tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Banyak Kecoa Di Dalam Rumah Pertanda Apa?

Menemukan banyak kecoa keluar dari sarangnya dan berkeliaran di dalam atau sekitar rumah tentu bukan hal menyenangkan untuk dilihat. Namun pertanyaan banyak orang tentang “banyak kecoa di dalam rumah pertanda apa?” rupanya masih menjadi misteri  hingga kini.

Ini terlebih ketika Anda masih dapat melihat kemunculan kecoa kecil secara tiba-tiba, sekalipun Anda memiliki rumah yang cukup bersih selama ini.

Di artikel ini kami akan membahas secara singkat mengenai apa penyebab banyak kecoa di rumah, dan bagaimana cara mengusir kecoa menjengkelkan ini untuk jangka panjang.

Kenapa tiba-tiba banyak kecoa keluar?

arti banyak kecoa di rumah

Kecoa dikenal sebagai serangga menjijikan yang erat kaitannya dengan hal-hal kotor dan tidak higienis. Maka tidak heran apabila banyak orang berpikir bahwa rumah yang kotor akan lebih mudah mengundang kecoa jika dibandingkan dengan rumah yang bersih.

Namun demikian, bukan berarti jika menemukan satu atau dua kecoa kecil berkeliaran di dalam rumah menandakan bahwa rumah Anda kotor atau tidak higienis.

Karena pada kenyataannya, meskipun Anda telah menjaga kebersihan dan melakukan perawatan rutin di rumah - tidak dapat menjamin bahwa rumah Anda terbebas dari masalah kecoa.

Lantas apa yang menjadi penyebab banyak kecoa keluar di rumah?

Sama seperti hama umum lainnya di rumah, kecoa juga membutuhkan beberapa hal dasar untuk dapat bertahan hidup, seperti sumber makanan, air atau kelembaban, dan tempat untuk bersarang.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti banyak kecoa di rumah pertanda adanya kebutuhan dasar kecoa yang mereka dapat temukan di rumah Anda, misalnya:

  1. Tersedianya sumber makanan kecoa
  2. Terdapat cukup sumber air dan kelembaban yang kecoa butuhkan
  3. Adanya tempat untuk kecoa bersarang dan berkembangbiak

Dengan mengetahui apa yang kecoa butuhkan untuk bertahan hidup, sekarang Anda akan tahu persis apa yang dapat dilakukan untuk membuat rumah Anda menjadi tidak menarik lagi bagi mereka.

1. Tersedianya sumber makanan kecoa

makanan kecoa

Tahukah Anda, jika kecoa memakan apapun yang tersedia bagi mereka?

Ya, apa yang Anda baca di atas benar adanya. Kecoa adalah hewan omnivora dan dianggap sebagai pemakan oportunistik. Ini artinya mereka akan makan hampir semua hal yang tersedia bagi mereka.

Kecoa dikenal tidak memilih-milih dalam urusan makanan. Mereka menyukai makanan yang biasa dikonsumsi manusia, hingga hal-hal lainnya yang tidak kita anggap sebagai makanan sekalipun, seperti kertas, lem, plastik dan bahkan kotoran hewan.

Melihat apa makanan kecoa diatas, tampaknya bukan hal yang sulit bagi mereka untuk dapat menemukan sumber makanan baik di rumah yang bersih maupun kotor bukan?

Dimana makanan kecoa dapat ditemukan di dalam rumah?

Makanan kecoa dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat di rumah Anda. Namun, dapur adalah tempat yang paling mudah ‘menyediakan’ makanan bagi kecoa. Ini karena dapur adalah tempat dimana kita menyimpan dan menyiapkan makanan sehari-hari di dalam rumah.

Kecoa di dapur sering memanfaatkan sumber makanan yang berasal dari bekas minyak dan lemak yang menempel di sekitar kompor atau dinding dapur.

Piring kotor bekas yang tidak segera dicuci dan menumpuk di wastafel, serta makanan di atas meja dapur yang tidak tertutup - juga sudah lebih dari cukup untuk menarik kecoa kecil datang mencari makan.

Selain itu, kecoa juga seringkali menemukan sumber makanan berupa remah-remah makanan di atas karpet ruang keluarga, minuman manis yang tumpah di lantai di area makan.

