fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Fakta Semut: Apa Makanan Semut?

2-MINUTES READ

  

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana semut dapat memakan segalanya ketika mereka berada di dekat Anda.

Ketika ada tumpahan makanan di bawah meja Anda, sekelompok semut akan datang untuk memakannya. Ketika ada serangga mati seperti kecoa atau lalat, mereka juga akan datang dan membawa serangga mati tersebut bersama koloni mereka.

Apa makanan kesukaan semut?

Semut adalah hewan omnivora dan memakan hampir semua yang ada di alam. Mereka memakan baik tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Sebagian besar spesies semut dikenal oportunis untuk perilakunya dalam mencari makan. Artinya, mereka akan memakan apa pun yang ditemukan di rumah Anda untuk tetap bertahan hidup.

Tetapi, Anda harus tahu bahwa tidak semua spesies semut akan memakan hal yang sama, artinya beda spesies semut beda juga makanan yang akan mereka makan. Mari kita lihat 3 makanan semut dibawah ini!

Makanan manis

Sudah bukan rahasia umum apabila sebagian jenis semut yang Anda temukan sangat menyukai makanan-makanan dengan rasa manis di dapur Anda, ini seperti roti, sirup, madu dan jus. Tetapi, ketika terlalu sulit bagi semut untuk mendapatkan makanan manis di sekitar rumah Anda, mereka akan mencari zat manis yang disebut madu atau honeydew yang ditinggalkan oleh serangga lain.

Madu adalah cairan lengket kaya gula diproduksi oleh serangga kecil yang disebut kutu daun ketika mereka memakan tanaman. Beberapa populasi kutu daun akan mengambil keuntungan dengan memberikan madu tersebut ke koloni semut dan menukarnya dengan perlindungan bagi populasi mereka dari pemangsa yang lebih besar (simbiosis mutualisme).

Makan berprotein

Selain makanan-makanan manis, semut juga mengkonsumsi protein untuk dapat tumbuh dan berkembang biak. Protein tinggi dalam makanan seperti selai kacang, daging dan telur tentu sangat menarik sekelompok semut untuk datang. Selain itu, mereka juga tertarik pada lemak dan minyak dari proses memasak yang biasanya ditemukan di permukaan meja dan lantai dapur beserta peralatan memasak.

Ketika semut tinggal di luar rumah, tentu banyak di antara kalian yang melihat sekumpulan semut yang memakan dan membawa serangga mati seperti kecoa atau lalat untuk mereka bawa ke koloninya. Hal ini karena mereka juga dapat menemukan kandungan protein dari memakan bangkai atau serangga mati yang mereka temukan di luar rumah.

Fungi

Tahukah Anda? Semut membudidayakan fungi atau jamur di area yang lembab seperti di area kebun Anda. Beberapa spesies semut juga tumbuh dan berkembang biak dengan hanya memakan fungi. Spesies semut seperti semut pemotong daun tumbuh dan memakan fungi sebagai sumber nutrisi mereka.

Bagaimana cara mencegah semut menemukan jalan masuk ke rumah Anda untuk mencari makanan?

  • Tidak menunda untuk membersihkan tumpahan makanan dan minuman manis di lantai atau meja makan
  • Menyapu dan mengepel lantai secara rutin, untuk memastikan tidak ada remah-remah tersisa yang menjadi sumber makanan yang tersedia untuk semut
  • Periksa kembali apakah Anda telah menyimpan makanan dengan benar di rak, meja dan lemari dapur Anda
  • Menyimpan makanan di dalam wadah kedap udara dan meletakkannya di dalam kulkas jika memungkinkan

Sekarang Anda tahu apa saja makanan semut dan bagaimana cara mencegah semut mencari makan di dalam rumah Anda. Hubungi Rentokil di 0-8001-333-777 atau secara online untuk jasa basmi semut yang efektif di tempat Anda.