fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Perbedaan Antara Rayap Kayu Kering dan Rayap Tanah

5-MINUTES READ

  

Karena kebiasaan mereka yang tergolong suka merusak konstruksi rumah, rayap dianggap sebagai salah satu jenis hama yang paling dibenci oleh banyak pemilik rumah.

Sama seperti kebanyakan hama lain, rayap juga memiliki banyak spesies - karena ada sekitar 2.750 jenis rayap di seluruh dunia. Namun hanya sedikit jenis rayap yang dianggap sebagai ‘hama’ karena tidak semua jenis rayap langsung berinteraksi atau merugikan manusia.

Di Indonesia, rayap merupakan hama yang terkenal sangat menakutkan bagi pemilik rumah. Sebagai pengurai alami kayu dan dedaunan, mereka umum ditemui di kota-kota seperti Jakarta, Cikarang dan Tangerang.

Ini umumnya karena kota-kota tersebut kini telah berubah menjadi daerah padat pemukiman, yang dimana sebelumnya merupakan area hutan atau rawa-rawa (tempat tinggal kesukaan rayap).

Dua jenis rayap yang paling umum ditemukan merusak konstruksi bangunan rumah adalah rayap kayu kering dan rayap tanah. Jadi apa perbedaan antara kedua jenis rayap ini?

Rayap kayu kering

Rayap kayu kering umumnya ditemukan di sekitar pesisir dan daerah lembab lainnya. Salah satu alasan mereka bermukim di daerah dengan kelembaban tinggi adalah untuk mendapatkan air dengan mengekstraknya dari kayu.

Ukuran koloni rayap kering biasanya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan koloni rayap tanah karena mereka hidup sepenuhnya di dalam kayu yang mereka makan. Kebiasaan hidup mereka ini tentu saja membuat jenis rayap satu ini jauh lebih sulit dideteksi, jika dibandingkan dengan rayap tanah.

Rayap kayu kering hidup baik dari memakan kayu yang keras maupun yang lunak. Mereka makan di sepanjang dan di seluruh biji-bijian dan kayu, sehingga galeri mereka di dalam kayu tampak berbeda dari yang dihasilkan oleh jenis rayap tanah.

Di mana rayap kayu kering hidup?

Perbedaan paling mencolok di antara rayap kayu kering dan rayap tanah adalah tempat tinggal yang mereka pilih.

Jika merujuk pada nama jenis rayap satu ini, rayap kayu kering memilih untuk membangun sarang dan hidup dalam sebuah struktur kayu.

Gejala serangan rayap kayu kering

Gejala serangan rayap kayu kering yang paling nampak terlihat adalah munculnya frass.

Frass adalah sampah atau kotoran rayap. Tidak seperti rayap tanah yang membangun sarang dan terowongan yang terbuat dari kotorannya untuk mencari makan, rayap kayu kering tidak membuat terowongan karena mereka hanya menggali kayu yang mereka konsumsi.

Mereka menyingkirkan kotoran mereka dengan membuat lubang kecil di kayu dan mendorongnya keluar dari rumah mereka.

Berikutnya, gejala serangan rayap kayu kering yang dapat ditemukan di rumah adalah ditemukannya kumpulan frass di lantai atau permukaan datar di bawah kayu yang mereka tinggali.

Kotoran rayap kayu kering ini sering terlihat seperti serbuk gergaji dari jauh, tetapi jika dilihat dari dekat kotoran rayap kayu kering berbentuk butiran granular dan sering bervariasi dalam warna.

Rayap tanah

Seperti yang banyak orang ketahui, rayap tanah adalah spesies rayap yang paling umum ditemukan karena kemampuannya untuk merusak struktur bangunan di seluruh dunia.

Jika dibandingkan dengan rayap kayu kering, rayap tanah hidup dari memakanan kayu yang lunak dan cenderung menggali terowongan di lapisan dan sepanjang permukaan kayu yang mereka konsumsi.

Seperti apa bentuk rayap tanah itu?

Rayap kayu kering dan rayap tanah pekerja sekilas memang tampak serupa. Prajurit dan kasta alates (rayap terbang) adalah di mana mereka cenderung terlihat berbeda.

Rayap tentara memiliki kepala berwarna coklat kekuningan dan besar, sedangkan alates biasanya berwarna coklat gelap atau hitam.

Di mana rayap kayu tanah hidup?

Berbeda dengan rayap kayu kering, sesuai dengan namanya - rayap tanah suka hidup di dalam tanah. Ini karena spesies rayap ini membutuhkan sumber kelembaban untuk dapat bertahan hidup.

Mereka membutuhkan koneksi dari daratan ke dalam tanah melalui terowongan yang terbuat dari kotoran dan air liur mereka.

Mereka senantiasa menjaga sarang dan terowongan agar tetap lembab untuk membantu rayap tanah bertahan hidup dan mencari material untuk membangun terowongan dan sarang. Jika ada banyak air tersedia, mereka dapat membangun sarang di atas tanah.

Gejala serangan rayap tanah

Kesukaan dan kebutuhan mereka dengan lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi memberi kita kunci gejala serangan rayap tanah melalui tabung lumpur yang mereka ciptakan!

Rayap tanah menggunakan tabung lumpur untuk bergerak dari tanah ke atas untuk mencari makanan. Tabung lumpur mereka berfungsi untuk menjaga lingkungan mereka tinggal tetap lembab dan membantu melindungi mereka dari pemangsa.

Tabung lumpur rayap tanah dibuat dari campuran tanah, kayu, air liur dan kotoran. Mereka berwarna coklat gelap dan dapat ditemukan di sepanjang fondasi properti, di mana rayap memasuki bangunan dari tanah yang berada disekitarnya dan juga di sepanjang sambungan lantai di dalam gedung.

Jasa anti rayap Rentokil

Menemukan gejala serangan rayap bukanlah hal yang mudah untuk ditemukan dan terdeteksi oleh banyak pemilik rumah hingga akhirnya ditemukan ada kerusakan nyata, seperti runtuh nya atap rumah atau kusen kayu pintu dan jendela yang berbunyi kosong jika diketuk.

Namun, dengan mengetahui perbedaan antara rayap kayu kering dan rayap tanah - dimulai dari tempat mereka tinggal dan gejala serangan yang dapat terlihat, tentu dapat membantu kamu untuk melindungi rumah dari serangan hama pemakan kayu ini.

Hubungi jasa anti rayap Rentokil untuk solusi pest control rayap profesional. Spesialis kami akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada properti dan menjelaskan jenis rayap apa yang sedang kamu hadapi, dari mana mereka berasal, memberikan solusi cara membasmi rayap dan mencegah mereka kembali.