Meskipun setiap jenis kecoa memiliki preferensi makanan yang berbeda, namun makanan yang paling disukai kecoa adalah jenis makanan yang mengandung gula, daging dan pati.

Baca selengkapnya tentang apa makanan kesukaan kecoa Amerika dan kecoa Jerman di rumah Anda di sini

2. Terdapat cukup sumber air dan kelembaban yang kecoa butuhkan

penyebab adanya kecoa di kamar mandi

Kecoa membutuhkan air dan kelembaban yang cukup untuk bertahan hidup.

Kecoa adalah hewan berdarah dingin. Artinya, mereka bisa saja tidak makan dalam jangka waktu yang lama; tetapi mereka tidak dapat bertahan hidup lebih dari seminggu tanpa air.

Sehingga jika Anda dapat melihat tiba-tiba banyak kecoa keluar, ini merupakan sinyal utama bahwa kecoa telah menemukan cukup sumber air dan kelembaban di rumah Anda.

Karena tidak peduli apakah rumah Anda bersih atau kotor, kecoa selalu dapat menemukan sumber air dan kelembaban berlebih yang tersedia di rumah Anda tanpa terlalu banyak kesulitan.

Bagaimana kecoa menemukan sumber air dan kelembaban di rumah?

Setiap sumber air di dalam atau di sekitar rumah berpotensi menjadi daya tarik bagi kecoa meski hanya dalam jumlah kecil.

Ini sebabnya ketika kecoa berada di dalam rumah, mereka lebih memilih untuk menuju ke tempat yang paling lembab dengan akses mudah ke sumber air, seperti kamar mandi dan area binatu atau area cuci.

Kecoa di kamar mandi

Kecoa seringkali ditemukan bersembunyi di dalam lemari kamar mandi yang terdapat kebocoran air. Bahkan tak jarang Anda juga bisa melihat mereka merangkak dari saluran pembuangan air di wastafel maupun area shower.

Selain berfungsi sebagai akses masuk kecoa ke dalam rumah Anda, sistem drainase tidak hanya menyediakan air dan kelembaban yang cukup bagi mereka. Sistem drainase yang kotor juga dapat menyediakan sumber makanan organik seperti rambut, kerak dan sel kulit mati untuk kecoa.

Kecoa di area binatu

Kecoa seringkali terlihat mencari sumber air dan kelembaban di bagian belakang mesin cuci atau mesin pengering. Mereka juga suka ditemukan di dalam lubang pembuangan air cucian yang menuju ke tanah atau lantai di dekat mesin cuci.

Lebih dari itu, beberapa masalah air di rumah seperti pipa bocor dan genangan air yang berasal dari kran air yang bocor juga tak luput dari daerah yang dituju berbagai jenis kecoa ketika mencari sumber air dan kelembaban.

3. Adanya tempat untuk kecoa bersarang dan berkembangbiak

sarang kecoa di rumah

Kecoa dikenal sebagai hewan nokturnal. Ini artinya mereka umumnya memilih untuk bersembunyi di siang hari, dan baru akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan di malam hari. Namun, kemunculan banyak kecoa keluar di siang hari mungkin saja terjadi, terutama jika Anda memiliki masalah kecoa yang cukup serius di rumah.

Saat memilih sarang di dalam rumah, kecoa lebih suka menuju ke tempat yang hangat, gelap, lembab dan dekat dengan sumber makanan dan air atau kelembaban.

Sayangnya, terlepas dari apakah rumah Anda bersih atau tidak, kecoa cukup cerdik untuk selalu menemukan banyak tempat yang cukup ideal untuk bersembunyi di dekat sumber makanan dan air.

Dimana sarang kecoa di dalam rumah?

Kecoa memiliki tubuh yang pipih atau rata sehingga memungkinkan mereka untuk menyelinap masuk ke banyak tempat di dalam rumah untuk membangun sarang.

Sarang kecoa di dalam rumah umumnya ditemukan di tempat hangat, lembab dan memiliki sistem ventilasi yang buruk atau minim, seperti gudang, dapur, dan kamar mandi.

Sarang kecoa di gudang – Kecoa seringkali bersarang dan bersembunyi di tumpukan barang bekas, tumpukan buku atau majalah, dan di antara kardus.

