fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apakah kecoa menggigit?

10-MINUTES READ

  

Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua tentu seringkali mendapatkan gigitan dari serangga seperti nyamuk, kutu busuk atau kutu, tetapi bagaimana dengan gigitan kecoa?

Meskipun mereka tidak membutuhkan darah untuk bertahan hidup, tetapi kecoa terbukti dapat menggigit manusia. Kecoa dapat menggigit manusia apabila mereka merasa cukup lapar dan jumlah populasinya melebihi jumlah sumber makanan yang tersedia di lingkungannya.

Jadi, apakah kecoa menggigit? Jawaban singkatnya adalah ya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena gigitan kecoa tidak sepenuhnya berbahaya. Hal yang lebih perlu Anda khawatirkan adalah ketika Anda telah mendapati banyak kecoa di rumah.

Kebiasaan kecoa yang suka mencemari makanan manusia dengan limbah dan air liurnya yang mengandung bakteri, tentunya dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan keluarga Anda.

Gigitan kecoa pada manusia

Kecoa adalah binatang yang bersifat nokturnal, lebih suka bersembunyi di siang hari dan secara alami pemalu terhadap manusia. Meskipun tidak terlalu umum, gigitan kecoa biasanya terjadi pada malam hari ketika orang sedang tertidur dan tidak bergerak.

Lokasi utama pada tubuh manusia yang umum terkena gigitan kecoa:

  • Wajah
  • Mulut
  • Tangan
  • Jari

Apakah gigitan kecoa berbahaya?

Tidak seperti hama lain, kecoa tidak mampu menularkan penyakit secara langsung melalui gigitan mereka. Namun bahayakah gigitan kecoa itu sebetulnya?

Anda tentu tahu apabila kecoa adalah salah satu hewan yang paling kotor dan menjijikan. Mereka diketahui membawa berbagai kuman, bakteri dan patogen yang berbeda pada tubuh mereka dan dapat menularkan penyakit seperti Salmonella melalui kotoran, urin, muntah dan terkadang air liur. Penyakit-penyakit ini tentu dapat ditularkan dengan menginfeksi luka yang terbuka atau melalui inhalasi.

Kotoran kecoa yang mereka tinggalkan terdiri dari alergen yang dapat memicu gejala alergi seperti berikut ini:

  • Ruam kulit
  • Kulit yang gatal
  • Bersin-bersin
  • Mata berair
  • Hidung tersumbat
  • Batuk

Dalam banyak kasus dengan alergen kecoa, gejala-gejala ini sering menjadi kronis dari waktu ke waktu, bertahan melebihi alergi musiman khas.

Seperti apa gejala gigitan kecoa pada manusia?

Gigitan kecoa sepintas mirip dengan gigitan dari serangga lain seperti gigitan kutu busuk atau nyamuk. Namun, ada beberapa perbedaan halus yang dapat Anda lihat untuk membantu mengidentifikasi gejala gigitan kecoa pada kulit

Berikut adalah beberapa gejala gigitan kecoa pada manusia:

  • Gigitan kecoa berwarna merah cerah dan lebar sekitar 1-4mm, berbentuk sedikit lebih besar daripada gigitan kutu busuk.
  • Dibandingkan dengan gigitan kutu busuk yang biasanya ditemukan dalam satu garis lurus, gigitan kecoa hanya muncul satu per satu.
  • Seperti kebanyakan gigitan serangga, gigitan kecoa menyebabkan kulit bereaksi dengan bengkak dan menjadi gatal.
  • Gatal karena gigitan kecoa dapat bertahan hingga satu minggu.

Dalam beberapa kasus, gigitan kecoa juga dapat menyebabkan timbulnya sekelompok benjolan di lokasi gigitan. Jika Anda khawatir tentang gigitan dan reaksi yang mungkin Anda miliki, Anda harus sesegera mungkin mencari pertolongan medis.

Berikut adalah contoh gambar bekas gigitan kecoa pada kulit manusia.

gambar gigitan kecoa

Bagaimana cara mengobati gigitan kecoa?

Dalam menghadapi gigitan kecoa, sangat penting untuk menghindari untuk menggaruknya, karena jika tidak Anda berisiko memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati gigitan kecoa:

  • Cuci area gigitan dengan sabun dan air - Cara ini akan membantu Anda menghilangkan kuman yang tertinggal dari kecoa dan mengurangi risiko infeksi.
  • Tempatkan kompres dingin atau kompres es pada area yang digigit - Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Bagaimana cara mengatasi gigitan kecoa?

Untuk mempelajari cara mencegah diri Anda dari gigitan kecoa, pertama-tama Anda perlu menilai apakah kebiasaan Anda di rumah selama ini tidak menjadi penyebab kecoa datang?

  • Apakah rumah Anda gelap dan lembab? - Kecoa hidup berkelompok dan tertarik pada kelembaban, kehangatan dan kegelapan.

  • Cukup rajinkah Anda menjaga kebersihan rumah? - Menjaga kebersihan rumah Anda adalah cara termudah untuk mencegah kecoa tertarik masuk ke rumah Anda. Beri perhatian ekstra pada kebersihan bagian rumah seperti dapur dan kamar mandi, serta secara rutin dan teratur mengosongkan sampah Anda di dalam rumah.

  • Kapan terakhir kali Anda memeriksa struktur rumah Anda? - Celah, retakan pada dinding dan pipa saluran air adalah salah satu alasan kenapa tiba-tiba banyak kecoa masuk ke rumah Anda.

  • Apakah Anda menciptakan genangan di rumah Anda? - Tumpahan air dan kebocoran pipa, kegiatan mencuci dan menyiram atau kebiasaan gaya hidup yang buruk menciptakan tempat berkembang biak yang baik untuk kecoa. Tahukah Anda? Kecoa bahkan dapat bertahan hidup hingga dua minggu tanpa air!

Terakhir, cara terbaik untuk mengatasi gigitan kecoa adalah dengan menggabungkan tindakan pencegahan dan mengendalikan hama kecoa yang mungkin Anda miliki di rumah. Cara memberantas kecoa kecoa paling efektif dari properti Anda adalah dengan meminta bantuan dari jasa pest control profesional.

Apakah Anda merasa mendapati gigitan kecoa dan bertanya-tanya kenapa rumah banyak kecoa? Hubungi Rentokil hari ini untuk menyelesaikan masalah kecoa di properti Anda.