti:

  • Retakan pada dinding
  • Retakan di pondasi bangunan
  • Celah kecil di sekitar jendela dan pintu
  • Kerusakan di atap
  • Sistem drainase air rumah

Pertanyaan seputar jasa pembasmi tikus

Apa itu pengendalian tikus rumah?

Pengendalian tikus adalah metode yang perlu diambil untuk menghilangkan tikus beserta masalah yang mereka timbulkan dalam jangka panjang. Ini merupakan cara terbaik untuk  memastikan bahwa Anda telah menyingkirkan tikus sekali untuk selamanya di rumah atau tempat usaha Anda.

Hubungi Rentokil hari ini untuk mendapatkan jasa pengendalian tikus rumah profesional dan terpercaya di rumah atau bisnis Anda.

Mengapa harus mempercayakan pest control profesional untuk membasmi tikus?

pest control tikus

Jasa pembasmi tikus profesional menawarkan cara yang paling efektif dan aman untuk menyingkirkan tikus, terutama di properti yang memiliki masalah serius dengan hama tikus atau dimana serangan tikus terus berulang.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mempercayakan pest control profesional untuk membasmi tikus:

  • Inspeksi lapangan komprehensif dan menyeluruh yang ditujukan untuk mengidentifikasi sumber daya tarik, tempat berkembang biak, tingkat serangan, dan identifikasi spesies tikus yang sedang menyerang properti Anda.
  • Metode pengendalian tikus yang efektif dan ditargetkan kepada jenis tikus tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Treatment yang diberikan juga termasuk pengendalian di situs-situs atau area yang berpotensi menjadi tempat tikus berkembang biak, diikuti dengan saran ahli yang bermanfaat untuk mencegah masalah tikus di rumah dan bisnis kembali terulang di kemudian hari.

Bagaimana cara perusahaan pest control membasmi tikus?

Ada beberapa metode yang ditawarkan oleh perusahaan pest control untuk membasmi tikus baik di area dalam (indoor) maupun area luar ruangan (outdoor) pada properti Anda. Ini termasuk:

  • Indoor: Penggunaan perangkap tikus (trap) dengan menggunakan jebakan tikus (snap trap), perangkap lem tikus (glue trap), dan perangkap tikus massal / single (live trap).
  • Outdoor: Penggunaan umpan tikus (bait) dengan menggunakan stasiun umpan tahan tamper (tamper-resistant bait stations), dan umpan rodentisida.

Cari tahu lebih lanjut mengenai inovasi terbaru pengendalian tikus di lingkungan bisnis dengan bantuan teknologi digitial disini

Berapa harga jasa pembasmi tikus?

Harga atau biaya jasa pembasmi tikus dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor penting. Ini termasuk:

  • Ukuran tingkat serangan tikus
  • Spesies tikus
  • Penemuan masalah hama lainnya
  • Ukuran properti
  • Jenis atau tipe properti: bisnis komersial atau perumahan

Faktor-faktor yang disebutkan diatas akan menentukan jenis treatment pengendalian tikus yang digunakan di tempat Anda. Ini juga akan menentukan berapa banyak umpan atau perangkap tikus yang dibutuhkan untuk mengusir tikus secara efektif.

Pertanyaan seputar cara mencegah hama tikus

Bagaimana cara mencegah tikus masuk rumah?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai cara mencegah tikus masuk rumah Anda adalah dengan membuat rumah Anda kurang menarik bagi mereka.

Ada beberapa tips mencegah tikus masuk rumah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, ini termasuk:

  • Bersihkan rumah dari barang-barang bekas seperti tumpukan koran dan kardus yang seringkali dijadikan tikus untuk bersembunyi di dalam rumah Anda
  • Secara rutin membersihkan kebun dan halaman rumah dari puing-puing kayu, semak belukar, dan rumput ilalang yang melekat atau dekat dengan struktur rumah Anda
  • Tutup semua celah, retakan dan lubang di bagian luar rumah Anda termasuk pada bagian struktur atap rumah
  • Pastikan tempat sampah yang berada di luar rumah dilengkapi dengan tutup, dan tempatkan pada jarak yang cukup jauh dari rumah Anda.
  • Secara teratur untuk mencuci tempat sampah yang berada di dalam rumah
  • Hindari untuk meninggalkan atau membiarkan sampah bermalam di dalam rumah Anda.
  • Simpan makanan Anda ke dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Jangan pernah meninggalkan makanan terbuka di area dapur atau ruang makan ketika sedang tidak atau hendak dikonsumsi

Kami sangat menyarankan Anda untuk  bertindak cepat dalam menyingkirkan tikus dan mencegah serangan tikus terus berkembang. Hubungi Rentokil hari ini untuk menjadwalkan survey hama tikus di rumah Anda.

