tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

5 Cara Agar Tidak Digigit Kutu Busuk Saat Tidur

Bagaimana cara agar tidak digigit kutu busuk saat tidur di malam hari?

Tidak ada yang lebih penting selain memiliki kualitas tidur yang cukup setelah hari yang panjang dan melelahkan. Namun, ada satu serangga yang tampaknya tidak menyukai gagasan ini: ya, kutu busuk!

Kutu kasur atau kutu busuk adalah parasit penghisap darah yang aktif mencari makan di malam hari. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang digigit kutu kasur saat mereka sedang tertidur, dan kita umumnya baru akan menyadari bahwa telah digigit sampai menemukan satu atau lebih bekas gigitan kutu kasur yang sangat gatal di pagi hari.

gigitan kutu busuk

Gambar gigitan kutu busuk pada kulit manusia

Ciri-ciri gigitan kutu busuk yang paling utama adalah berbentuk benjolan kecil berwarna merah yang muncul dalam sebuah garis atau baris di bagian tubuh yang terbuka seperti leher, tangan, lengan dan kaki.

Tempat persembunyian kutu busuk umumnya berada di dekat dimana manusia biasa istirahat atau tidur. Ini sebabnya mengapa cara agar tidak digigit kutu busuk saat tidur di malam hari adalah dengan memastikan bahwa kondisi area tempat tidur selalu bersih setiap saat.

Baca selengkapnya beberapa cara yang direkomendasikan oleh Rentokil agar Anda tidak lagi digigit oleh kutu busuk saat tidur!

Cara supaya tidak digigit kutu busuk saat tidur

Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk dapat menghentikan kutu busuk merangkak ke tempat tidur dan menggigit Anda di malam hari.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi cara agar tidak digigit kutu kasur saat tidur:

  1. Mencuci sprei dan perlengkapan tidur dalam suhu tinggi
  2. Membersihkan kasur dan rangka tempat tidur dengan vakum
  3. Menghindari untuk menyimpan barang di bawah tempat tidur
  4. Mencuci dan mengeringkan pakaian setelah pulang dari perjalanan
  5. Menghubungi jasa pembasmi kutu kasur di dekat Anda

Klik salah satu rekomendasi di atas untuk dapat membaca informasi lebih detail.

1. Mencuci sprei dan perlengkapan tidur lainnya dalam suhu tinggi

cara mengatasi kutu busuk pada tempat tidur

Mencuci sprei dan perlengkapan tidur lainnya seperti sarung bantal, guling dan selimut dengan menggunakan air panas merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan agar terhindar dari gigitan kutu busuk saat tidur di malam hari.

Sangat dianjurkan apabila Anda mencuci sprei dan perlengkapan tidur lainnya seminggu sekali pada pengaturan suhu panas (40 - 50 derajat celcius) untuk menghilangkan semua nimfa dan kutu busuk dewasa.

2. Membersihkan kasur dan rangka tempat tidur dengan vakum

vacuum cleaner untuk kutu kasur

Menyedot kasur dan rangka tempat tidur secara rutin sangat disarankan, khususnya untuk mengurangi jumlah kutu kasur dewasa yang seringkali menggigit Anda di malam hari.

Berikut ini adalah bagian-bagian kasur dan rangka tempat tidur yang perlu Anda perhatikan secara khusus selama proses pembersihan:

  • Kasur – di dekat jahitan, lipatan, kancing, label, dan setiap sudut kasur atau spring bed
  • Rangka tempat tidur – pada celah-celah rangka tempat tidur dan bagian sandaran kepala (headboard)

Terlepas dari kemampuan vakum untuk membasmi kutu kasur dewasa yang terlihat di area tempat tidur, namun vakum tidak dapat sepenuhnya menghilangkan serangga penghisap darah satu ini, khususnya untuk tahapan telur kutu kasur.

Telur kutu kasur memiliki tekstur yang lengket dan seringkali menempel pada sebuah permukaan yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan vakum. Selain itu, kebiasaan kutu kasur dewasa untuk bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau seperti retakan kecil atau celah pada dinding tidak akan pernah mudah dihilangkan hanya dengan vakum biasa.

