tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

5 Tanaman Pengusir Nyamuk

8-MINUTES READ

  

Semua orang pasti setuju bahwa ada banyak manfaat dari berkebun. Selain membuat taman Anda terlihat memukau, menanam beberapa tanaman tertentu diyakini memiliki manfaat lain - karena beberapa tanaman diketahui memiliki kemampuan sebagai pengusir nyamuk alami di rumah.

Meskipun banyak orang percaya bahwa tanaman tertentu bisa menjadi solusi yang efektif dan murah sebagai pengusir nyamuk alami di rumah, namun tidak ada bukti ilmiah dan informasi terperinci tentang kebenaran hal ini.

Di artikel ini, Rentokil mencoba menguraikan secara singkat beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang banyak orang Indonesia percaya ampuh sebagai pengusir nyamuk alami di rumah.

Benarkah demikian? Baca dan lihat gambar tanaman pengusir nyamuk selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana cara mengusir nyamuk dengan tanaman?

Nyamuk tertarik pada aroma tertentu seperti asam laktat yang terkandung dalam keringat tubuh manusia. Mereka juga memanfaatkan indera penciumannya yang sangat baik untuk ‘mengendus’ keberadaan manusia dari kejauhan lewat aroma panas tubuh manusia dan karbon dioksida yang kita hembuskan.

Sama seperti halnya nyamuk tertarik pada aroma tertentu, rupanya juga terdapat beberapa aroma yang sangat dihindari dan dibenci oleh nyamuk! Berita baiknya adalah aroma ini berasal dari beberapa hal alami seperti daun, bunga, atau tanaman yang umumnya kita sukai dan ingin miliki di taman sebagai hiasan.

Beberapa tanaman ini diketahui memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak menyenangkan untuk indera penciuman nyamuk yang sensitif, dan yang lebih penting, mampu menyamarkan bau manusia karena aroma tanaman yang sangat kuat ini.

Apa saja tanaman yang dapat mengusir nyamuk?

Dari puluhan atau bahkan ratusan jenis tanaman pengusir nyamuk yang digunakan oleh banyak orang di dunia, berikut ini adalah 5 contoh tanaman pengusir nyamuk yang paling populer untuk menghilangkan nyamuk di Indonesia:

  1. Serai wangi
  2. Lavender
  3. Marigold
  4. Catnip
  5. Rosemary

Tetapi sebelum kita mulai membahas beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk paling ampuh di atas, kami harus memperingatkan Anda bahwa meskipun beberapa jenis tanaman dapat mengusir nyamuk sampai batas tertentu, namun tanaman-tanaman ini tidak akan menjamin perlindungan maksimal dari gigitan nyamuk untuk jangka panjang.

1. Serai wangi

contoh tanaman pengusir nyamuk

Serai wangi pengusir nyamuk

Serai wangi atau citronella dalam bahasa Inggris adalah salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk paling populer di antara tanaman yang lain. Tanaman ini juga seringkali ditemukan menjadi bahan atau komponen utama dalam berbagai produk anti nyamuk yang banyak di jual di pasaran.

Hal ini disebabkan karena serai wangi (Cymbopogon nardus) memiliki aroma yang sangat kuat dan mampu untuk menutupi beberapa hal yang yang menjadi atraktan bagi nyamuk untuk datang dan menggigit manusia, seperti karbon dioksida.

2. Lavender

tanaman pengusir nyamuk alami

Lavender untuk mengusir nyamuk

Lavender merupakan jenis tanaman hias pengusir nyamuk dan serangga lainnya yang tidak diinginkan di rumah seperti lalat dan ngengat. Selama berabad-abad, banyak orang telah menanam tanaman lavender untuk memanfaatkan kandungan zat di dalamnya, mulai dari keperluan medis sampai bahan utama aromaterapi.

Bagi manusia, lavender memiliki aroma atau wangi yang menenangkan dan membuat rileks bagi siapapun yang menciumnya. Sebaliknya, bagi nyamuk aroma dari tanaman lavender yang khas ini sangat dibenci oleh mereka - karena diyakini menghambat kemampuan mereka untuk mencium bau atau aroma tubuh manusia.

