fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apa Makanan yang Disukai Tikus

5-MINUTES READ

  

Tikus adalah hewan omnivora, ini berarti mereka akan memakan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan seperti halnya manusia. Terlepas dari berbagai macam jenis tikus, secara umum tikus juga dikenal luas sebagai pemakan oportunistik yang berarti mereka akan makan apa pun yang mereka temukan.

Kebiasaan tikus dalam makan

Kecerdikan tikus dalam mencari makan tidak dapat diragukan lagi! Tikus sangat bergantung pada indera penciuman dan perasanya ketika harus mencari makanan. Melalui indera penciumannya yang kuat, tikus diketahui dapat mendeteksi bau dari sumber makanan potensial dari jarak yang cukup jauh.

Melalui indera perasanya yang baik tikus melakukan "pemeriksaan kualitas" pada setiap makanan yang akan hendak mereka makan. Tikus memiliki reseptor rasa yang terdapat pada lidahnya yang membantu mereka dapat membedakan lima kategori rasa seperti manis, asam, asin, pahit, dan gurih.

Sebagai kemampuan utama tikus untuk bertahan hidup di alam liar, indera perasa yang dimiliki oleh tikus membantu mereka untuk memahami mana makanan yang baik untuk mereka konsumsi, dan mana makanan yang akan berbahaya jika mereka konsumsi.

Apakah makanan kesukaan tikus?

makanan kesukaan tikus

Makanan yang dimakan tikus tergantung pada dimana mereka tinggal. Sekalipun mereka akan memakan segala hal yang mereka temukan, namun tikus juga memeliki preferensi dalam memilih makanan. Inilah sebabnya mengapa tikus di alam liar akan memakan hal-hal yang berbeda dari mereka yang ditemukan di tempat dimana banyak manusia terdapat disana.

Di alam liar, tikus cenderung menjadi hewan vegetarian. Berikut ini adalah beberapa makanan tikus di alam liar:

  • Buah-buahan
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran
makanan yang dimakan tikus

Di daerah perkotaan atau ketika tikus masuk rumah, umumnya tikus akan memilih untuk mengkonsumsi hampir semua makanan yang manusia juga konsumsi. Makanan kesukaan tikus yang terdapat di rumah Anda adalah segala makanan yang tinggi lemak, protein atau gula, makanan yang dimakan tikus di rumah Anda antara lain:

  • Daging
  • Ikan
  • Sereal
  • Buah-buahan
  • Roti

Apa makanan yang disukai tikus baik untuk di jadikan umpan?

Meskipun tikus memakan segalanya, namun mereka juga akan tetap memilih makanan yang akan mereka konsumsi tergantung pada dimana tikus akan tinggal.

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa umpan yang sama akan bekerja dengan baik untuk menangkap tikus di banyak tempat yang berbeda, misalnya menggunakan buah-buahan sebagai umpan di properti yang berbeda seperti rumah, pabrik atau gudang. Mengapa demikian?

Sebagai contoh, tikus yang ditemukan banyak terdapat pada sebuah toko roti akan cenderung terpikat dengan umpan seperti gandum atau sereal bukannya umpan seperti buah-buahan.

Sehingga, ketika Anda meletakkan buah sebagai umpan dari perangkap tikus, bukan tidak mungkin jika tikus akan membutuhkan waktu lebih lama atau bahkan tidak tertarik sama sekali untuk tergiur dengan umpan yang Anda berikan. Ini karena buah bukanlah makanan yang biasa mereka makan di toko roti tersebut.

Oleh karenanya, dalam menentukan umpan tikus yang efektif, Anda harus memilih makanan yang biasanya dimakan tikus di properti Anda karena mereka sudah terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut diam-diam tanpa Anda pernah ketahui.

Pest control tikus

Tentu bukan hal yang mudah untuk usir tikus selamanya sendiri, terutama dalam memilih umpan terbaik dalam menjebak dan menghilangkan tikus di rumah atau properti bisnis Anda. Cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan tikus dengan aman dan efisien adalah dengan meminta bantuan jasa pest control profesional.

Pest control tikus profesional akan melakukan pemeriksaan awal untuk memahami perilaku dan kebiasaan tikus serta karakteristiknya di properti Anda, ini juga termasuk jenis tikus yang merajalela di tempat Anda, tempat tinggal tikus, dan kebiasaan makan tikus.

Jangan tunggu sampai makanan Anda dimakan oleh tikus yang merajalela. Hubungi Rentokil secara online untuk menjadwalkan inspeksi gratis di tempat Anda sekarang!