tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

3 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

9-MINUTES READ

  

Banyak orang yang tertarik mencoba untuk mengusir nyamuk secara alami, karena cara ini dianggap lebih aman dan murah ketimbang membeli atau menggunakan obat anti nyamuk yang mengandung bahan kimia yang dapat ditemukan di pasaran.

Setidaknya ada 3 bahan alami yang orang Indonesia sering gunakan untuk menghilangkan nyamuk secara alami di rumah:

  • Serai atau sereh
  • Kopi
  • Bawang putih

Pelajari lebih lanjut mengenai cara dan seberapa ampuh 3 bahan alami seperti serai, kopi dan bawang putih untuk membasmi macam-macam jenis nyamuk dirumah!

Serai untuk mengusir nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan serai

Serai atau sereh (Cymbopogon citratus) adalah tanaman dengan aroma wangi yang memiliki banyak kegunaan positif bagi manusia. Di Indonesia, serai seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau penyedap rasa alami untuk menjadikan hidangan semakin sedap.

Selain itu, serai juga merupakan salah satu aroma favorit banyak orang, karena aroma wangi serai diketahui dapat memancarkan aroma segar dan menenangkan ketika diekstraksi ke berbagai produk komersial seperti minyak esensial, parfum, aromaterapi dan lilin.

Tetapi apakah betul nyamuk membenci bau serai? Jawaban singkatnya adalah ya. Sudah bukan rahasia umum lagi apabila serai dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk dan bahkan ketika diekstraksi, serai mengandung minyak alami atau citronella yang dikenal banyak orang di seluruh dunia sebagai bahan alami paling ampuh untuk masalah rumah banyak nyamuk.

Menurut sebuah penelitian ilmiah mengenai “efisiensi pengusir serangga nabati” di tahun 2011, terungkap bahwa citronella yang berasal dari serai memiliki bau pekat yang mampu mengusir nyamuk selama kurang lebih 2,5 jam. Lebih dari itu, serai untuk mengusir nyamuk juga secara ilmiah mampu mengurangi 40% populasi nyamuk di suatu tempat.

Bagaimana cara mengusir nyamuk dengan serai?

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk, berikut adalah cara sederhana membuat semprotan anti nyamuk yang menggunakan bahan dasar serai dan minyak esensial hanya dalam waktu 5 menit!

Bahan-bahan

  • Serai atau sereh (1 batang)
  • Minyak esensial (1 sendok makan)
  • Air panas (2 cup atau 473 ml)
  • Botol semprot berukuran kecil (kapasitas 250 ml)
  • Saringan

Langkah-langkah membuat semprotan anti nyamuk serai

  1. Cuci dan potong batang serai menjadi bagian-bagian kecil.
  2. Masukan serai yang sudah dipotong ke dalam blender dan blender sampai lembut.
  3. Setelah serai lembut, tambahkan satu sendok makan minyak esensial dan tuangkan 1 cup air panas ke dalam blender.
  4. Tiriskan menggunakan saringan dan masukkan ke dalam botol semprot.
  5. Tambahkan sisa 1 cup air panas kedalam botol semprot.

Ketika semprotan anti nyamuk serai selesai, Anda dapat menyemprotkan cairan ini ke bagian tubuh yang seringkali digigit nyamuk seperti bagian lengan tangan dan kaki.

Kopi untuk mengusir nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan kopi

Ampas kopi seringkali digunakan sebagai bahan alami yang digunakan untuk mengusir hama serangga di rumah seperti kecoa dan semut. Tapi, siapa sangka jika banyak orang yang juga memanfaatkan ampas kopi yang dibakar sebagai cara untuk menghilangkan nyamuk secara alami di rumah?

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, banyak serangga yang tidak menyukai bau kopi yang kuat dan nyamuk adalah salah satu diantara serangga-serangga tersebut!

Ampas kopi memiliki aroma yang sangat kuat, dan bahkan lebih kuat ketika dibakar. Banyak orang yang percaya jika aroma kuat dari ampas kopi yang dibakar dapat secara alami mengusir nyamuk.

Membakar ampas kopi merupakan suatu usaha untuk memblokir nyamuk untuk melacak manusia dari emisi karbon dioksida yang dihembuskan secara alami, yang seringkali nyamuk gunakan sebagai sinyal ketika ingin menggigit manusia.

Bagaimana cara mengusir nyamuk dengan kopi?

Berikut adalah keterangan lengkap cara menyiapkan bahan dan petunjuk cara membakar ampas kopi bekas untuk mengusir nyamuk di rumah:

Bahan-bahan

  • Ampas kopi bekas
  • Aluminium foil
  • Piring atau mangkuk kaca
  • Arang panas

Langkah-langkah cara membakar ampas kopi bekas untuk mengusir nyamuk

  1. Ambil ampas kopi bekas yang ada di dalam mesin pembuat kopi Anda.
  2. Pindahkan ke wadah sementara dan letakkan di tempat yang sejuk hingga ampas kopi benar-benar kering.
  3. Setelah ampas kopi telah kering, masukkan ampas kopi ke dalam mangkuk atau piring kaca yang dialasi dengan aluminium foil (hindari menggunakan mangkuk atau piring plastik karena mudah terbakar).
  4. Nyalakan ampas kopi dengan menggunakan arang panas, diamkan hingga ampas kopi kering terbakar dan mengeluarkan asap.

