tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

7 Cara Terbaik Mencegah Hama Datang Ke Rumah

4-MINUTES READ

 

Bagaimana cara menjaga rumah agar terbebas dari hama? Apa cara terbaik untuk mencegah serangan hama? Mungkin menjadi pertanyaan paling umum yang setiap pemilik rumah butuh jawabannya.

Faktanya, cara terbaik untuk mengendalikan hama adalah dengan mencegahnya untuk dapat datang kerumah. Di bawah ini adalah beberapa tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah hama datang ke rumahmu. Mari kita sama-sama cari tahu!

Membersihkan rumah secara teratur

Sebagian besar hama datang ke rumah karena tertarik dan nyaman untuk tinggal di lingkungan yang kotor dan tidak higienis. Oleh karena itu, membersihkan rumah secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah serangan hama di rumah.

Setiap sisa makanan yang jatuh dan tumpahan minuman manis di lantai tidak diragukan lagi menarik hama seperti kecoa atau semut untuk berdatangan.

Oleh karena itu, kegiatan bersih-bersih seperti menyapu, mengepel, dan membersihkan debu tentunya menjadi hal termudah yang dapat dilakukan untuk menjaga rumah bersih dan bebas hama.

Cara terbaik mencegah hama: semut dan kecoa

Memperbaiki semua pipa yang bocor

Tahukan kamu, apabila masalah pipa bocor dan hama memiliki kesamaan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya? Pipa yang bocor di rumah merupakan penyebab utama banyak serangan hama. Pipa bocor menawarkan sumber air yang diperlukan untuk hama-hama seperti tikus, semut dan kecoa.

Di sisi lain, hama rayap dan pipa bocor berhubungan erat karena kesukaan rayap untuk lingkungan hidup ditempat yang lembab. Pastikan untuk memperbaiki semua pipa yang bocor di rumah dan aktif memantau erosi atau kebocoran apa pun.

Cara terbaik mencegah hama: semut, kecoa, tikus dan rayap

Menutup semua celah, retakan dan lubang

Setiap celah, retakan dan lubang memberikan titik untuk hama masuk. Bahkan retakan terkecil sekalipun dapat menciptakan akses masuk untuk jenis hama yang memiliki badan yang fleksibel seperti tikus. Semut, kecoa, kutu busuk dan tikus hanya perlu celah atau lubang sekecil 1 cm untuk masuk ke rumah Anda!

Oleh karena itu selalu ingat untuk menutup semua retakan dan lubang dengan menggunakan dempul untuk menyegel setiap sambungan atau plester, serta menambal lubang di dinding dan beton.

Cara terbaik mencegah hama: semut, kecoa dan kutu busuk

Membuang sampah dengan benar

Mengelola limbah sampah dengan benar adalah bagian terpenting untuk menjauhkan hama dari rumah. Sampah dapat menarik beberapa hama seperti kecoa, tikus dan lalat untuk datang.

Berinvestasi untuk membeli tempat sampah yang tahan lama dan dilengkapi dengan penutup, tidak hanya mencegah bau sampah secara efektif namun juga salah satu cara mencegah hama masuk menyelinap ke dalam tempat sampah untuk mencari sumber makanan.

Kamu juga harus secara teratur membuang sampah dan menghindari untuk meninggalkannya semalaman di dalam rumah. Dengan membersihkannya secara teratur, tempat sampah akan menjadi tempat yang kurang menarik bagi hama untuk berkumpul.

Cara terbaik mencegah hama: kecoa, lalat dan tikus

Menyimpan makanan dengan aman dan tepat

Tempat dimana terdapat bahan baku makanan yang disimpan dan diolah harus benar-benar terbebas dari hama! Dapur dan pantry adalah dua tempat di mana hama seperti semut dan kecoa sering berlindung untuk menemukan sumber makanan mereka.

Pastikan Anda tidak meninggalkan makanan apa pun dan menyimpannya di kotak makanan yang aman dan tertutup rapat, sehingga menghentikan gerakan binatang kecoa dan semut untuk datang mendekati makananmu.

Cara terbaik mencegah hama: semut dan kecoa

Memasang jaring atau kasa nyamuk

Sebagai salah satu alat pengendali hama yang paling sederhana namun paling efektif, jaring atau kasa nyamuk mampu membantu untuk mencegah nyamuk menembus masuk melalui jendela.

Mungkin tidak diperlukan biaya investasi yang besar untuk memasang kasa nyamuk, namun pengendalian nyamuk masih dibutuhkan untuk membasmi populasi nyamuk yang berada di dalam ruangan.

Cara terbaik mencegah hama: nyamuk

Mencuci seprai tempat tidur secara rutin

Mencuci seprai dan sarung bantal secara teratur tidak hanya masalah penampilan, tetapi juga dapat membantu membunuh binatang kutu busuk atau tungau yang mungkin tertinggal di seprai.

Mencuci dan mengeringkan seprai pada suhu terpanas (117 - 120 fahrenheit) akan membantu untuk menghentikan kemunculan infestasi kutu busuk yang berulang.

Cara terbaik mencegah hama: kutu busuk

Kesimpulan

Ketujuh cara ini mungkin terlihat mudah dan sepele, namun terkadang sulit bagi kalian untuk melakukan hal mudah dengan cara yang benar.

Tapi perlu kalian ingat bahwa cara yang mudah ini membutuhkan kedisiplinan dan komitmen untuk dapat memberikan hasil secara maksimal. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati!