mitos hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Cara Praktis Mengusir Rayap dengan Minyak Jeruk

3-MINUTES READ

  

Dalam berbagai penelitian dan rekomendasi DIY, minyak jeruk dipercaya sebagai solusi alternatif dalam membasmi rayap di rumah Anda. Ini karena bahan dasar aktif utama yang ditemukan pada ekstrak minyak jeruk, ternyata mengandung nutrisi minyak atau d-limonene yang memiliki unsur untuk membunuh rayap. 

Bagaimana cara mengaplikasikan minyak jeruk?

Bor atau buat lubang kecil di area yang ditemukan terdapat banyak rayap dan kemudian suntikan minyak jeruk tersebut ke dalam lubang.

Apakah minyak jeruk terbukti efektif dalam membasmi hama rayap?

Sebuah studi lapangan menjelaskan bahwa khasiat dari ekstrak minyak jeruk memiliki efek yang sangat minim dalam membasmi hama rayap. Ini dikarenakan minimnya efek residual yang terkandung didalam ekstrak minyak jeruk itu sendiri. Berikut adalah beberapa klarifikasi cara membasmi rayap menggunakan minyak jeruk:

  • Menggunakan minyak jeruk adalah salah satu cara untuk membasmi rayap langsung kesasaran dan bukan cara yang tepat dalam mengendalikan hama rayap dalam jangka panjang
  • Minyak jeruk dinilai tidak memberikan efek residual untuk pengelolaan jumlah koloni rayap yang tergolong besar. Rayap tanah memiliki ciri khas untuk selalu membangun sebuah koloni baru setiap saat dan bahkan 1 koloni dapat berisi lebih dari 350,000 rayap! 
  • Ekstrak minyak jeruk lebih cocok diterapkan kepada rayap kayu kering dibandingkan dengan rayap tanah yang lebih umum dan banyak terdapat di perumahan dan properti di Indonesia

Mengapa tidak disarankan untuk menggunakan minyak jeruk untuk membasmi hama rayap?

Merupakan hal yang umum apabila banyak orang yang kini lebih memilih untuk membasmi hama dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Namun cara ini tentu sangat tidak dianjurkan ketika membasmi hama yang sulit dikendalikan seperti rayap ataupun hama-hama lain di rumah seperti kecoa ataupun semut!

Selain tidak terbukti efektif cara praktis mengusir rayap dengan menggunakan minyak jeruk juga dapat membahayakan keselamatan Anda sekeluarga. Ekstrak minyak jeruk memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga sangat memungkinkan untuk memicu terjadinya risiko kebakaran apabila Anda salah mengaplikasikannya.

Tidak hanya berbahaya bagi keselamatan keluarga, kesehatan pun juga dapat terancam apabila tidak sengaja mengonsumsi ekstrak minyak jeruk ini.

Jasa anti rayap profesional

Tidak banyak yang tahu apabila hama rayap mampu menjelajah ke berbagai arah - ke atas dan ke samping. Mungkin rumah Anda tidak menunjukan gejala serangan rayap yang terlihat oleh mata Anda, namun mungkin rayap ini berasal malah dari tetangga terdekat Anda.

Dengan meminta bantuan dari jasa anti rayap profesional sedini mungkin, Anda mampu mengurangi kekhawatiran dan mencegah kerusakan struktural bangunan di kemudian hari yang memakan biaya besar karena serangan rayap.

Apabila rumah anda sudah terinfestasi oleh hama rayap, Rentokil memberikan solusi pengendalian hama rayap yang aman, ramah lingkungan dan efektif dalam menghentikan rayap dalam menimbulkan kerusakan lebih banyak pada rumah Anda. 7 tahun garansi dari program pest control rayap Rentokil disediakan untuk memberikan jaminan ekstra bagi setiap pemilik rumah.