fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

4 Alasan Mengapa Tikus Merupakan Hewan yang Cerdas

2-MINUTES READ

  

Kita tentunya seringkali membahas mengenai kecerdasan yang dimiliki hewan-hewan seperti anjing, kucing ataupun burung yang umum menjadi peliharan setiap pemilik rumah - namun bagaimana dengan tikus?

Percaya atau tidak, tikus merupakan salah satu hewan lainnya yang memiliki tingkat kecerdasan lebih dari yang pernah Anda bayangkan sebelumnya!

Melalui artikel ini, Rentokil akan menjelaskan mengenai beberapa kecerdasan hewan pengerat satu ini yang menjadi alasan utama mengapa sangat sulit untuk menangkap tikus sendiri di rumah.

1. Tikus sangat mudah curiga dengan setiap perubahan di lingkungannya

Secara natural, tikus mampu mempelajari situasi lingkungannya dengan cepat dan sangat mudah curiga apabila terdapat perubahan yang terjadi di lingkungannya. Salah satunya adalah kecurigaan mereka terhadap kemunculan perangkap tikus yang Anda letakkan pada lingkungan yang biasa mereka lewati.

Oleh karenanya, bukan tidak mungkin apabila perangkap yang dipasang untuk menangkap tikus di rumah tidak akan membuahkan hasil yang instan dan  membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menangkap mereka.

2. Tikus memiliki indra penciuman yang tajam

Tikus memanfaatkan indra penciumannya yang tajam untuk mendeteksi makanan yang tersedia di sekitarnya dan juga mengenali keberadaan tikus lainnya. Ini adalah alasan mengapa tikus umumnya takut pada bau manusia. Mereka dapat mendeteksi aroma manusia melalui minyak yang ditinggalkan oleh sidik jari manusia.

Pastikan Anda tidak meletakkan perangkap tikus dengan tangan telanjang. Sangat disarankan agar Anda mengenakan sarung tangan saat menyiapkan perangkap dan umpan tikus. Karena mereka akan segera menjauh ketika mencium aroma manusia pada perangkap dan umpan yang Anda siapkan.

3. Tikus merupakan hama yang lincah dan gesit

Tikus adalah salah satu jenis hama rumah tangga yang dikenal memiliki kemampuan yang baik untuk memanjat, menyelundup dan menggali. Mereka cukup lihai dan cerdas untuk menemukan setiap titik masuk kedalam bangunan dan mencari tempat berteduh serta menemukan sumber makanan untuk berkembang biak di dalam bangunan Anda. Tahukah Anda? Tikus got atau brown rats dapat melompat secara vertikal lebih dari 77 cm dan 120 cm secara horizontal!

4. Tikus adalah hewan sosial yang suka berkomunikasi satu sama lain

Tikus berkomunikasi dengan tikus lainnya di dalam lingkungan yang sama dengan menggunakan urin mereka - atau cara ini juga dikenal dengan sebutan urine making.

Mereka akan keluar dari jalan mereka untuk buang air kecil pada hal-hal yang mereka lalui. Teknik komunikasi tikus ini berfungsi sebagai cara mereka menandai wilayah mereka kepada tikus-tikus lainnya di dalam suatu kelompok, dan cara ini juga berfungsi untuk mengarahkan tikus lainnya ke sumber makanan yang tersedia.

Mengapa ada banyak tikus di rumah saya?

Meskipun Anda telah melakukan berbagai cara mengusir tikus di rumah, namun mereka selalu selalu menemukan cara untuk masuk dan mengganggu kenyamanan Anda setiap saat.

Dalam hal ini, pilihan terbaik yang Anda miliki adalah untuk sesegera mungkin menghubungi jasa pembasmi tikus profesional dan bersertifikat untuk membantu Anda menghadapi masalah tikus yang ada.

Jasa pembasmi tikus profesional memiliki ahli dengan keterampilan, pengetahuan dan kemampuan yang memungkinkan mereka untuk menghilangkan bermacam jenis tikus di rumah atau bisnis Anda.

Apakah Anda merasa memiliki masalah dengan tikus di rumah atau bisnis Anda? Hubungi kami untuk saran dan bantuan dari ahli Rentokil hari ini juga. Kami di sini untuk membantu Anda!