3. Marigold

jenis tanaman bunga pengusir nyamuk

Tanaman marigold pengusir nyamuk

Selain memiliki warna yang cantik dan cerah, marigold merupakan jenis tanaman bunga pengusir nyamuk yang mudah tumbuh di berbagai jenis dan kondisi tanah. Ini sebabnya banyak orang Indonesia yang tertarik untuk memiliki tanaman bunga pengusir nyamuk yang satu ini!

Banyak orang berpendapat bahwa marigold mengandung senyawa alami yang dapat berguna untuk melindungi rumah atau taman dari gangguan nyamuk, serta dari kutu daun yang umumnya menyerang hampir semua jenis tanaman di taman.

4. Catnip

tanaman pengusir nyamuk paling ampuh

Catnip pengusir nyamuk

Tanaman catnip adalah bagian dari keluarga tumbuhan jenis mint yang memiliki kandungan zat kimia yang disebut dengan nepetalactone. Zat ini diyakini 10 kali lebih efektif jika dibandingkan dengan DEET atau bahan aktif yang banyak digunakan di sebagian besar produk anti nyamuk yang ada di pasaran.

5. Rosemary

tanaman pengusir nyamuk

Rosemary tanaman pengusir nyamuk

Banyak orang mungkin lebih familiar dengan rosemary sebagai bumbu herbal tambahan dalam banyak hidangan lezat seperti ayam panggang dan salad. Tetapi siapa yang mengira jika rosemary ternyata merupakan salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk yang cocok untuk di rumah?

Sama seperti pohon pinus, rosemary memancarkan aroma kayu yang kuat dan merupakan salah satu bau yang dibenci oleh nyamuk! Anda hanya perlu membakar beberapa rosemary untuk menciptakan pengusir nyamuk alami berupa hasil bakaran atau asap yang dikeluarkan dari tumbuhan satu ini.

Apakah tanaman pengusir nyamuk terbukti efektif?

Mengusir nyamuk dengan tanaman tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Cara alami ini mungkin terlihat mudah dan murah, menggunakan tanaman dengan tanaman masih dipertanyakan keefektifannya.

Pertama, ada beberapa jenis tanaman yang memang memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk sampai batas tertentu, tapi mereka bukan solusi untuk masalah nyamuk yang ada. Anda harus mengubah rumah atau taman menjadi sebuah ‘hutan’ penuh dengan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang sudah di sebutkan di atas untuk benar-benar dapat melindungi diri Anda dan keluarga sepenuhnya dari gigitan nyamuk.

Kedua, banyak peneliti berargumen bahwa hanya dengan menanam beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk di rumah bukan berarti Anda akan terbebas dari nyamuk. Tanaman ini akan jauh lebih efektif ketika Anda mengekstraknya dan memanfaatkan minyak alami hasil ekstrak untuk langsung di balurkan pada kulit tubuh untuk mengaktifkan aroma atau bau yang tidak disukai oleh nyamuk.

Terakhir, sebagian besar penelitian terbaru yang yang menganalisa kegunaan tanaman pengusir nyamuk menunjukkan hasil bahwa tanaman terbukti tidak terlalu efektif sebagai cara untuk mengusir nyamuk.

Bagaimana cara paling efektif untuk mengusir nyamuk?

Meskipun semua tanaman indah yang disebutkan diatas ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda di rumah, namun kami dapat memastikan bahwa mereka tidak dapat mengusir nyamuk di rumah untuk jangka panjang!

Apabila kita berbicara tentang pencegahan nyamuk di rumah, sebenarnya ada cara yang jauh lebih efisien untuk mencegah nyamuk yang sangat kami rekomendasikan, seperti misalnya:

  • Menghilangkan genangan air yang dari properti
  • Merapikan halaman atau taman secara teratur
  • Menjaga agar selokan tetap bersih dan bebas dari sampah

Baca selengkapnya: 7 cara agar rumah tidak banyak nyamuk

Pada akhirnya, cara paling efektif untuk menghilangkan nyamuk adalah dengan meminta bantuan jasa pengendalian nyamuk profesional.

Rentokil menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk mengendalikan nyamuk secara efektif. Jika Anda khawatir tentang nyamuk di properti Anda, hubungi Rentokil hari ini juga.