Bahkan kutu kasur masih bisa merangkak kabur dari selang vakum, dan telurnya masih bisa berkembang biak di dalam kantong vakum itu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengosongkan selang dan kantong vakum setelah menggunakannya.

3. Menghindari untuk menyimpan barang di bawah tempat tidur

tempat persembunyian kutu busuk

Sumber foto Unsplash

Penyimpanan di bawah tempat tidur mungkin terdengar seperti ide yang bagus, terutama dalam memaksimalkan ruang kamar tidur Anda yang terbatas. Namun siapa yang sangka, jika ruang penyimpanan barang di bawah tempat tidur justru menjadi penyebab kutu kasur menggigit Anda di malam hari.

Kutu kasur tidak tertarik pada kotoran atau debu, tetapi barang-barang yang menumpuk dibawah kasur tentu akan memberikan kutu kasur sarang tambahan di dekat dimana mereka menemukan makanan berupa darah dari mangsanya.

Pastikan untuk senantiasa membersihkan dan mengosongkan kolong kasur dari tumpukan barang-barang sebelum bahaya kutu kasur dan gigitannya mengancam Anda setiap malam!

4. Mencuci dan mengeringkan pakaian setelah pulang dari perjalanan

mencegah kutu busuk

Kabar baiknya adalah kutu busuk tidak dapat hidup di pakaian Anda. Namun seperti yang diketahui banyak orang, kutu busuk sering terbawa ke rumah melalui pakaian yang dikenakan selama perjalanan.

Bagi Anda yang sering bepergian, sangat disarankan untuk mencuci dan mengeringkan pakaian Anda dengan suhu panas tertinggi yang dapat ditoleransi pakaian saat tiba di rumah

Selain itu, jangan menumpuk pakaian kotor yang Anda bawa selama perjalanan di keranjang cucian atau membiarkannya di lantai selama berhari-hari. Karena hal ini hanyalah akan memperluas kesempatan untuk kutu busuk menyebar ke seluruh rumah, dan tanpa kecuali merangkak ke tempat tidur untuk menggigit Anda di malam hari.

5. Menghubungi jasa pembasmi kutu kasur di dekat Anda

jasa pembasmi kutu busuk

Jika langkah-langkah untuk mencegah kutu kasur di atas telah dilakukan dengan maksimal - tetapi Anda masih merasa sulit untuk menghentikan kutu kasur menggigit Anda, disinilah bantuan profesional dibutuhkan!

Menghilangkan kutu kasur sendiri di rumah tentu bukanlah pekerjaan yang mudah tanpa bantuan tenaga profesional yang memahami betul detail kebiasaan dan tampilan kutu kasur itu sendiri.

Jasa pembasmi kutu kasur akan melakukan pemeriksaan awal secara menyeluruh di rumah Anda, sebelum akhirnya memberikan rekomendasi treatment atau pengobatan kutu busuk yang paling efektif untuk menghilangkan hama yang mengganggu ini di semua tahap kehidupannya (telur, nimfa dan kutu busuk dewasa).

Selain itu, jasa pembasmi kutu kasur profesional dan terpercaya, juga akan memberikan rekomendasi berupa langkah preventif yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebab kutu kasur kembali muncul di kemudian hari.

Baca selengkapnya: Bagaimana cara jasa pembasmi kutu kasur bekerja?

Menghilangkan kutu kasur dengan Rentokil

Rentokil merupakan jasa pembasmi kutu kasur profesional yang menyediakan solusi jangka panjang untuk menghilangkan kutu kasur di rumah Anda.

Pengobatan kutu busuk kami mengintegrasikan penggunaan uap panas dan metode penyemprotan konvensional untuk menghilangkan masalah kutu busuk di setiap tahapan hidupnya - ini termasuk kutu busuk dewasa, telur, dan nimfa.

Layanan dari kami juga dilengkapi dengan garansi 1 bulan* dan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa kami telah secara efektif menghilangkan kutu kasur di rumah Anda.

Pada akhirnya, semua orang berhak menikmati tidur malam yang nyenyak tanpa harus khawatir dengan gigitan kutu busuk. Hubungi Rentokil untuk terbabas dari gigitan kutu busuk di rumah.

*Syarat dan ketentuan berlaku