fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apa yang Menyebabkan Tikus Masuk Rumah Anda?

3-MINUTES READ

  

Pernahkah Anda berpikir mengapa bisa ada banyak tikus di rumah Anda? Jika ya, Anda tentu perlu mengetahui alasan utama yang menyebabkan mereka sangat tertarik datang ke rumah Anda.

Karena dengan mengetahui alasan utama mengapa tikus masuk rumah, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah infestasi tikus lebih meluas di rumah Anda.

Terdapat 3 hal utama yang menyebabkan tikus masuk ke rumah Anda berdasarkan kebutuhan dasar mereka, yaitu:

  1. Adanya sumber makanan
  2. Ditemukannya sumber air
  3. Terdapat tempat berlindung (shelter)

Adanya sumber makanan

Pada dasarnya, tikus akan memakan apapun yang dimakan oleh manusia. Mereka tentu dengan senang hati mengkonsumsi hampir semua makanan yang mereka temukan pada lemari atau laci dapur Anda. Namun, tikus lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit untuk memberikan variasi pada makanan yang mereka konsumsi.

Tikus dapat dengan mudah mendeteksi keberadaan makanan di rumah Anda dengan menggunakan kumisnya. Mereka menggunakan kumis mereka seperti halnya manusia menggunakan sidik jari untuk menyentuh atau merasakan sesuatu. Kumis tikus juga berfungsi sebagai pemberi rasa sentuhan yang sangat sensitif untuk membantu mereka menemukan dan membedakan makanan yang ditemukan.

Anda perlu waspada ketika mengonsumsi makanan yang sudah atau terlihat rusak karena hama tikus. Tikus dapat mengkontaminasi makanan yang biasa Anda konsumsi melalui urin atau feses mereka dan menyebarkan penyakit berbahaya seperti Salmonella diikuti dengan gejala diare akut.

Ditemukannya sumber air

Tikus dapat menemukan sumber air sama seperti cara mereka menemukan sumber makanan di rumah Anda. Tikus dapat bertahan hidup di habitat yang kering, dimana sumber air tidak tersedia. Pada situasi seperti ini, tikus akan mendapatkan kebutuhan air untuk bertahan hidup melalui makanan-makanan yang mereka konsumsi.

Rata-rata tikus membutuhkan 15 - 30 ml air setiap hari ketika mereka hanya mengkonsumsi makanan-makanan kering. Namun mereka akan membutuhkan lebih sedikit air ketika mereka dapat menemukan makanan lembab dan basah yang tersedia di rumah Anda.

Tikus seringkali memanfaatkan pipa air dan kepala keran yang bocor hingga mangkuk minuman hewan peliharaan Anda untuk mendapatkan sumber air di rumah Anda.

Terdapat tempat berlindung

Tikus umumnya selalu mencari tempat berlindung yang dapat ditemukan di dalam dan di luar rumah Anda untuk menjadi tempat bersarang potensial bagi anak-anak mereka.

Tikus tidak pernah kehabisan akal. Mereka dapat membangun sarang mereka dengan memanfaatkan hampir semua jenis bahan atau puing-puing yang mereka temukan di loteng atau taman Anda.

Cari tahu lebih lanjut di mana tikus biasa membangun sarangnya di rumah Anda disini

Bagaimana cara mencegah tikus masuk rumah Anda?

Pelajari langkah sederhana cara mencegah tikus masuk rumah Anda sebelum mereka berubah menjadi masalah yang lebih besar:

Menghilangkan sumber makanan untuk tikus

  • Menyimpan semua makanan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan juga menyimpannya di dalam lemari es jika memungkinkan.
  • Membiasakan untuk membuang sampah dan sisa-sisa makanan ke tempat sampah yang berada di luar rumah.
  • Memastikan bahwa tempat sampah Anda memiliki tutup - sehingga mencegah tikus menemukan sisa-sisa makanan di dalam plastik sampah yang Anda buang.
  • Secara rutin membersihkan bekas makanan hewan peliharaan, serta menyimpan stok makanan hewan peliharaan Anda ke dalam wadah tertutup.

Menghilangkan sumber air untuk tikus

  • Memperbaiki pipa air dan keran air bocor yang seringkali menjadi sumber air untuk tikus.
  • Menghilangkan semua genangan air yang ada; ini juga termasuk genangan air yang berada di dalam pot tua.

Menghapus akses mereka untuk membangun tempat berlindung

  • Menutup semua celah dan retakan kecil di sekitar area dinding rumah menggunakan sealant.
  • Memeriksa semua dinding, jendela, pintu, atap dan saluran air untuk kemungkinan adanya celah yang dapat dilalui oleh tikus.
  • Membersihkan kebun dari puing-puing. Jika Anda memiliki tumpukan kompos, jangan masukkan limbah makanan organik, karena ini akan menarik tikus untuk datang.
  • Merapikan area dalam (indoor) dan luar rumah (outdoor) Anda. Tikus akan dapat dengan mudah menemukan tempat bersembunyi dan berlindung di rumah yang tidak bersih dan penuh dengan tumpukan barang.

Bagaimana agar rumah bebas tikus?

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang disebutkan di atas, maka kini Anda lebih siap untuk mencegah tikus masuk rumah Anda.

Tidak ada satupun orang yang suka menemukan banyak tikus di rumah. Mulailah membuat rumah Anda menjadi tempat yang tidak menarik lagi bagi tikus untuk tetap tinggal.

Hubungi Rentokil hari ini di 0-8001-333-777 atau secara online untuk solusi pengendalian tikus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.