Setelah ampas kopi mulai terbakar dan berasap, letakkan di tempat atau lokasi seperti di atas meja atau lemari untuk hasil terbaik.

Bawang putih untuk mengusir nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan bawang putih

Bawang putih bisa lebih dari sekadar menambah cita rasa makanan Anda! Cara mengusir nyamuk secara alami berbasis bawang putih menjadi semakin populer karena ternyata bau bawang putih yang kuat diketahui mengandung sulfur alami yang beracun ketika nyamuk menelan atau menciumnya.

Oleh karenanya, tak jarang banyak orang mencoba untuk menggosokan potongan bawang putih ke tubuh atau mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak agar membuat tubuh mereka menjadi tidak menarik untuk nyamuk menggigit.

Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih tanpa perlu Anda memakannya atau mengoleskannya pada badan, misalnya seperti membuat semprotan anti nyamuk dengan bahan dasar bawang putih.

Bagaimana cara mengusir nyamuk dengan bawang putih?

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan beserta beberapa langkah sederhana cara membuat semprotan anti nyamuk dengan bahan dasar bawang putih di rumah:

Bahan-bahan

  • 3 siung bawang putih
  • Air panas (2 cup atau 473 ml)
  • Botol semprot berukuran kecil (kapasitas 250 ml)

Langkah-langkah membuat semprotan anti nyamuk berbahan dasar bawang putih

  1. Blender 3 siung bawang putih dengan sedikit air ekstra untuk membuat cairan yang baik kedalam mixer atau blender.
  2. Tuang cairan yang sudah diblender menggunakan saringan ke dalam botol semprot untuk memisahkan padatan dari minyak.
  3. Tambahkan sisa air ke dalam botol semprot, aduk rata.

Anda dapat menggunakan semprotan anti nyamuk berbahan dasar bawang putih ini untuk membunuh larva serta menghentikan telur nyamuk menetas di tempat nyamuk berkembang biak yang biasanya ditemukan di sekitar rumah, seperti:

  • Ember
  • Vas bunga
  • Piring pot bunga
  • Tutup tempat sampah

Mengusir nyamuk dengan alami vs jasa pembasmi nyamuk

Dengan banyaknya informasi mengenai cara mengusir nyamuk secara alami di Internet, menimbulkan pertanyaan baru bagi banyak pemilik rumah ketika mengukur efektivitas metode murah ini: apakah mengusir nyamuk dengan alami memberikan hasil yang maksimal?

Mengusir nyamuk dengan alami

Mengusir nyamuk dengan alami atau dengan menggunakan bahan-bahan alami tentu dapat bekerja dengan baik tergantung pada seberapa tinggi tingkat serangan nyamuk di tempat Anda. Jika keberadaan nyamuk di tempat Anda tergolong rendah, bahan-bahan alami yang disebutkan diatas mungkin dapat membuahkan hasil untuk Anda.

Namun perlu dicatat, bahwa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir nyamuk di atas tentu memiliki risiko kesehatan dan keselamatan, serta bukan solusi yang tepat untuk jangka panjang terhadap masalah nyamuk yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa risiko kesehatan,keselamatan dan ketidakmampuan bahan-bahan alami diatas untuk mengusir nyamuk:

  • Semprotan anti nyamuk serai – Menyemprotkan cairan seperti ini dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada beberapa orang dengan kulit sensitif.
  • Membakar ampas kopi – Cara satu ini dinilai sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebakaran di rumah saat tidak diletakan ditempat yang benar dan aman. Selain itu, cara ini juga dapat membahayakan keselamatan anak-anak atau hewan peliharaan Anda, terutama ketika mereka mampu mengakses hasil bakaran yang Anda buat.
  • Semprotan bawang putih – Mungkin bekerja untuk waktu yang singkat, tetapi begitu khasiatnya hilang, nyamuk siap untuk kembali mengganggu dan mulai berkembang biak di properti Anda.

Jasa pembasmi nyamuk profesional

Cara terbaik untuk mengusir nyamuk adalah dengan meminta bantuan jasa pembasmi nyamuk profesional di dekat Anda. Dengan bantuan jasa pembasmi nyamuk profesional Anda dapat memastikan bahwa populasi perkembangbiakan nyamuk dapat dikendalikan secara aman dan efektif di tempat Anda.

Pembasmi nyamuk terpercaya dapat memberikan solusi pengendalian nyamuk berupa:

  • Memahami perilaku setiap jenis nyamuk dengan tepat.
  • Mengidentifikasi setiap jenis nyamuk yang paling umum ditemukan di properti Anda.
  • Memantau dan mengendalikan populasi nyamuk dengan treatment nyamuk terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cegah penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk di properti Anda sekarang juga. Hubungi Rentokil hari ini!