fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Dimana Tempat yang Menjadi Sarang Kecoa Di Rumah?

Melihat banyak kecoa berkeliaran di dalam rumah tentu sangat meresahkan setiap pemilik rumah. Tetapi tahukah Anda dimana letak sarang kecoa di dalam rumah? Cari jawabannya dengan Rentokil disini!

sarang kecoa di rumah

Dimana sarang kecoa di dalam rumah?

Anda mungkin sudah sering mendengar apabila siklus hidup kecoa tergolong singkat. Oleh karena inilah mereka dapat berkembang biak dan menyebar dengan cepat di dalam rumah Anda dari waktu ke waktu jika tidak segera dibasmi sesegera mungkin.

Namun sayangnya rumah Anda selalu rentan terhadap serangan dari kecoa. Dan ketika kecoa memilih untuk bersarang di dalam rumah Anda, ini artinya kondisi rumah Anda menunjang kecoa untuk mendapatkan kebutuhan dasar hidup mereka: makanan, kelembaban dan tempat berlindung.

Ada banyak tempat yang mungkin dipilih binatang kecoa untuk menjadi sarangnya selama berada di dalam rumah Anda. Umumnya tempat sarang kecoa akan ditemukan di area atau lokasi yang lembab, tersembunyi dan dekat dengan sumber makanan dan air.

Karena kemampuan kecoa dalam bersembunyi dan sifat nokturnalnya, maka tentu tidak akan mudah untuk mengidentifikasi letak atau tempat sarang kecoa di dalam rumah tanpa bantuan dari jasa pembasmi kecoa yang terlatih.

Banyaknya jenis kecoa yang umum ditemukan di Indonesia dan juga preferensi mereka yang berbeda-beda dalam menentukan sarang - menjadikan sarang kecoa semakin sulit untuk ditemukan di dalam rumah.

Mari kita bersama-sama cari tahu dimana sarang kecoa di rumah Anda berdasarkan jenisnya di artikel ini!

Seperti apa bentuk sarang kecoa?

tempat sarang kecoa

Gambar bentuk sarang kecoa

Sarang kecoa tidak berbentuk seperti sarang yang dibuat oleh hama lain seperti tikus atau rayap.

Mereka tidak mengumpulkan material dari barang-barang bekas atau organik lainnya untuk membangun sarang. Sehingga sarang kecoa lebih terlihat seperti “kamar berantakan” yang penuh berisi kumpulan atau tumpukan koloni kecoa, telur kecoa, kotoran kecoa, kulit bekas proses pergantian anak kecoa dan bahkan kecoa mati!

Kenapa kecoa keluar dari sarangnya?

Kecoa umumnya menghabiskan sangat sedikit waktu di tempat terbuka. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kecoa adalah binatang nokturnal. Sehingga mereka akan memilih untuk bersembunyi di dalam sarangnya selama siang hari dan lebih aktif di malam hari.

Di malam hari, mereka mulai sibuk mencari pasangan untuk berkembang biak dan mencari makanan kesukaan kecoa. Dengan demikian inilah alasan utama kenapa kecoa keluar dari sarangnya di malam hari, dan bukan siang hari.

Namun jika Anda dapat menemukan kecoa berkeliaran di rumah pada siang hari, ini artinya Anda sedang berhadapan dengan masalah kecoa yang serius saat ini.

Tempat sarang kecoa berdasarkan jenisnya

Dari 4,000 jenis kecoa yang berhasil diidentifikasi di seluruh dunia, setidaknya ada 3 jenis kecoa yang paling umum ditemukan di Indonesia.

Ketiga jenis kecoa yang akan kami ulas mengenai letak atau tempat sarangnya di artikel ini adalah:

Klik salah satu jenis kecoa di atas untuk mulai membaca.

Dimana tempat sarang kecoa Amerika di rumah?

Kecoa Amerika dikenal sebagai salah satu jenis kecoa peridomestik - yang artinya mereka dapat tinggal baik di dalam maupun luar rumah. Namun pada umumnya jenis kecoa ini lebih memilih untuk tinggal di daerah yang lembab di area outdoor.

