fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

4 Spesies Semut Paling Sering Ditemukan Di Rumah

3-MINUTES READ

  

Mengidentifikasi jenis atau spesies semut di rumah Anda merupakan langkah awal yang tepat untuk mengetahui kebiasaan makan semut, cara hidup semut dan bagaimana cara membasmi sarang semut dengan tepat.

Umumnya, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang dalam membasmi semut di rumah adalah ketika penggunaan cairan pembasmi semut (cairan insektisida) yang tidak tepat dalam membasmi hama serangga ini. Dan tak jarang pula, kesalahan penggunaan cairan pembasmi semut tersebut bukan memberikan solusi jangka panjang untuk Anda, melainkan memperburuk situasi yang ada dari sebelumnya.

Jika Anda masih belum yakin jenis atau spesies semut apa yang Anda lihat di rumah, sekarang adalah saat yang tepat untuk mempelajari secara lengkap perbedaan 4 spesies semut paling sering ditemukan di rumah hari ini melalui panduan singkat yang telah Rentokil rangkum untuk Anda!

Semut Hantu (Semut Gula)

  • Bagaimana tampilannya? Kepala berwarna gelap dengan perut berwarna bening.

  • Apakah jenis semut ini menggigit atau menyengat? Tidak

  • Apa yang dimakannya? Makanan yang berasa manis, berbahan dasar gula.

  • Dimana lokasi kesukaannya untuk bersarang? Ditemukan di dalam ruangan terutama lingkungan yang lembab seperti di bawah bak cuci piring di dapur dan di dalam lemari.

  • Mengapa mereka datang ke tempat Anda? Kebiasaan untuk tidak berperilaku bersih atau pola konsumsi makanan yang tidak apik di rumah. Makanan manis, remah-remah biskuit atau tumpahan minuman manis yang tidak dibersihkan langsung mengundang semut pekerja untuk datang dengan cepat meninggalkan jejak semut di rumah Anda dengan cepat.

  • TIPS: Membersihkan dapur dengan air bersabun. Pelajari lebih lanjut mengenai tips kebersihan di sini!

Semut Firaun

  • Bagaimana tampilannya? Badannya berwarna kuning kecokelatan. 

  • Apakah jenis semut ini menggigit atau menyengat? Mungkin menggigit, namun sangat jarang menyengat.

  • Apa yang dimakannya? Protein dan makanan yang berbasis minyak. Mereka aktif mencari makan di malam hari.

  • Dimana lokasi kesukaannya untuk bersarang? Semut Firaun bersarang di berbagai tempat di dalam ruangan, misalnya seperti dibalik tumpukan koran.

  • Mengapa mereka datang ke tempat Anda? Anda mungkin merasa telah memiliki rumah yang bersih, namun bukan berarti terbebas dari hama. Banyak kesempatan untuk jenis semut ini hadir dan mencari makan di dalam rumah, seperti ketika Anda tidak menyimpan makanan dengan baik di tempat tertutup atau tidak menutup rapat makanan di dalam kontainer. Pelajari lebih lanjut beberapa alasan mengapa rumah yang bersih bukan berarti terbebas dari hama di sini.

  • TIPS: JANGAN pernah mencoba untuk mengusir semut Firaun dengan menggunakan semprotan atau cairan insektisida pembasmi semut karena ini hanya akan memperburuk keadaan dan menjadikan koloni semut ini lebih sulit untuk dikendalikan. Jangan ragu untuk menghubungi jasa pest control profesional ketika Anda berurusan dengan semut Firaun di rumah Anda.

Semut Gila

  • Bagaimana tampilannya? Berwarna hitam dan berkaki panjang, dapat bergerak tak menentu ke segala arah ketika merasa terganggu.

  • Apakah jenis semut ini menggigit atau menyengat? Tidak.

  • Apa yang dimakannya? Memakan berbagai jenis makanan, namun lebih menyukai makanan yang berbasis gula.

  • Dimana lokasi kesukaannya untuk bersarang? Semut gila bersarang di luar rumah (outdoor) khususnya di bawah pot bunga serta merangkak di sekitar jalan setapak dan koridor bangunan.

  • Mengapa mereka datang ke tempat Anda? Semut gila masuk ke dalam rumah Anda melalui area luar rumah untuk mencari makan di dalam rumah. Mereka dapat dengan mudah ditemukan di jalan setapak, area halaman dan kolam. Jenis semut ini adalah salah satu spesies semut yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, akan menjadi lebih sulit untuk mengendalikan semut ini ketika mereka telah membangun sumber makanan di dalam rumah Anda.

  • TIPS: Anda harus mencoba mengurangi kemungkinan jenis semut ini masuk ke dalam rumah dengan cara membuang cabang pohon yang bersebelahan dengan bangunan rumah Anda. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi rumah Anda dan mengatasi semut ini adalah dengan menutup semua celah dan retakan yang dapat menjadi akses masuk semut gila ini.

Semut Tukang Kayu

  • Bagaimana tampilannya? Berukuran besar (17mm), warna tubuh sulit untuk diidentifikasi.

  • Apakah jenis semut ini menggigit atau menyengat? Tidak.

  • Apa yang dimakannya? Embun madu dan serangga mati.

  • Dimana lokasi kesukaannya untuk bersarang? Semut tukang kayu memilih untuk bersarang di pohon dan struktur kayu. Jenis semut ini menggigit kayu saat proses pembuatan sarangnya di pohon, tetapi tidak mereka tidak memakan kayu sama seperti rayap.

  • Mengapa mereka datang ke tempat Anda? Anda mungkin memiliki pipa yang bocor atau struktur kayu yang menarik bagi jenis semut ini. Semut tukang kayu tertarik ke daerah dengan kelembaban tinggi dan membentuk sarang berupa lubang-lubang pada struktur kayu.

  • TIPS: Memperbaiki semua pipa bocor yang ada di rumah Anda. Cari tahu bagaimana cara membedakan semut dan rayap di sini.

Mengetahui berbagai perbedaan jenis semut melalui proses identifikasi setiap spesies semut menjadi langkah awal yang tepat ketika Anda memutuskan untuk mencegah semut di rumah. Apalagi bila tingkat infestasi semut di tempat Anda semakin tinggi, maka akan semakin banyak pula spesies semut yang perlu Anda identifikasi dengan benar agar dapat menerapkan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah semut yang ada. 

Apabila Anda melihat tanda-tanda masalah semut lebih serius di rumah Anda, seperti kemunculan semut-semut yang tidak pernah berakhir atau bahkan mendapatkan gigitan semut yang menyakitkan di rumah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghubungi perusahaan pest control profesional di Indonesia!