fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Perbedaan Antara Gigitan Nyamuk & Kutu Busuk

2-MINUTES READ

 

gigitan kutu busuk tungau

 

Pada dasarnya baik kutu busuk maupun nyamuk adalah hama serangga yang membutuhkan darah manusia untuk dapat bertahan hidup. Keduanya juga tertarik pada suhu tubuh dan karbon dioksida yang di hasilkan oleh tubuh manusia.

Serupa tapi tak sama. Sekilas gigitan kutu busuk dan nyamuk memberikan hasil yang serupa – timbulnya bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal. Namun gigitan kedua hama ini seringkali menjadi masalah yang ditemukan ketika berada di dalam kamar tidur. Bagaimana cara membedakan antara gigitan nyamuk dan kutu busuk?

Gigitan nyamuk

  • Lokasi gigitan: nyamuk tertarik dengan bau keringat manusia dan menggigit tubuh manusia di daerah seperti leher, tangan dan kaki
  • Ciri-ciri gigitan: timbulnya bentol kecil pada kulit yang berangsur menjadi benjolan keras berwarna merah

Gigitan kutu busuk

  • Lokasi gigitan: daerah kulit yang terbuka seperti pada bagian leher, tangan, lengan dan kaki
  • Ciri-ciri gigitan: timbulnya bintik-bintik merah dan ruam pada kulit dalam sebuah garis atau baris (seperti gambar diatas)

Dampak bahaya yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk dan kutu busuk?

Jangan pernah menggangap remeh sebuah gigitan nyamuk dan kutu busuk yang didapati pada kulit. Ada beberapa jenis nyamuk seperti Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah dan Anopheles yang menyebabkan malaria.

Sedangkan gigitan kutu busuk dari spesies kutu busuk paling umum di Indonesia – Cimex lectulariusn mungkin tidak menimbulkan penyakit dan gejala yang serius. Namun reaksi alergi seperti rasa gatal dari waktu ke waktu, ruam pada kulit dan munculnya titik-titik merah tentu memberikan rasa tidak nyaman.