tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

4 Cara Mengatasi Semut di Rumah

3-MINUTES READ

  

Jika kamu mulai menemukan semut yang melintasi lantai dapur berulang kali; maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengurangi populasi dan infestasi hama semut di rumah melalui cara pencegahan sederhana yang dapat diterapkan di rumah.

Bagi orang yang memiliki jadwal padat dan sibuk setiap harinya, mungkin mereka tidak pernah berpikir bahwa cara mengatasi semut akan dapat semudah ini. Cobalah untuk sisipkan 4 cara mengatasi semut di rumah ini ke dalam jadwal sibukmu!

Cara 1: Lap, sapu, pel dan ulangi kembali

Menjaga seluruh rumah tetap bersih adalah kunci dari cara mengatasi semut di rumah yang paling ampuh! Kegiatan bersih-bersih di rumah dapat dimulai dengan secara rutin mengelap permukaan meja dan lemari, serta menyapu dan mengepel lantai.

Membersihkan setiap sudut dimana tempat kamu biasa menikmati cemilan biskuit dan minum-minuman manis seperti teh atau kopi. Ingat! Jangan pernah lupa untuk sesegera mungkin membersihkan setiap remah-remah makanan dan tumpahan minuman manis - karena semut akan dengan cepat mendatangi hal-hal ini.

Jangan pernah menunda untuk segera mencuci piring dan membersihkan dapur setelah memasak dan bersantap. Tumpukan piring, gelas dan alat masak kotor yang berada di wastafel dapur merupakan hal lain yang juga menarik hama semut untuk datang.

Ketika kamu dapat menjaga setiap sudut rumah tetap bersih, maka tidak ada kesempatan bagi koloni semut untuk menemukan sisa makanan yang tersisa di rumahmu!

Cara 2: Jangan meninggalkan sampah bermalam di dalam rumah

Apakah kamu tahu apa yang akan terjadi apabila kamu mengabaikan dan meninggalkan sampah bermalam di dalam rumah?

Plastik sampah yang penuh berisi sampah organik dan anorganik ini akan menimbulkan bau busuk yang sangat disukai semut dan hama-hama lain untuk datang mendatanginya.

Sangat kami sarankan untuk mengeluarkan dan mengikat dengan rapat plastik berisi sampah keluar rumah setiap malam. Tempakatkan plastik sampah tersebut ke dalam bak sampah yang tertutup rapat untuk mencegah hama lain yang mungkin ikut menggerogoti plastik sampahmu.

Cara 3: Menyimpan semua makanan ke dalam wadah kedap udara

Hama semut memiliki tubuh yang sangat kecil. Tubuh kecil mereka ini memungkinkan mereka merangkak melalui celah dan lubang terkecil, terkhusus ketika mereka sedang mencari makanan.

Semut dapat dengan mudah dan cepat menuju meja makan, masuk ke dalam tas atau bahkan menyelinap ke kamar tidur apabila menemukan makanan.

Kantong plastik tipis, wadah yang longgar atau kemasan makanan yang sudah dibuka, memberi semut peluang bagus untuk masuk ke dalam dan mulai menikmati makanan yang kamu makan.

Jauhkan dan usir semut yang mulai mengincar makananmu dengan menyimpan semua makanan ke dalam wadah kedap udara. Karena cara ini tidak hanya membantu menjaga makanan tetap segar, namun juga dapat mencegah semut atau hama lain menyentuh makananmu!

Menyimpan makanan ke dalam wadah kedap udara juga merupakan cara yang kami sangat sarankan untuk menjaga dapur dan area makanmu tetap bersih dan mudah diatur.

Cara 4: Tutup semua retakan di dinding                        

Ada beberapa kemungkinan hama semut yang kamu temukan di dalam rumah sebetulnya berasal dari luar rumah. Ada 4 jenis semut yang paling sering di rumah-rumah: semut hantu, semut firaun, semut api dan semut tukang kayu.

Dari keempat jenis semut ini, semut api lah yang paling mungkin untuk memasuki rumahmu dari luar rumah untuk mencari makanan. Jenis semut ini hidup di halaman dan pekarangan di dekat pohon, namun ketika mereka menemukan sumber makanan yang berasal dari dalam rumahmu - bukan tidak mungkin jenis semut ini akan secara konstan mencari makan di dalam rumah.

Mencegah lebih baik daripada mengobati! Tutup semua retakan dan celah yang kamu temukan di dinding rumah. Retakan dan celah merupakan salah satu jalur yang disukai oleh semut untuk memasuki rumah mu dari area luar rumah.

Disisi lain, semut firaun adalah salah satu jenis semut yang paling sulit untuk dibasmi. Jangan pernah menyemprotkan cairan insektisida kepada jenis semut satu ini, karena ini akan membuat keadaan semakin memburuk! Koloni semut ini akan berpencar dan membuat kegiatan membasmi semut di rumah menjadi lebih menyulitkan.

Mengapa kita membutuhkan jasa pest control untuk membantu menghilangkan semut di rumah?

4 cara mengatasi semut di rumah ini merupakan langkah-langkah awal yang dapat kami rekomendasikan untuk mencegah semut di rumah yang semakin menjengkelkan.

Namun, jika infestasi hama semut di rumah semakin tidak terkendalikan, kamu butuh bantuan jasa pest control untuk membantu menghilangkan semut di rumah dengan cara yang tepat, aman dan profesional.

Jasa pest control profesional untuk membasmi semut dapat mengidentifikasi secara tepat jenis semut yang berada di rumahmu, keberadaan sarang semut dan juga tempat bersembunyi semut di rumah yang seringkali tak terlihat oleh pemilik rumah.