mitos hama

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Bagaimana Cara Mengusir Semut Dengan Kulit Mentimun?

3-MINUTES READ

  

$imgalt

Penggunaan kapur dan air panas adalah beberapa solusi organik yang sebagian besar pemilik rumah coba dan uji untuk mengusir semut di rumah.

Tetapi sedikit dari mereka yang tahu apabila menggunakan bahan alami atau organik mungkin bukan solusi terbaik untuk menyingkirkan semut dan menjauhkan mereka dari rumah untuk jangka panjang.

Lalu bagaimana dengan menggunakan kulit mentimun untuk mengusir semut?

Mengapa semut tidak suka kulit mentimun?

Semut sangat tidak suka dengan aroma dari kulit mentimun! Menurut sumber data penelitian, kulit mentimun mengandung bahan kimia yang tidak bersahabat dengan jamur yang dikonsumsi semut.

Bagaimana cara menerapkannya?

Letakan irisan kulit mentimun di tempat-tempat yang sering dilalui oleh semut yang merayap di rumah kamu - terutama di tempat yang berdekatan dengan makanan dan adanya sumber air. Irisan kulit mentimun juga dapat diletakan di celah-celah atau lubang-lubang kecil yang menjadi titik masuk semut ke dalam rumah.

Seberapa efektif mentimun untuk mengusir semut?

Masalahnya, solusi DIY pest control seperti menggunakan kulit mentimun untuk mengusir semut hanyalah sebuah solusi instan dan bersifat sementara. Alih-alih menyelesaikan masalah semut di rumah, cara ini justru membawa masalah hama baru lain untuk datang ke rumah kamu!

Membiarkan sumber makanan semacam ini di area terbuka di dalam rumah tanpa membersihkannya selama berjam-jam, tentu dapat mengundang hama lain untuk datang, seperti kecoa dan tikus!

Selain itu, aroma yang dihasilkan dari kulit mentimun juga hanya bersifat sementara dalam mengganggu semut. Ketika aromanya menghilang, barisan semut akan siap kembali datang menyerang rumahmu.

Apa yang harus dilakukan jika banyak semut di rumah?

Meskipun secara umum hama semut tidak berbahaya, namun salah satu spesies semut dapat menjadi gangguan nyata ketika mereka berhasil masuk di area rumahmu.

Semut api menggunakan pohon sebagai tempat bersarang dan seringkali ditemukan di kebun Anda. Jenis semut ini dapat menyengat dan menyebabkan gejala anafilaksis hanya dalam beberapa menit.

Selain itu, ada juga semut tukang kayu yang ternyata dapat merusak mebel kayu rumahmu. Spesies semut satu ini seringkali disalah artikan sebagai rayap oleh banyak orang. Ini karena semut tukang kayu memiliki kebiasaan bersarang dan menimbulkan kerusakan pada kayu sama dengan rayap.

Pest control semut profesional

Solusi DIY pest control atau dengan menggunakan bahan alami untuk mengusir semut dapat memberi kesan bahwa mereka akan bekerja (terutama dalam jangka pendek). Tetapi solusi ini tentu tidaklah efektif untuk menghilangkan semut di rumah dalam jangka panjang.

Oleh karenanya, solusi paling efektif untuk mengusir semut di rumah adalah dengan meminta bantuan dari jasa pest control profesional.