fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Membasmi Nyamuk: Apa Yang Terjadi Setelah Musim Muson Berakhir?

2-MINUTES READ

  

Musim muson di Indonesia terbagi kedalam 2 macam, yaitu muson Asia dan Australia. Muson Asia (atau dikenal sebagai angin muson barat) adalah periode di mana angin melewati Indonesia dalam proses transisi antara Asia dan Australia.

Hal ini menyebabkan curah hujan yang cukup tinggi dari bulan Oktober hingga April. Ketika muson Australia (muson timur), tekanan udara akan lebih tinggi di belahan bumi selatan dan menyebabkan musim kemarau di Indonesia yang biasanya terjadi dari bulan April hingga Oktober.

Dengan demikian ini berarti musim hujan di Indonesia akan segera berakhir! Banyak orang juga merasa bahwa musim hujan tidak hanya menghambat pergerakan Anda, namun juga menjadi penyebab banyak hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kemacetan lalu lintas, banjir dan bahkan yang terburuk - munculnya berbagai penyakit yang berasal dari kondisi cuaca yang tidak menentu dan peningkatan populasi hama ganas yang dapat berkembang biak di setiap musim, seperti nyamuk.

Kebanyakan orang memahami bahwa perkembangbiakan nyamuk dibantu oleh dengan adanya genangan air yang timbul selama musim hujan. Namun apabila Anda tidak menjaga kebersihan rumah secara rutin, kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bagaimana perkembangbiakan nyamuk juga berimplikasi lanjut pada saat cuaca kering dan panas.

Suhu yang lebih panas mendorong nyamuk lebih cepat lapar, dan menciptakan replikasi virus lebih cepat (seperti udara hangat mengeram virus lebih cepat). Ini juga berarti penyebaran penyakit akan lebih cepat! Selain itu, musim kemarau juga meningkatkan proliferasi hama atau menciptakan populasi nyamuk meningkat.

Musim hujan ataupun musim panas, nyamuk adalah hama yang mampu menggigit di waktu siang dan malam hari. Beberapa spesies nyamuk ‘beroperasi’ pada malam hari seperti culex dan anopheles, dan di siang hari gigitan nyamuk dapat ditransformasikan melalui genus aedes aegypti. Ini adalah alasan mengapa nyamuk diakui sebagai hama mematikan di dunia!

Nyamuk dapat melakukan perjalanan dan menempatkan infestasi nyamuk dewasa dari lingkungan awalnya yang beresiko ke lingkungan yang lebih aman. Pengendalian nyamuk dewasa seperti fogging nyamuk dan pengasapan dapat dilakukan untuk membasmi nyamuk. Mesikipun demikian beberapa fakta sederhana juga penting untuk Anda ketahui guna meningkatkan kesadaran diri dan memberikan perlindungan ekstra bagi diri Anda terhadap bahaya nyamuk.

  1. Aktivitas nyamuk dapat ditemukan di antara dedaunan dan secara alami tertarik untuk warna gelap. Hindari memakai warna gelap untuk mencegah nyamuk tertarik kepada Anda
  2. Wewangian yang disukai oleh nyamuk: parfum, cologne dan krim tangan. Minimalkan ketertarikan nyamuk dengan menggunakan wewangian dengan aroma yang lebih lembut
  3. Anda harus selalu waspada apabila memasuki tempat dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Nyamuk bahkan tertarik dengan keringat Anda dan obat nyamuk yang sering disemprotkan pada diri Anda mungkin terlihat seperti keringat bagi nyamuk. Khususnya di cuaca panas dan kering ketika Anda cenderung berkeringat lebih.
  4. Jagalah rumah dan ruangan-ruangan di rumah Anda tetap sejuk, karena nyamuk menyukai suhu dari panas tubuh kita
  5. Karbon dioksida adalah gas umum yang dihasilkan dari tanaman dan melalui proses hembusan individu. Menjaga tanaman tetap berada diluar rumah, untuk menghindari risiko tingkat karbon dioksida yang lebih tinggi yang menarik nyamuk

Nyamuk dapat menyerang kita di berbagai tahap siklus hidup. Hal ini membutuhkan upaya yang menyeluruh dan terpadu untuk menjaga masalah nyamuk tetap terkendali. Anda mungkin mencari bantuan jasa pest control profesional. Dapatkan inspeksi nyamuk gratis di tempat Anda hari ini dengan menghubungi Rentokil hari ini!