fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Mengapa Saya Selalu Digigit Nyamuk?

2-MINUTES READ

  

Anda mungkin sering bertanya-tanya, mengapa saya selalu digigit nyamuk dibandingkan orang lain? Apakah nyamuk memiliki preferensi dalam hal apa atau siapa yang mereka gigit?

Terlepas dari kenyataan bahwa nyamuk dianggap sebagai pencari makan yang oportunis, ada beberapa fakta tentang gigitan nyamuk yang perlu Anda ketahui:

  1. Hanya nyamuk betina yang menggigit. Darah manusia kaya akan protein dan senyawa lainnya yang dibutuhkan nyamuk betina untuk membantu menghasilkan dan mengembangkan sel telur mereka
  2. Tidak ada batasan jumlah gigitan nyamuk. Nyamuk betina akan terus menggigit dan memakan darah sampai dia kenyang.
  3. Nyamuk tidak hanya menggigit manusia. Ada lebih dari 3.500 spesies nyamuk di seluruh dunia, dan beberapa spesies secara eksklusif memakan darah hewan seperti dari katak, burung, kelinci dan mamalia kecil lainnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda selalu digigit nyamuk dibandingkan orang lain.

Nyamuk dapat merasakan karbon dioksida

Karbon dioksida adalah salah satu cara utama bagi nyamuk untuk menemukan korban yang akan mereka gigit. Mereka menggunakan organ khusus yang disebut palpus rahang atas (maxillary palp) untuk mengikuti dan merasakan bau karbon dioksida yang dilepaskan dari nafas kita. Jadi, bukan tidak mungkin bahwa orang yang lebih besar akan lebih menarik banyak nyamuk karena mereka menghasilkan karbon dioksida lebih tinggi daripada yang lain.

Nyamuk dapat mendeteksi panas dan keringat manusia

Selain karbon dioksida, nyamuk rupanya juga tertarik pada panas tubuh dan aroma keringat manusia. Mereka dapat mendeteksi panas dan keringat melalui asam laktat pada kulit korban. Inilah alasan mengapa nyamuk biasanya menggigit orang yang baru saja berolahraga atau yang sedang berkeringat.

Nyamuk tertarik pada bakteri kulit

Bakteri kulit sangat menarik bagi nyamuk yang sedang lapar. Ini mungkin yang menjadi dasar, mengapa nyamuk tertarik untuk menggigit bagian tubuh di sekitar pergelangan kaki, yang biasanya menciptakan bau yang disebabkan oleh bakteri aktif.

Nyamuk tertarik pada warna gelap

Diyakini bahwa pakaian yang lebih gelap seperti biru tua, biru, hitam dan merah akan mendorong lebih banyak visibilitas dan menarik lebih banyak nyamuk untuk menggigit daripada pakaian warna yang lebih terang.

Cara menghilagkan nyamuk

Cara terbaik untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan mencegah nyamuk itu sendiri. Menghilangkan sumber masalah akan secara drastis mengurangi kemungkinan bagi Anda digigit nyamuk. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan nyamuk di tempat Anda:

  • Perangkap Nyamuk: Memasang perangkap nyamuk atau menggunakan raket nyamuk dapat membantu Anda menjauhkan hama serangga terbang menggigit ini
  • Menghilangkan genangan air: Nyamuk suka bertelur di air yang tergenang. Menghilangkan potensi situs pengembangbiakan dari properti Anda akan membuat tempat Anda tinggal menjadi kurang menarik bagi nyamuk.
  • Menghubungi pembasmi nyamuk profesional: menjadi cara paling efektif untuk menyingkirkan nyamuk. Berbagai layanan dan solusi treatment pest control untuk nyamuk yang ditawarkan akan membantu menjauhkan nyamuk dan mengurangi risiko gigitan nyamuk di tempat Anda.

Mencari bantuan untuk membasmi nyamuk? Hubungi Rentokil hari ini.