fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apa Itu Laron?

6-MINUTES READ

  

Alate atau lebih dikenal dengan sebutan laron oleh kebanyakan orang Indonesia merupakan nama ilmiah untuk rayap terbang atau rayap bersayap. Laron adalah bagian awal dari setiap siklus hidup rayap atau fase dimana kasta rayap telah siap untuk reproduksi dan mebangun koloni baru.

Pelajari lebih lanjut tentang kasta rayap dan perannya di sini

Laron kecil seringkali ditemukan terbang berkerumun sebelum dan sesudah hujan turun. Rayap terbang umumnya terbang mengerumuni sumber cahaya, seperti dibawah lampu rumah dan lampu jalanan sebelum akhirnya mendarat di tanah dan melepaskan sayapnya untuk berkembang biak dan mendirikan koloni baru.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kemunculan laron tidak hanya sekedar mengganggu selama musim hujan, namun lebih dari itu, melihat laron yang terbang dan mengerumuni cahaya merupakan tanda awal yang khas bahwa ada infestasi rayap yang berada di atau dekat rumah Anda.

Mari kita membahas hal-hal dasar tentang beberapa pertanyaan seputar laron atau rayap terbang yang Rentokil rangkum untuk Anda!

Seperti apa bentuk laron?

Di bawah ini adalah cara mengidentifikasi bagaimana bentuk rayap terbang atau laron di Indonesia:

  • Warna: bervariasi mulai dari coklat muda sampai coklat tua.
  • Ukuran: laron memiliki panjang sekitar 8.5 hingga 9.7 mm, termasuk dengan sayapnya.
  • Sayap: mereka memiliki dua sayap besar dan tembus pandang yang panjangnya sama dengan panjang badannya.
  • Pinggang & antena: laron memiliki pingang yang lurus dan dua antena yang berbentuk lurus dengan sediktit lekukan.

Berikut ini adalah gambar laron atau rayap terbang.

gambar laron

Dari mana munculnya laron?

Karena laron adalah rayap, dari mana laron muncul tergantung kepada spesies atau jenis rayap yang berada di atau dekat rumah Anda. Ada 2 jenis rayap yang paling sering ditemukan di Indonesia:

  • Rayap tanah (subterranean termites)
  • Rayap kayu kering (drywood termites)

Seperti namanya, jenis rayap tanah (Coptotermes spp.) umumnya akan masuk rumah Anda melalui bawah tanah atau pondasi bangunan rumah. Sedangkan rayap kayu kering (Cryptotermes spp.) seringkali ditemukan masuk rumah melalui loteng rumah karena jenis rayap ini hanya membutuhkan sedikit kelembaban tidak sama seperti rayap tanah.

Mengapa laron keluar pada musim hujan?

Laron umumnya muncul dalam jumlah besar ketika suhu udara sekitar mulai naik, seperti saat hujan lebat atau ketika cuaca hangat dan cerah. Laron menyukai suhu antara 25 - 28°C dan mereka dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

Perubahan suhu diketahui sebagai pemicu utama kenapa laron keluar dari sarangnya untuk terbang dan pernikahan dengan cara terbang atau juga dikenal dengan sebutan nuptial flight yang umum dilakukan oleh serangga lainnya seperti semut. Salah satu penyebab kenapa rayap bersayap atau laron keluar.

Mengapa laron suka dengan cahaya lampu?

mengapa laron suka dengan cahaya lampu

Sama halnya dengan serangga terbang nokturnal pada umumnya seperti ngengat dan kumbang, laron juga sangat tertarik dengan sumber cahaya. Ini adalah alasan utama mengapa Anda akan sering menemukan banyak dari mereka terbang berkerumun di bawah lampu jalan atau lampu teras.

Apakah laron berbahaya?

Laron tidak tidak beracun, menggigit dan menyengat manusia dengan cara apapun, namun menemukan banyak laron yang terbang di dalam rumah tentu merupakan hal yang menjengkelkan.

Tapi Anda harus merasa khawatir ketika Anda melihat banyak sayap laron yang terlepas di dalam ataupun luar urmah Anda. Karena ini mungkin menjadi tanda awal dari gejala serangan rayap di rumah Anda.

Mangapa laron melepaskan sayapnya?

Melihat laron yang terbang berkerumun di sekitar sumber cahaya selama beberapa menit sebelum mereka melepaskan sayap dan mulai berkeliaran di lantai tanpa sayap merupakan pemandangan yang paling umum terlihat ketika ada laron di dalam rumah Anda.

Namun kenapa laron melas sayapnya? Ketika Anda melihat laron telath melepaskan sayapnya ini berarti mereka telah siap secara seksual untuk memukai proses penciptaan koloni rayap baru.

Bagaimana caranya mengatasi laron?

Kehadiran rayap bersayap tentu bisa sangat menganggu bagi setiap pemilik rumah, tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laron di sekitar rumah adalah dengan mematikan semua lampu, baik pencahayaan dari dalam maupun luar ruangan semalaman. Selain itu, menutup jendela dan pintu serta ventilasi juga membantu Anda untuk mengatasi laron yang terbang di luar lingkungan rumah tidak masuk ke dalam rumah Anda.

Namun, jika Anda menemukan rayap terbang semakin menjengkelkan, sangat disarankan untuk segera menghubungi jasa pembasmi rayap profesional untuk segera melakukan indentifikasi terhadap tingkat masalah hama rayap di properti Anda, terlepas dari musim rayap atau tidak.

Salah satu ahli rayap kami akan bekerjasama dengan Anda untuk mengembangkan treatment anti rayap khusus yang tepat untuk rumah dan keluarga Anda.

Hubungi Rentokil hari ini untuk mendapatkan treatment anti rayap terbaik dengan garansi di properti Anda!