Sarang kecoa di dapur – Saat berada di dapur, Anda akan sering menemukan kecoa bersembunyi di lemari dapur, di bawah wastafel, serta di bawah atau di belakang lemari es dan kompor.

Sarang kecoa di kamar mandi – Penyebab banyak kecoa di kamar mandi salah satunya adalah karena kamar mandi merupakan ruangan yang paling lembab di dalam rumah Anda. Inilah alasan mengapa Anda hampir cukup sering melihat banyak kecoa keluar di kamar mandi jika dibandingkan ruangan lainnya.

Tempat persembunyian atau sarang kecoa di kamar mandi umumnya terletak di tempat-tempat seperti lemari di bawah wastafel (khususnya yang penuh dengan alat-alat mandi), lemari kaca, saluran pembuangan di lantai, dan di dekat mesin pemanas air.

Cara mengusir kecoa dan mencegahnya masuk ke dalam rumah

Cara mengusir kecoa dan mencegahnya untuk masuk kedalam rumah adalah dengan  menghilangkan semua akses yang mereka manfaatkan untuk menemukan sumber makanan, air, dan tempat bersarang di dalam rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang Rentokil rekomendasikan untuk membantu Anda mengusir dan mencegah banyak kecoa keluar di rumah Anda untuk memenuhi kebutuhannya:

Menghilangkan sumber makanan kecoa

  • Membersihkan sisa makanan di permukaan meja makan atau dapur dengan segera
  • Menghindari untuk meninggalkan piring dan bekas alat masak yang kotor di wastafel dapur seharian
  • Membersihkan kompor dan peralatan masak dengan segera setelah digunakan
  • Menyimpan semua makanan ke dalam wadah kedap udara
  • Membilas kaleng, botol, dan plastik sebelum dibuang ke tempat sampah
  • Menyapu dan mengepel lantai rumah secara reguler
  • Mengosongkan sampah setiap hari

Menghilangkan sumber air dan kelembaban untuk kecoa

  • Menutup semua celah atau retakan di sekitar pipa yang rusak atau bocor
  • Mencegah penyumbatan pada saluran air dengan membersihkannya secara rutin
  • Mengganti kran air yang bocor untuk menghindari genangan air yang mungkin terjadi
  • Memastikan semua ruangan berventilasi baik untuk mengurangi kelembaban, misalnya dengan menggunakan exhaust

Menghilangkan tempat persembunyian kecoa

  • Menata rapi setiap barang-barang di dalam rumah, dan lakukan pembersihan secara reguler pada tempat dimana terdapat banyak barang-barang yang tersimpan di dalam ruangan, seperti gudang atau garasi mobil
  • Membuang barang-barang bekas yang seringkali menumpuk di dalam rumah, seperti kardus, koran dan majalah bekas
  • Menutup semua celah dan retakan pada dinding di sekitar rumah yang seringkali menjadi tempat persembunyian atau sarang kecoa

Cara membasmi kecoa paling ampuh di rumah

Menemukan satu atau dua kecoa kecil di rumah tentu sudah cukup menyebalkan, apalagi jika Anda harus berhadapan dengan lebih banyak kecoa keluar dan berkeliaran di dalam rumah. Pasti akan jauh lebih menjengkelkan bukan?

Beberapa tindakan preventif di atas tentu dapat membantu Anda menjauhkan kecoa dari rumah - terutama jika tingkat masalah kecoa di rumah relatif cukup rendah. Namun, jika masalah kecoa semakin memburuk di dalam rumah, maka ini adalah waktu yang tepat untuk segera menghubungi pembasmi kecoa profesional di dekat Anda.

pembasmi kecoa rentokil

Sebagai jasa pembasmi kecoa terbaik di Indonesia, Rentokil menyediakan layanan pengendalian kecoa yang dirancang khusus sesuai kebutuhan Anda. Teknisi kami yang bersertifikat dan berpengalaman akan memberikan layanan yang aman, cepat dan efektif terhadap masalah kecoa Anda untuk jangka panjang.

Jangan tunggu sampai lebih banyak kecoa keluar dan bersarang di rumah Anda. Hubungi Rentokil di 150808 atau isi form online kami untuk survey gratis hari ini.