Sarang kecoa Amerika seringkali ditemukan di daerah outdoor rumah seperti pada:

  • Saluran air
  • Sistem saluran pembuangan
  • Tempat sampah atau bak sampah
  • Pohon dan tumpukan kayu.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa jenis kecoa ini memutuskan untuk berkeliaran di dalam rumah, terutama jika mereka mengalami kekurangan makanan di luar rumah.

Ketika kecoa Amerika bersarang di dalam rumah, sarang kecoa jenis satu ini akan berada di daerah yang basah, seperti:

  • Garasi
  • Area laundry
  • Kamar mandi
  • Dapur

Dimana tempat sarang kecoa Jerman di rumah?

Kecoa Jerman lebih suka tinggal dan bersarang di dalam rumah, di mana manusia tinggal. Ini sebabnya mengapa kecoa Jerman dikenal luas sebagai hama perkotaan dan dianggap sebagai salah satu musuh yang tangguh bagi banyak rumah tangga di Indonesia.

Mayoritas populasi kecoa Jerman akan bersarang di daerah yang hangat dan lembab, serta dekat dengan sumber makanan dan air seperti:

  • Pipa saluran air di dapur
  • Drainase kamar mandi

Namun bukan tidak mungkin jika kecoa Jerman mampu untuk berpindah dan tinggal di lokasi lain di dalam rumahmu terutama jika populasi mereka bertambah besar!

Dimana tempat sarang kecoa bergaris coklat di rumah?

Karena bentuknya yang serupa, kecoa bergaris coklat seringkali disalah artikan sebagai kecoa jerman. Padahal kedua jenis kecoa ini memiliki habitat yang berbeda.

Berbeda dari kecoa Jerman yang lebih menyukai tempat yang lembab; kecoa bergaris coklat justru lebih memilih tempat-tempat yang kering dan hangat untuk bersarang.

Sarang kecoa bergaris coklat di dalam rumah seringkali ditemukan di tempat seperti:

  • Di dalam kabinet dapur atau kamar mandi
  • Di balik atau dibawah peralatan rumah tangga seperti kompor atau kulkas
  • Di peralatan elektronik
  • Di dalam sofa dan furniture rumah lainnya

Pada suhu temperatur yang ideal (30°c), kecoa bergaris coklat dewasa mampu hidup 90 - 115 hari (lebih lama dibandingkan kecoa Amerika dan kecoa Jerman).

Cara membasmi sarang kecoa

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membasmi sarang kecoa dan memastikan mereka tidak kembali ke rumah Anda di kemudian hari.

  • Memulai dengan mencari sarang kecoa di dalam rumah – Sebagian besar jenis kecoa tertarik bersarang di tempat yang lembab, gelap dan basah. Cek secara menyeluruh area seperti kamar mandi dan dapur dari keberadaan sarang kecoa.
  • Setelah sarang kecoa sudah ditemukan, bersihkan sarang kecoa yang ada –  Bersihkan semua kotoran kecoa, telur kecoa, kulit kecoa dan kecoa mati yang terdapat di dalam sarang kecoa.
  • Melakukan kegiatan pencegahan agar kecoa tidak tertarik masuk ke dalam rumah Anda, seperti:
    • Menjaga kebersihan rumah setiap saat
    • Membersihkan remah-remah sisa makanan dan tumpahan minuman manis di lantai atau meja makan
    • Menyimpan makanan ke dalam wadah tertutup
    • Menutup setiap retakan dan celah pada dinding
    • Memperbaiki pipa yang bocor
    • Memastikan kondisi rumah tidak lembab

Membasmi sarang kecoa di rumah bukanlah hal menyenangkan yang Anda ingin kerjakan di rumah. Hubungi Rentokil di 150808 atau isi form online untuk segera membantu Anda membasmi kecoa dan sarangnya dari rumah hari ini.