Bagaimana cara mencegah tikus masuk mesin mobil?

tikus masuk ke kap mesin mobil

Cerita tentang tikus masuk ke kap mesin mobil mungkin terdengar tidak asing bagi banyak orang, terutama bagi para pemilik mobil.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang mendapati tikus yang bersarang di dalam kap mesin mobil Anda, bukan tidak mungkin jika Anda sedang berada dalam masalah besar saat ini.

Kenapa kap mesin mobil jadi sarang tikus?

Tikus selalu mencari lokasi yang gelap, terlindung, dan tidak terganggu oleh manusia. Mesin mobil Anda menyediakan tempat berlindung yang ideal untuk tikus menyimpan makanannya, beristirahat, dan berkembang biak bagi tikus.

Namun masalahnya kap mesin mobil Anda berisi ratusan kabel listrik yang sangat rentan digigit tikus. Kebiasaan tikus untuk menggigit kabel di dalam kap mesin mobil akan memaksa Anda mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan kendaraan kesayangan Anda.

Tikus dapat memasuki mesin mobil Anda melalui banyak tempat, termasuk:

  • Ventilasi AC
  • Poros pedal
  • Lubang kabel
  • Kolom kemudi

Meskipun tidak mungkin bagi Anda untuk benar-benar membasmi tikus di daerah Anda, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar kap mesin tidak dimasuki tikus.

Ketika Anda memarkir mobil di garasi dalam rumah (indoor)

  • Bersihkan titik-titik yang berpotensi menjadi tempat persembunyian tikus di dalam garasi mobil – Buang semua barang yang dapat menjadi tempat persembunyian tikus dan umumnya menumpuk di dalam garasi, seperti tumpukan koran, karton, kardus, dan krat atau peti botol.
  • Pastikan ada pencahayaan yang cukup masuk kedalam garasi mobil – Garasi mobil umumnya lembab, gelap dan kurang pencahayaan alami dari sinar matahari. Situasi inilah yang sering dimanfaatkan tikus untuk membangun sarangnya di dalam mesin mobil Anda.
  • Hindari untuk meninggalkan mobil tidak digunakan dalam waktu lama – Ada banyak orang yang memiliki 2 mobil atau lebih yang diparkir di garasi, dan tidak semua mobil tersebut dipakai secara reguler oleh pemiliknya. Membiarkan mobil Anda tidak digunakan dalam waktu lama adalah ide yang buruk! Selain sangat dianjurkan untuk memelihara mesin mobil, memanaskan mesin mobil secara rutin akan mengurangi kemungkinan mesin mobil rentan terhadap serangan tikus.
  • Hapus semua makanan di sekitar mobil Anda – Pastikan tidak ada makanan kering hewan peliharaan di sekitar mobil Anda, serta menghindari untuk menyimpan bahan baku makanan untuk keperluan darurat di dalam garasi.

Ketika Anda memarkir mobil di carport rumah (outdoor)

  • Secara berkala membuka kap mesin mobil – Cara ini dinilai efisien bagi pemilik kendaraan yang memarkir mobil di carport atau area luar untuk mencegah mesin mobil Anda tidak menarik untuk menjadi sarang tikus.
  • Menghilangkan tempat persembunyian tikus – Jika carport Anda bersebelahan dengan halaman rumah, pastikan halaman bersih dari semak-semak belukar dan tutup semua titik yang memungkinkan tikus mendapatkan akses masuk ke dalam halaman Anda.
  • Lebih waspada ketika musim hujan tiba – Hal ini karena mesin mobil Anda adalah tempat hangat yang sangat disukai tikus selama musim hujan.

Jika Anda menemukan tanda kehadiran tikus di properti Anda dan berpikir bahwa mereka menunjuk ke serangan yang serius, meminta bantuan jasa pembasmi tikus profesional untuk menyelesaikan masalah tikus yang ada merupakan satu-satunya solusi terbaik yang Anda miliki!

Hubungi kami hari ini untuk survey tikus gratis di tempat Anda!