fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Apakah Kutu Kucing Menggigit Manusia?

7-MINUTES READ

  

Kutu memakan darah dari mamalia yang di mana manusia termasuk dalam kelompok mamalia yang seringkali menjadi target gigitan kutu kucing. Jadi jawaban sederhana untuk: apakah kutu kucing bisa menggigit manusia adalah ya.

Meskipun kutu banyak terdapat dan lebih memilih untuk menggigt hewan peliharaan, namun bukan berarti mereka tidak bisa melakukan hal yang serupa kepada manusia.

Tapi Anda jangan panik! Dalam artikel ini Anda akan memiliki panduan lengkap seputar kutu kucing dan gigitannya, ini termasuk:

Siapa saja yang berisiko digigit kutu kucing?

gambar gigitan kutu kucing

Setiap manusia berisiko terhadap gigitan kutu, terutama bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing di rumah. Apabila Anda membiasakan untuk membiarkan kucing peliharaan untuk bebas berkeliaran di luar rumah, bukan tidak mungkin apabila kelak kucing Anda akan membawa pulang kutu yang berasal dari luar rumah.

Baca juga: Dari mana kutu kucing berasal?

Kutu kucing tidak bisa terbang karena mereka tidak memiliki sayap, tetapi mereka adalah parasit yang mampu melompat lebih jauh dari panjang tubuhnya sendiri. Panjang tubuh kutu kucing adalah 3mm dan mereka memiliki kemampuan untuk melompat sama baiknya secara vertikal maupun horizontal (mereka mampu lompat sekitar 6 inci secara vertikal dan 13 inci secara horizontal).

Seperti apa ciri-ciri gigitan kutu kucing pada manusia?

Indikasi paling umum apabila Anda memiliki masalah kutu kucing di rumah adalah ditemukannya bekas gigitan kutu kucing pada kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gigitan kutu kucing pada manusia:

  • Rasa gatal yang hebat pada kulit yang dapat sangat menyakitkan.
  • Timbulnya bintik-bintik atau benjolan kecil kemerahan, dikelilingi oleh area yang memerah dengan sedikit pembengkakan di sekitar gigitan yang terasa sakit saat disentuh.
  • Umumnya muncul di bagian bawah tubuh, seperti kaki, pergelangan kaki dan kaki bagian bawah.
  • Meski sangat jarang, gigitan kutu kucing juga dapat ditemukan di bagian tubuh lain seperti oada ketiak, pinggang dan siku.
  • Beberapa orang mungkin bereaksi buruk terhadap gigitan kucing, seperti timbulnya alergi pada kulit, pusing, sulit bernapas, mual dan nyeri dada.

Apa perbedaan antara gigitan kutu kucing dan gigitan serangga lainnya?

Serupa tapi tak sama. Pelajari lebih lanjut perbedaan signifikan antara gigitan kutu kucing dan gigitan serangga lainnya, seperti gigtan kutu busuk dan nyamuk.

ciri-ciri digigit kutu kucing

Perbedaan gigitan kutu kucing dan gigitan kutu busuk

Karena bentuknya yang serupa dan keduanya adalah serangga kecil pemakan darah, kebanyakan orang sering keliru untuk membedakan antara kutu dan kutu busuk. Padahal salah satu cara termudah untuk membedakan keduanya adalah dengan melihat pola dan lokasi gigitan diantara keduanya.

Kutu umumnya menggigit manusia di sekitar area kaki dan pergelangan kaki. Sedangkan gigitan kutu busuk umumnya ditemukan di bagian tubuh bagian atas yang dekat dengan pembuluh darah di dekat permukaan kulit, seperti lengan, leher, dan tangan.

Tidak seperti gigitan kutu busuk yang muncul dalam satu baris di sepanjang area yang terbuka, gigitan kutu kucing muncul dalam sebuah grup atau kelompok kecil.

Perbedaan gigitan kutu kucing dan gigitan nyamuk

Tentu tidak sulit sama sekali untuk membedakan bentuk tubuh antara kedua serangga menggigit ini. Tetapi seberapa mudah untuk membedakan antara gigitan kutu kucing dan gigitan kutu nyamuk?

Gigitan nyamuk dan kutu dapat muncul kapan saja. Namun, gigitan nyamuk muncul dalam benjolan besar yang gatal, sementara gigitan kutu tampak sangat kecil dengan bercak merah sentral. Gigitan nyamuk menyebar dan dapat ditemukan di seluruh tubuh, sedangkan gigitan kutu muncul secara berkelompok dan jarang muncul di bagian tubuh bagian atas.

Bagaimana cara mengobati gatal karena kutu kucing?

Dalam kebanyakan kasus, gigitan kutu tidak menyakiti manusia dan akan hilang dengan sendirinya. Namun bagi sebagian orang yang sangat sensitif terhadap gigitan kutu, akan timbul beberapa reaksi alergi yang memerlukan bantuan daruitu menyebabkan beberapa reaksi alergi dan memerlukan tindakan medis yang segera.

Jika Anda digigit kutu kucing, ikuti beberapa cara menyembuhkan gigitan kutu kucing pada manusia di bawah ini:

  • Pertama-tama, Anda harus menahan keinginan untuk menggaruk bagian kulit yang gatal. Infeksi dapat terjadi ketika Anda terus menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut.
  • Cuci atau basuh bagian kulit yang digigit kutu kucing dengan menggunakan sabun antiseptik sesegera mungkin untuk menghindari infeksi.
  • Kurangi pembengkakan dan gatal-gatal pada kulit dengan mengompres dengan es kulit yang digigit kutu kucing.
  • Gunakan lotion kalamin atau salep topikal anti-gatal yang mengandung bahan mentol untuk mengurangi rasa gatal yang persisten.

Namun, Anda harus tetap waspada dan mencari perawatan medis jika gigitan kutu kucing menyebabkan infeksi dan rasa gatal yang tidak berkurang selama berminggu-minggu, bahkan setelah penggunaan salep gatal pada kulit.

Bagaimana cara basmi kutu kucing di rumah?

Kutu bukan hanya pelompat yang terampil, tetapi mereka juga terkenal tangguh untuk di basmi karena mimiliki exoskeleton yang sangat kuat. Serangga penghisap darah tanpa sayap dan berwarna kecokelatan ini juga sulit dikenali karena mereka memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bergerak sangat cepat di banyak tempat - mulai dari bulu hewan, serat karpet atau dalam retakan dan celah-celah furnitur.

Oleh karenannya, jika Anda mendapati telah digigit kutu kucing di salah satu bagian tubuh Anda, segera hubungi jasa pembasmi kutu profesional yang dapat memberikan layanan dan solusi terbaik untuk menghilangkan kutu kucing dari rumah Anda.