fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

4 Hal yang Binatang Kutu Busuk Tertarik

3-MINUTES READ

  

Binatang kutu busuk merayap di malam hari dan memanjat tempat tidur ketika kamu sedang terlelap, sehingga mereka dapat diam-diam memakan darah manusia. Namun apakah penyebab adanya kutu busuk yang sesungguhnya?

Kutu busuk tertarik dengan karbon dioksida

Pada umumnya binatang kutu busuk tertarik pada manusia, karena manusia menghasilkan karbon dioksida. Maka tak heran apabila kutu busuk lebih suka menetap di dalam kamar karena daerah ini memiliki konsentrasi karbon dioksida yang cukup tinggi.

Kutu busuk juga cenderung menggigit saat manusia sedang tertidur di malam hari. Manusia memiliki gerakan yang sangat minim ketika sedang tertidur, sehingga dapat menghasilkan kumpulan karbon dioksida yang sangat menarik bagi kutu busuk.

Kutu busuk tertarik dengan kehangatan

Kutu busuk atau tungau kasur tidak tertarik pada kotoran dan debu, sebagai gantinya mereka lebih tertarik pada hawa hangat yang dihasilkan oleh tubuh manusia! Karena tubuh manusia menghasilkan hawa panas dan kehangatan, waktu tidur bagaikan tambang emas kehangatan untuk kutu busuk.

Ini juga menjelaskan mengapa lingkungan tempat kita tidur, terutama sandaran kepala menjadi area yang memiliki risiko tertinggi dari bahaya kutu busuk di kamar.

Kutu busuk tertarik dengan sprei berwarna gelap

Kutu busuk sudah terbiasa hidup di lingkungan yang gelap! Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa kutu busuk juga tertarik pada warna-warna tertentu, terutama untuk warna merah dan hitam.

Karena warna-warna ini mirip dengan dua hal yang selalu mereka cari: kegelapan dan darah.

Kutu busuk tertarik dengan cucian kotor

Ketika kutu busuk tidak menemukan manusia di dalam rumah sebagai mangsanya, mereka cenderung mencari cucian kotor sebagai sarangnya.

Perlu diketahui bahwa tumpukan cucian kotor di lantai kamar tidur dapat menjadi titik awal perjalanan tungau kasur di seluruh ruangan. Tahukah kamu? Bahwa kutu busuk sangat menyukai bau cucian kotormu!

Cucian kotor tak hanya dapat menjadi sarang kutu busuk, namun juga menjadi sarang bagi kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Kebiasaan untuk berperilaku bersih, tentu menjadi kunci dalam mencegah kutu busuk bersarang di rumahmu.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah gigitan kutu busuk?

Mencegah untuk binatang kutu busuk dapat bersarang di rumah jauh lebih mudah daripada menghilangkan kutu busuk itu sendiri. Berikut adalah tips dan cara pencegahan kutu busuk yang dapat dilakukan dirumah.

  • Sangatlah penting untuk memiliki kamar dengan ventilasi yang baik. Hindari untuk meletakan tanaman di dalam ruangan, karena tanaman juga mempengaruhi tingkat oksigen dan karbon dioksida!
  • Tutupi kulitmu dengan selimut ketika tidur. Dengan cara ini,  kamu tidak akan menjadi target empuk gigitan kutu busuk.
  • Mencuci dan mengeringkan sprei, sarung bantal dan selimut pada suhu tinggi secara teratur. Kutu busuk rentan terhadap suhu tinggi (117 - 120 fahrenheit).
  • Menggunakan warna-warna terang untuk sprei kasur mu seperti warna hijau, kuning dan juga putih. Hal ini tidak hanya membantu mencerahkan dan menyegarkan ruangan, tetapi juga membantu meminimalkan risiko kutu busuk juga menyukai sprei mu.
  • Cucilah cucian kotor dengan rajin, terutama yang dibawa dari bepergian. Simpan pakaian kotor dalam kantong atau plastik tertutup akan sangat membantu untuk mencegah kutu busuk terbawa pulang ketika kamu pulang dari berlibur.

Bagaimanapun juga semua orang berhak untuk mendapatkan istirahat berkualitas di malam hari tanpa mendapati gigitan kutu busuk setelah terbangun.

Tinggalkan semua kekhawatiranmu kepada Rentokil! Hubungi perusahaan pest control hari ini untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik cara menghilangkan tungau kasur di rumah.