mitos hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Mengusir Nyamuk Secara Alami dengan Serai

5-MINUTES READ

  

Wangi serai telah lama dimanfaatkan oleh banyak orang dalam kehidupan. Selain menjadi salah satu penambah rasa wangi pada masakan, wangi serai yang khas juga dikomersialkan sebagai bahan dasar aromatherapy karena dipercaya dapat memancarkan suasana yang menyegarkan dan menenangkan.

Lebih dari itu, banyak orang yang kini mencoba memanfaatkan untuk membuat minyak serai dengan sedikit campuran minyak esensial dan air untuk disemprotkan ke bagian tubuh seperti tangan atau kaki agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Apakah pengusir nyamuk alami dengan menggunakan serai sepenuhnya efektif dan ampuh untuk menghindari gigitan nyamuk? Cari jawabannya di bawah ini!

Serai dan nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan serai

Apakah betul jika nyamuk takut bau serai?

Serai atau dalam bahasa latin disebut Cymbopogon Citratus merupakan sebuah tumbuhan yang mengandung minyak citronella dan aroma musk yang diketahui mampu menutup atau menyamarkan karbon dioksida dan asam laktat yang dikeluarkan tubuh manusia - karena ini merupakan cara nyamuk mendeteksi keberadaan manusia.

Dengan kata lain, menggunakan serai sebagai salah satu cara mengusir nyamuk secara alami sejatinya akan menyulitkan nyamuk untuk menemukan bau atau aroma yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Selain itu, sebuah penelitian menunjukan bahwa menggunakan serai sebagai cara alami menangkal nyamuk mampu mengurangi 40% populasi nyamuk di suatu tempat.

Apakah menghilangkan nyamuk dengan serai terbukti ampuh?

Menggunakan bahan alami agar tidak digigit nyamuk seperti memanfaatkan minyak serai mungkin dapat menjadi salah satu alternatif, terkhusus ketika masalah nyamuk di tempat Anda tidak terlalu parah. Namun dosis dan komponen aktif yang terdapat pada serai tidak dapat dijadikan solusi terbaik dalam mengusir nyamuk secara efektif.

Selain memberikan perlindungan yang terbatas terhadap nyamuk dewasa, faktanya minyak  serai yang terkandung di dalam serai juga dapat membahayakan keselamatan keluarga Anda.

Bagi sebagian orang, mengaplikasikan minyak serai langsung pada permukaan kulit dapat membuat kulit terasa seperti terbakar karena kandungan citral nya yang tinggi. Bahkan pada beberapa kulit orang yang sensitif, minyak serai juga dapat menyebabkan iritasi, alergi hingga ruam pada kulit.

Apa yang harus dilakukan jika banyak nyamuk di rumah?

Rentokil memahami jika tidak ada satupun orang yang menyukai untuk mendapatkan masalah banyak nyamuk di rumah.

Sebagai jasa pembasmi nyamuk terpercaya di Indonesia, Rentokil telah merancang perlindungan lengkap yang mampu meningkatkan keselamatan keluarga Anda dari risiko penyakit yang disebabkan oleh nyamuk melalui 2 cara, yaitu:

  1. Fogging nyamuk berbasis air
  2. Pengendalian nyamuk secara biologis

1. Jasa fogging nyamuk berbasis air untuk membasmi nyamuk dewasa

Water based-fogging atau pengasapan berbasis air merupakan larutan fumigasi yang dimanfaatkan untuk menghilangkan hama yang terbawa di udara di dalam sebuah area yang tidak dapat diakses langsung seperti pada retakan dan celah-celah kecil.

Karena sifat partikelnya yang kecil (sekitar 25 mikron), maka cara ini menawarkan penetrasi menyeluruh dan mengandung tingkat toksisitas rendah, dan tidak menimbulkan dampak kesehatan yang berbahaya bagi masyarakat.

2. Pengendalian nyamuk secara biologis

Selain itu, Rentokil juga menawarkan pengendalian nyamuk secara biologis yang ramah lingkungan dengan penggunaan BTI (Bacillus Thuringiensis Israelensis).

BTI merupakan golongan bakteri gram-positif yang dapat mengelola sumber perkembangbiakan jentik nyamuk yang seringkali ditemukan di permukaan air yang tenang, permukaan air yang mengalir, seperti kolam ikan dan ini juga termasuk saluran pembuangan air.

Pengendalian nyamuk terbaik untuk Anda

Mengendalikan populasi nyamuk dapat menjadi tantangan tersendiri untuk setiap pemilik rumah. Ini karena nyamuk dapat melakukan perjalanan dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya serta jika tempat perkembangbiakannya tidak dikendalikan secara menyeluruh, maka populasi nyamuk dewasa dan jentiknya akan menjadi masalah serius di rumah Anda. Hal ini terutama ketika musim hujan tiba, dimana lebih banyak kasus demam berdarah di Indonesia yang lebih sering muncul akibat salah satu gigitan nyamuk berbahaya.

Sehingga mitos populer menggunakan minyak serai sebagai salah satu cara mengusir nyamuk secara alami bukanlah solusi yang paling tepat untuk mengendalikan populasi nyamuk dewasa dan jentik nyamuk di rumah Anda.

Jangan buang waktu Anda, hubungi Rentokil untuk segera menjadwalkan pengendalian nyamuk di rumah Anda hari ini.