tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Call us for a free quote on 0 8001 333 777  atau contact us online

5 Cara Menjaga Kantor Tetap Bersih dan Jauh dari Gangguan Hama

2-MINUTES READ

  

Beberapa keluhan kantor yang umum biasanya diutarakan oleh para pegawai adalah seputar seputar toilet yang bau, lingkungan yang berdebu atau fasilitas kotor dan perawatan fasilitas yang buruk. Namun, selain keluhan-keluhan yang disebutkan diatas ada beberapa keluhan lain yang biasanya mengenai keberadaan hama yang mengganggu karyawan di tempat dan jam kerja.

Menghabiskan kurang lebih 8 jam dalam sehari di kantor, tanpa disadari membawa Anda untuk melakukan beberapa tindakan dan aktivitas yang berpotensi untuk menempatkan kita pada risiko serangan hama! Berikut adalah 5 kesalahan umum yang biasa kita lakukan saat bekerja di kantor:

Kesalahan pertama

Kita cenderung mengonsumsi makan di meja kerja pada saat makan siang atau makanan ringan sesekali pada saat jam istirahat.

Meskipun tidak sehat untuk dikonsumsi selama aktivitas kerja, kegiatan mengunyah ini bisa berarti berpotensi untuk menumpahkan remah-remah makanan atau potongan di sekitar meja, kursi dan lantai, dan hal inilah yang menarik kecoak dan semut untuk datang ke tempat kerja Anda.

Kesalahan kedua

Meninggalkan minuman yang tidak disegel atau ditutup terbengkalai di atas meja adalah kebiasaan umum di antara karyawan, dalam beberapa kasus.

Sisa atau bekas minuman yang tidak dibersihkan dan dibuang setelah jam kerja, dapat memberikan kelembaban dan menarik hama umum untuk datang menghampiri. Terkhusus untuk minuman yang beraroma manis yang mengandung unsur madu dan gula, akan sangat menarik bagi salah satu jenis semut seperti semut gula.

Kesalahan ketiga

Pengelolaan limbah yang tidak tepat adalah penyebab lain yang mengundang hama untuk datang ke tempat Anda.

Misalnya, membuang makanan atau minuman yang belum selesai ke tempat sampah yang terletak di dekat meja, atau tidak mengosongkan tempat sampah secara teratur dan rajin, akan dengan mudah menarik hama yang mencari makanan di tumpukan sampah untuk dapat bertahan hidup.

Selalu ingat untuk membuang sampah di area yang rawan akan serangan hama, seperti area pantry dan meja kerja.

Kesalahan keempat

Pemeriksaan terhadap pemeliharaan fasilitas yang tidak teratur dapat membawa beberapa faktor risiko, terutama untuk bangunan yang sudah tua atau dengan struktur yang lemah dan rentan akan kerusakan, seperti timbulnya celah, retakan, lubang dan kebocoran pipa.

Beberapa kerusakan ini memberikan akses masuk kepada hama-hama seperti semut, kecoa dan tikus ke area kantor Anda. Hewan pengerat seperti tikus khususnya, cenderung menggerogoti kabel yang ditemukan di ruang server IT (karena gigi mereka tidak pernah berhenti tumbuh) untuk mengasah gigi mereka, dan dalam banyak kasus kesehatan dan keselamatan menjadi taruhannya!

Karena kebiasaan tikus untuk menggerogoti kabel menyebabkan risiko hubung singkat pada listrik atau bahkan kasus yang lebih buruk seperti kebakaran.

Kesalahan kelima

Pantry merupakan ruang pertemuan yang paling populer untuk beristirahat dan melakukan persiapan makanan bagi karyawan kantor; pantry juga merupakan ruang umum dimana kita membuang sisa makanan dan terdapat sumber air dari keran.

Jika tidak dijaga baik-baik kebersihannya, area ini berisiko tinggi untuk menarik hama yang membutuhkan sumber makanan, sampah dan kelembaban untuk berkembang biak. Tanpa menerapkan kebiasaan yang rajin dan diterapkan secara berkala, ruangan ini akan berubah menjadi titik panas yang berisiko tinggi untuk hama berkembang biak di dalam area perkantoran umum ini.

Secara umum, setiap kantor setidaknya telah berusaha dalam mengendalikan keberadaan hama di area kantor dengan solusi cepat dan metode DIY. Namun biasanya, solusi ini tidak selalu berhasil dan efektif dalam mengendalikan masalah hama yang ada.

Dalam beberapa kasus, masalah hama yang sama kembali berulang dan semakin memburuk tanpa ada penanganan yang efektif. Pemeriksaan lokasi yang tepat sangat penting untuk mengidentifikasi sumber akar masalah, terutama pada titik-titik dimana menjadi tempat berkembang biak hama yang sulit untuk dijangkau dan dibersihkan.

Hubungi Rentokil Indonesia untuk membantu Anda menangani masalah hama yang umum terdapat di perkantoran. Hubungi kami di 0 8001 333 777 atau email kami di ihs-custcare-ide@rentokil-initial.com untuk solusi pengendalian hama yang efektif.