fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

Jenis Kayu yang Dimakan Rayap

4-MINUTES READ

  

Hal utama yang menjadi penyebab rayap ke rumah adalah karena ditemukannya sumber makanan utama mereka, yaitu kayu. Rayap dapat menyebabkan kerusakan serius pada struktur bangunan rumah Anda dan menghabiskan biaya besar dengan cara menggerogoti semua material berbahan dasar kayu di rumah Anda tanpa henti 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa saja jenis kayu yang dimakan rayap? Apakah rayap memiliki preferensi yang pasti ketika rayap memakan kayu di properti Anda? Temukan jawabannya di bawah ini.

Mengapa rayap memakan kayu?

gambar rayap makan kayu

Rayap dan kayu adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Rayap pekerja tanpa henti mencari makan dengan cara mengekstraksi selulosa, nutrisi, serta kelembaban yang berasal dari dalam kayu untuk dapat memastikan bahwa koloni rayap dapat bertahan hidup.

Pelajari lebih lanjut tentang kenapa rayap makan kayu di sini

Apa saja jenis kayu yang dimakan rayap?

Meskipun rayap cenderung memakan semua jenis kayu, namun setiap spesies rayap memiliki minat atau preferensi pada jenis kayu tertentu.

Di bawah ini adalah perbedaan jenis kayu yang dimakan oleh beberapa jenis rayap yang paling umum ditemui di Indonesia:

  • Rayap tanah (subterranean termites)
  • Rayap kayu kering (drywood termites)
  • Rayap kayu basah (dampwood termites)

Rayap tanah

Rayap tanah cukup memilih dalam memilih kayu yang akan mereka makan. Jenis rayap satu ini hanya memakan kayu lunak dan akan meninggalkan bagian kayu yang lebih keras. Jenis rayap tanah lebih suka memakan pohon hidup atau kayu yang sudah rusak.

Rayap kayu kering

Makanan utama rayap kayu kering dapat dengan mudah ditemukan di sekitar properti Anda termasuk yang berasal dari kayu keras atau kayu lunak yang telah diolah menjadi bahan jadi seperti kusen pintu dan jendela, furniture kayu (meja, kursi dan lemari), dan lantai kayu.

Jenis rayap ini tidak hidup di tanah dan hanya membutuhkan kontak yang sangat minim dengan sumber kelembaban. Akibatnya, sarang rayap jenis satu ini akan ditemukan pada berbagai material atau bahan kayu kering yang berada di atas permukaan tanah.

Rayap kayu basah

Rayap kayu basah akan lebih memilih untuk memakan kayu yang sudah lapuk atau segala jenis kayu yang sudah mulai membusuk, termasuk tunggul pohon atau tumpukan kayu tua di sekitar properti Anda.

Bagaimana cara mencegah rayap makan kayu?

Mencegah rayap makan kayu dengan cara menghilangkan setiap hal yang membuat mereka tertarik untuk datang adalah cara pencegahan terbaik bahkan sebelum gejala serangan rayap dapat terlihat di rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah rayap makan kayu di rumah Anda:

  1. Mengurangi tingkat kelembaban di dalam rumah dengan menjaga sirkulasi udara dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada pipa atau keran air
  2. Memastikan bahwa tidak ada pohon yang menempel langsung dengan bangunan rumah
  3. Menjaga furniture kayu di rumah tetap bersih dan kering
  4. Membuang semua puing-puing atau sampah kayu yang menumpuk di sekitar properti rumah Anda
  5. Menghubungi jasa anti rayap untuk memberikan solusi terbaik untuk mencegah datangnya rayap

Rayap dapat dengan cepat menyerang dan merusak banyak area di properti rumah Anda - mulai dari area taman hingga di dalam rumah Anda. Jika Anda menemukan gejala serangan rayap seperti munculnya kotoran rayap atau rayap terbang di sekitar rumah, segera hubungi jasa anti rayap terpercaya seperti Rentokil untuk segera menangani masalah rayap Anda.

Hubungi Rentokil hari ini untuk mulai melindungi struktur bangunan rumah Anda dari bahaya rayap sekarang juga.