fakta tentang hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Pertanyaan Tentang Hama Rayap

4-MINUTES READ

  

rayap di rumah

Hama rayap tanpa diragukan lagi sangat berbahaya bagi struktur rumah. Namun, ini hanyalah sebuah fakta yang membawa pertanyaan lain dalam pikiranmu. Kami telah menyusun beberapa pertanyaan tentang hama rayap beserta jawabannya di artikel ini!

Apa itu rayap?

Hama rayap adalah serangga sosial yang hidup di dalam sebuah koloni. Mereka berasal dari tanah dan umumnya memasuki struktur tanpa ter deteksi melalui jalur tersembunyi di dinding dan lantai pondasi bangunan. Meskipun demikian, hama rayap umumnya hidup di bawah permukaan tanah.

Hama rayap mengonsumsi kayu dan bahan selulosa lainnya yang dapat dengan mudah mereka temukan pada komponen struktural sebuah bangunan selama 24 jam setiap harinya.

Inilah sebabnya mengapa risiko serangan hama rayap adalah salah satu hal yang harus di perhatikan oleh setiap pemilik rumah.

Apa perbedaan antara rayap kayu kering dan rayap tanah?

Ada dua jenis rayap yang paling umum ditemukan di Indonesia, yaitu rayap kayu kering dan rayap tanah. Berikut perbedaan antara kedua jenis rayap tersebut:

  • Rayap kayu kering tinggal di dalam kayu karena memiliki kelembaban yang sangat rendah. Jenis rayap satu ini tidak memerlukan kontak langsung dengan tanah dan menargetkan benda-benda berbahan dasar kayu seperti mebel kayu.
  • Rayap tanah di sisi lain membangun sarang mereka di bawah tanah dan membuat sebuah tabung lumpur untuk menjadi jalur yang mendekatkan mereka kepada sumber makanannya. Mereka sering merusak struktur bangunan berbahan dasar kayu.

Apakah rayap berbahaya bagi manusia?

Hama rayap tidak menularkan penyakit apapun kepada manusia. Namun mereka dapat menjadikan struktur rumah yang tidak stabil dan berbahaya untuk ditempati. Beberapa kasus akibat serangan rayap seperti jatuhnya balok yang keropos dan langit-langit yang runtuh, tentunya dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan keluarga di rumah.

Seperti apa gejala serangan rayap di rumah?

Secara umum, ada beberapa tanda-tanda gejala serangan rayap yang harus dicari (berdasarkan jenisnya):

Tanda-tanda gejala serangan rayap kayu kering

  • Mereka sering meninggalkan gundukan feses berwarna coklat dan terasa kasar jika dipegang. Kotoran rayap ini biasanya dapat dengan mudah ditemukan di bawah material kayu yang sudah terinfestasi.
  • Mereka mengonsumsi kayu dari dalam ke luar, serta meninggalkan lapisan tipis kayu atau cat. Anda dapat mengetuk area kayu dengan kepala obeng. Jika bunyi kayu terdengar hampa atau kosong, ini adalah tanda kuat keberadaan rayap kayu kering.

Tanda-tanda gejala serangan rayap tanah

  • Ditemukannya pipa atau tabung lumpur di sepanjang pondasi dan sambungan lantai.
gambar kotoran rayap

Contoh gambar kotoran rayap kayu kering 

ciri ciri rayap

Contoh gambar tambung lumpur buatan rayap tanah

Apa yang harus dilakukan jika memiliki masalah rayap di rumah?

Hama rayap dikenal sebagai hama paling merusak di dunia. Namun, untungnya ada beberapa cara mencegah rayap yang dapat dilakukan sendiri untuk membantu mengurangi risiko rayap untuk memilih rumahmu sebagai santapan mereka berikutnya.

  • Secara rutin memastikan apabila tidak ada kebocoran pada saluran pipa air di rumah
  • Jauhkan mebel dari dinding atau menempel dinding
  • Memilih mebel yang terbuat dari logam dan bahan lainnya
  • Memangkas habis tunggul pohon tua dari kebun dan pekarangan rumah

Menghilangkan Rayap

Meskipun cara mencegah rayap di atas dapat membantu Anda mengurangi risiko serangan hama rayap, namun cara tersebut tidak akan sepenuhnya menjamin bahwa rayap enggan mencari sumber makanan di rumahmu.

Cara terbaik untuk menghilangkan rayap adalah dengan meminta bantuan dari jasa pest control profesional. Seorang pembasmi rayap akan dapat memastikan rumah aman dari serangan hama rayap dengan menawarkan berbagai metode perlindungan dan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hubungi Rentokil dan nikmati cicilan 0% untuk jasa basmi rayap di rumah bagi setiap pemegang kartu kredit Mandiri hari ini!