fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Dari Mana Kutu Kucing Berasal?

8-MINUTES READ

  

Hama kutu tidak diragukan lagi sudah menjadi musuh terburuk bagi setiap pemilik hewan peliharaan. Kutu kucing (Ctenocephalides felis) adalah salah satu parasit eksternal dan merupakan jenis kutu hewan yang biasa ditemukan pada kucing.

Keberadaanya di rumah tentu menjadi masalah besar bagi setiap pemilik kucing karena gigitan kutu kucing dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi hewan peliharaan Anda seperti gatal yang perlahan-lahan dapat berkembang menjadi gejala alergi yang konstan.

Bagaimana kucing dapat kutu saat mereka tidak pergi ke luar rumah?

dari mana asal kutu kucing

Kemungkinan bahwa kucing yang hanya berada di dalam rumah atau ruangan untuk mendapatkan kutu tentu tidak setinggi kucing yang bebas berkeliaran di luar rumah; tetapi itu bukan berarti tidak mungkin. Oleh karenanya, salah jika Anda berpikir apabila kucing yang hanya di dalam rumah akan selamanya bebas dari risiko kutu kucing!

Rumah Anda bukan tempat yang terisolasi dan banyak orang yang dapat keluar dan masuk rumah, pintu dan jendela rumah juga dapat terbuka dan tertutup kapan saja. Karena bentuk kutu kucing yang kecil mereka akan dapat dengan mudah menyusup ke rumah Anda melalui sepatu, pakaian dan binatang berbulu lainnya tanpa pernah Anda sadari.

Ketika seekor kutu kucing berhasil masuk kedalam rumah Anda, tidak perlu waktu lama bagi satu kutu untuk berkembang biak menjadi ribuan dan menciptakan gangguan nyata bagi Anda dan kucing kesayangan Anda.

Bagaimana kucing dapat kutu?

Setidaknya ada 3 hal yang menjadi alasan bagaimana kucing dapat kutu sekalipun kucing Anda selalu berada di dalam rumah:

  1. Melalui manusia - Meskipun jarang, namun kutu dapat memanfaatkan manusia sebagai alat transportasi mereka untuk dapat masuk kedalam rumah. Kemampuan kutu untuk melompat secara vertikal hingga sekitar 6 inci, bukan hal yang sulit bagi kutu untuk menumpang melalui pakaian atau sepatu manusia.
  2. Melalui hewan pengerat - Jika Anda memiliki masalah atau menemukan banyak tikus masuk di rumah ini mungkin menjadi alasan yang kuat bagi Anda untuk memiliki masalah kutu juga. Tikus dapat membawa kutu pada tubuhnya dan menyebarkan wabah ke hewan peliharaan seperti kucing atau anjing dan bahkan manusia.
  3. Ketika kunjungan ke dokter hewan - Alasan bagaimana kucing dapat kutu yang satu ini memang terdengar aneh, namun poin satu ini tentu bukan hal yang mustahil bagi kucing Anda untuk membawa kutu selama kunjungan ke dokter hewan untuk vaksinasi atau pemeriksaan umum. Tidak peduli seberapa bersih kantor dokter hewan yang Anda kunjungi, kutu selalu selangkah lebih maju untuk menemukan tempat yang baik bagi mereka untuk bersembunyi!

Bagaimana tanda kucing terkena kutu?

Perhatikan gejala-gejala berikut untuk mengetahui ciri-ciri dan tanda kucing terkena kutu: 

  1. Adanya benjolan kecil dan kudis atau koreng, yang sering muncul di leher dan sepanjang punggung kucing.
  2. Tentu normal bagi kucing untuk menggaruk, tetapi jika Anda mendapati kucing Anda menggaruk secara panik dan intens, terutama di sekitar wajah mereka, hal ini dapat mengindikasikan bahwa kucing Anda memiliki kutu.
  3. Iritasi kulit yang umumnya terletak di belakang leher dan di sekitar pangkal ekor kucing.
  4. Kucing dapat menjilat dirinya sendiri secara berlebihan jika mereka memiliki kutu. Cara ini dilakukan oleh kucing untuk membantu mereka meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan kutu kucing.

Bagaimana cara mengatasi kutu kucing?

Ikuti 4 langkah sederhana cara menghilangkan kutu kucing di rumah berikut ini:

  1. Membersihkan karpet, sofa dan apa pun di sekitar tempat kucing Anda biasanya tidur dan makan dengan menggunakan penyedot debu. Jangan lupa untuk mengosongkan kantong hampa udara dari penyedot debu setelahnya untuk memastikan bahwa tidak akan ada kutu yang masih hidup dapat melarikan diri kembali.
  2. Secara rutin mencuci dan juga mengeringkan tempat tidur kucing Anda di bawah suhu panas dengan sabun.
  3. Menyisir kucing Anda dari kepala hingga ekor beberapa kali sehari dengan menggunakan sisir kutu kucing untuk memastikan bulunya bebas dari kutu dewasa dan telur kutu.
  4. Untuk perlindungan ekstra dari serangan kutu kucing, sangat disarankan untuk memakaikan kucing Anda kalung anti kutu.

Jika masalah kutu kucing susah hilang dan terus berlanjut, ini adalah waktu terbaik bagi Anda untuk meminta bantuan dari jasa pembasmi kutu kucing tentang cara mengatasi kutu kucing terbaik di properti Anda. Hubungi Rentokil hari ini.