fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Dimana Tempat yang Menjadi Sarang Kecoa Di Rumah?

2-MINUTES READ

  

Kita seringkali menemukan binatang kecoa berkeliaran di sekitar rumah, tetapi apakah kamu pernah bertanya-tanya untuk mengetahui dimana sarang kecoa di rumahmu sebetulnya?

Habitat kecoa: dimana tempat yang menjadi sarang kecoa di rumah?

Ada banyak tempat yang mungkin dipilih oleh kecoa untuk tinggal di rumahmu. Untuk mengetahui letak sarang kecoa di rumah tentu saja bukan suatu hal yang mudah. Hal ini karena setiap jenis kecoa memiliki preferensi yang berbeda untuk menentukan tempat bersarangnya.

Selain itu, terdapat lebih dari 3,000 jenis kecoa yang berbeda di seluruh dunia yang menjadikan semakin sulitnya untuk menentukan dimana tempat tinggal kecoa di rumahmu.

Ada 3 jenis kecoa paling umum ditemukan di Indonesia

  • Kecoa Amerika (Periplaneta Americana)
  • Kecoa Jerman (Blatella germanica)
  • Kecoa bergaris coklat / brown banded cockroach (Supella longipalpa)

Mari kita jelajahi di mana setiap jenis-jenis kecoa ini ingin hidup di rumahmu!

Dimana letak sarang kecoa Amerika di rumah?

Kecoa Amerika dikenal sebagai salah satu jenis kecoa peridomestik - yang artinya mereka dapat tinggal baik di dalam maupun luar rumah. Namun pada umumnya jenis kecoa ini lebih memilih untuk tinggal di daerah yang lembab di area outdoor.

Sarang kecoa amerika seringkali ditemukan di daerah outdoor seperti pada:

  • Saluran air
  • Sistem saluran pembuangan
  • Tempat sampah atau bak sampah
  • Pohon dan tumpukan kayu.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa jenis kecoa ini memutuskan untuk berkeliaran di dalam rumah, terutama jika mereka mengalami kekurangan makanan di luar rumah.

Ketika kecoa Amerika bersarang di dalam rumah, mereka memilih untuk bersarang di daerah yang sering basah seperti garasi, kamar mandi dan dapur.

Dimana letak sarang kecoa Jerman di rumah?

Kecoa Jerman lebih suka tinggal dan bersarang di dalam rumah, di mana manusia tinggal. Ini sebabnya mengapa kecoa Jerman dikenal luas sebagai hama perkotaan dan dianggap sebagai salah satu musuh yang tangguh bagi banyak rumah tangga di Indonesia.

Mayoritas populasi kecoa Jerman akan bersarang di daerah yang hangat dan lembab, serta dekat dengan sumber makanan dan air seperti:

  • Pipa saluran air di dapur
  • Drainase kamar mandi

Namun bukan tidak mungkin jika kecoa Jerman mampu untuk berpindah dan tinggal di lokasi lain di dalam rumahmu terutama jika populasi mereka bertambah besar!

Dimana letak sarang kecoa bergaris coklat di rumah?

Karena bentuknya yang serupa, kecoa bergaris coklat seringkali disalah artikan sebagai kecoa jerman. Padahal kedua jenis kecoa ini memiliki habitat yang berbeda.

Berbeda dari kecoa Jerman yang lebih menyukai tempat yang lembab; kecoa bergaris coklat justru lebih memilih tempat-tempat yang kering dan hangat untuk bersarang.

Jenis kecoa ini seringkali ditemukan di dalam kabinet, peralatan elektronik atau di bagian mesin kulkas. Pada suhu temperatur yang ideal (30°c), kecoa bergaris coklat dewasa mampu hidup 90 - 115 hari (lebih lama dibandingkan kecoa Amerika dan kecoa Jerman).

Bagaimana cara mencegah kecoa dari rumahmu?

  1. Menyimpan makanan kering ke dalam toples atau plastik yang tertutup rapat dan jangan pernah meninggalkan makan dalam keadaan terbuka
  2. Membersihkan seluruh sisa-sisa makanan di area dapur, seperti di bawah wastafel dan peralatan masak
  3. Secara rutin mengosongkan sampah dan membuang sampah ke dalam bak sampah yang tertutup
  4. Tutup atau segel jalur masuk kecoa ke dalam rumahmu seperti celah di sekitar pintu, pipa, dan retakan

Hubungi Rentokil hari ini untuk membantumu membasmi kecoa dari rumah.