fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

5 Alasan Mengapa Tikus adalah Hewan yang Pintar dan Sulit Dikendalikan

7-MINUTES READ

  

Banyak orang yang tidak pernah mengira bahwa tikus adalah hewan yang pintar. Justru bagaimana kecerdikan tikus inilah yang menjadi alasan utama mengapa mereka sangat sulit untuk dikendalikan apabila mereka sudah menemukan akses masuk kedalam rumah Anda.

Berikut adalah 5 alasan mengapa tikus adalah hewan yang pintar dan sulit dikendalikan di rumah:

  1. Tikus memiliki tubuh yang fleksibel
  2. Tikus dapat berkembang biak dengan cepat
  3. Tikus mempunyai ingatan yang sangat baik
  4. Tikus adalah pemakan segalanya
  5. Tikus suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia

Tikus memiliki tubuh yang fleksibel

ukuran tubuh tikus

Ukuran tubuh tikus sangat bervariasi tergantung pada spesies atau jenis tikus. Namun secara umum ukuran tubuh hama tikus berkisar dari beberapa inci hingga mencapai 10 inci untuk jenis tikus besar di Indonesia.

Kemampuan tikus masuk rumah melalui lubang atau celah sekecil 1 cm, membuat banyak orang berpikir apabila tikus memiliki tubuh yang terdiri dari tulang lunak. Padahal sesungguhnya tikus memiliki struktur tubuh yang terdiri dari tulang yang terhubung dengan sendi dan tulang rawan sama halnya seperti manusia.

Bentuk tubuh tikus yang panjang dan cenderung berbentuk seperti silinder merupakan alasan utama kenapa tikus bisa masuk rumah Anda dengan mudah. Tubuh tikus yang fleksibel memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal seperti berlari di terowongan dan melalui ruang yang sempit, melompat, memanjat hingga menyelinap ke celah terkecil.

Tikus berkembang biak dengan cepat

Tentu bukan rahasia umum lagi apabila tikus dapat berkembang biak dengan cepat. Seekor tikus betina umumnya mengandung 6-8 kali selama setahun dengan masa kehamilan yang relatif singkat antara 21-24 hari.

Umumnya tikus betina mampu melahirkan 12 anak tikus atau lebih, meskipun pada banyak kasus tikus betina lebih sering melahirkan 5-10 anak tikus.

Salah satu sebab kenapa tikus dapat berkembang biak dengan cepat adalah kemampuan tikus untuk mencapai tingkat kematangan seksual dalam waktu yang cukup singkat - tikus jantan (10-12 minggu) dan tikus betina (8-9 minggu).

Ini berarti bahwa suatu populasi tikus dapat membengkak dengan cepat dari hanya dua ekor tikus menjadi sekitar 1.250 dalam satu tahun. Bahkan faktanya, sepasang tikus dapat memproduksi sekitar 2.000 anak tikus dalam setahun apabila dibiarkan tidak dikendalikan!

Tikus mempunyai ingatan yang sangat baik

tikus pintar

Tikus adalah salah satu binatang yang memiliki penglihatan yang sangat buruk. Apa yang mereka lihat akan tampak buram, terutama ketika objek yang mereka lihat berjarak beberapa meter jauhnya.

Meskipun demikian, siapa sangka jika tikus adalah hewan pintar yang dilengkapi dengan ingatan yang sangat baik? Melalui ingatannya yang tergolong istimewa ini, tikus dengan mudah mengingat dan memetekan ruangan serta semua rute yang mereka sudah lewati dalam waktu yang lama.

Uniknya lagi, tikus juga diketahui mampu mengingat wajah manusia dan mengenali orang-orang yang telah mereka lihat sebelumnya. Hal ini menjadikan mereka lebih waspada ketika harus berhadapan dengan manusia ketika hendak mencoba untuk menangkapnya.

Tikus adalah pemakan segalanya

Makanan yang disukai tikus sangat tergantung pada dimana tempat tinggal tikus dan jenis tikus itu sendiri. Meskipun demikian, tikus sebagai hama dikenal sebagai hewan omnivora dan pemakan oportunistik. Mereka akan memakan apapun yang mereka temukan, ini juga termasuk makanan yang dimakan oleh manusia.

  • Jenis tikus atap dapat memakan daging dan biji-bijian, tetapi makanan kesukaan tikus jenis ini adalah buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.
  • Jenis tikus got memilih jenis makanan yang jauh lebih seimbang dibandingkan dengan tikus atap, makanan kesukaan tikus got antara lain adalah biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan sereal, daging hingga ikan.

Melihat dari kebiasaan tikus dalam memilih makanannya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan rumah khususnya di tempat dimana terdapat banyak bahan mentah atau makanan siap saji yang biasa kita konsumsi di rumah.

Tikus suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia

sarang tikus

Tikus merupakan hewan yang pemalu dan lebih aktif ditemukan di malam hari (nokturnal). Inilah sebabnya kenapa tikus suka bersembunyi dimana tempat-tempat tersebut tergolong gelap dan hangat di dalam rumah Anda.

Tikus membangun sarangnya di dalam rumah Anda dengan mengumpulkan dan merobek-robek bahan-bahan lunak yang dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan rumah Anda, seperti kain, kardus, dan kertas.

Dimana tikus bersembunyi sejatinya tergantung pada jenis tikus yang ditemukan mengancam rumah Anda. Namun, jenis tikus rumah akan memilih untuk bersarang di tempat-tempat yang cukup sulit dijangkau oleh manusia.

Berikut ini adalah beberapa tempat yang seringkali menjadi sarang tikus:

  • Atap rumah
  • Di bawah atau di balik mesin perabotan rumah tangga, seperti kompor atau kulkas
  • Di balik tembok
  • Di ventilasi udara
  • Di dalam garasi atau gudang
  • Mesin mobil

Bagaimana cara membuat tikus pergi dari rumah?

Tikus dapat menjadi hama persisten yang dapat mengganggu rumah Anda. Lebih buruknya lagi, tidak mudah untuk membuat tikus pergi dari rumah Anda - terutama jika mereka dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan dasar untuk bertahan hidup di dalam rumah Anda, seperti:

  • Sumber makanan
  • Sumber air
  • Tempat bersarang

Cara terbaik untuk mencegah tikus adalah dengan tidak memberi mereka sedikitpun akses ke sumber makanan, air, dan tempat bersarang di dalam rumah Anda:

  • Menjaga rumah tetap bersih dengan tidak menumpuk barang-barang bekas seperti koran dan kardus bekas yang dapat menjadi tempat persembunyian tikus.
  • Menyimpan semua bahan makanan kedalam wadah yang tertutup rapat.
  • Jangan meninggalkan piring kotor di bak cuci dapur semalaman.
  • Secara reguler mengosongkan tempat sampah dan tidak membiarkan kantong plastik sampah tertinggal di dalam rumah.
  • Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan saluran air di rumah.

Hubungi Rentokil hari ini untuk survey gratis di tempat Anda, serta memastikan bahwa tikus tidak kembali lagi dikemudian hari.